Sukses


3 Pemain Tua yang Masih Menyala pada Piala Eropa 2024

Bola.com, Jakarta - Portugal terus memberikan sinyal kuat kalau mereka merupakan salah satu kandidat terkuat juara Euro 2024.

Saat ini, Portugal sudah mengemas sembilan poin hasil dari tiga kemenangan fantastis. Pada laga terakhir, pasukan Roberto Martínez kembali meraup kemenangan besar usai mengalahkan Turki.

Mentas di BVB Stadion Dortmund, Sabtu (22/6), Selecao das Quinas menang telak tiga gol tanpa balas. Banjir gol Portugal masing-masing dilesakkan oleh Bernardo Silva pada menit ke-21, gol bunuh diri pemain Turki Samet Akaydin pada menit ke-28, serta Bruno Fernandes pada menit ke-55.

Kemenangan ini membuat Portugal tampil sebagai pemuncak Grup F sekaligus memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2024.

Semua bergembira, termasuk sang kapten Cristiano Ronaldo. "Kami Portugal, dan kami bangga dengan tim ini," kata Ronaldo lewat akun media sosialnya, X.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Tua-Tua Keladi

Adapun Ronaldo masih tetap menjadi andalan pelatih Roberto Martínez. Mesk tak lagi muda, mantan penyerang Real Madrid dan Juventus yang kini bermain untuk Al-Nassr itu belum tergantikan dan masih menjadi starter bahkan kapten tim.

Kehadiran pemain berusia 39 tahun itu tentunya menjadi penyemangat tersendiri bagi pemain-pemain muda Portugal dalam memburu gelar seperti yang pernah mereka menangkankan pada Euro 2016.

Selain Ronaldo, berikut tiga veteran yang masih menyala di Euro 2024:

 

3 dari 5 halaman

Pepe (Portugal)

Masih dari Portugal, Pepe, seperti Cristiano Ronaldo, juga belum tergantikan. Usianya yang sudah memasuki 41 tahun tak membuat eks pilar Real Madrid itu kehilangan tempatnya di starting XI Timnas Portugal.

Pepe masih berdiri tegak dan tampil sangar seperti laga-laga sebelumnya, baik saat membela klub terlebih kala memperkuat Selecao das Quinas.

Kelahiran 26 Februari 1983 menjadi leader bagi tiga benteng Portugal lainnya yakni Nuno Mendes, Ruben Dias, dan Joao Cancelo.

Pepe sudah memperkuat Timnas Portugal sejak 2007 dan bagian dari sejarah di balik kesuksesan Portugal menggondol gelar Euro 2016 dan UEFA Nations League 2018/2019.

Di usianya yang terus menjulang, Pepe kembali siap bertarung habis-habisan di babak 16 besar.

 

4 dari 5 halaman

Toni Kroos (Jerman)

Usia 34 tahun bukanlah usia yang muda lagi untuk seorang pesepakbola profesional, terlebih masih dipercaya sebagai pemain utama.

Di usia ini, tak sedikit pemain yang memilih pensiun karena kalah bersaing dengan talenta-talenta muda. Atau, kalau pun masih berada di tim, biasanya lebih sering duduk di bangku cadangan atau sebagai pemain pelapis.

Pengecualian sepertinya harus diberikan kepada Toni Kroos. Di pentas Euro 2024, veteran Real Madrid itu masih jadi tulang punggung Die Mannschaft dalam dua laga Grup A yang semuanya berakhir dengan kemenangan.

Pelatih Julian Nagelsmann sadar betul, Jerman butuh sosok playmaker sarat pengalaman serta jam terbang dan Toni Kroos adalah orang yang tepat untuk mengemban tugas suci itu.

Tua-tua keladi, begitulah Toni Kroos. Musim lalu, ia tampil cemerlang dengan mempersembahkan dua gelar bagi Real Madrid, La Liga dan Liga Champions 2023/2024.

Rakyat Jerman juga berharap, di haria tuanya ini, Toni Kroos bisa menutup karier cemerlangnya dengan mempersembahkan gelar kampiun Euro 2024.

 

5 dari 5 halaman

Antoine Griezmann (Prancis)

Berada di bawah bayang-bayang Kylian Mbappé dan William Saliba tak membuat pamor Antoine Griezmann redup.

Gelandang petarung kepunyaan Atletico Madrid ini masih saja mendapat kepercayaan dari bos Prancis, Didier Deschamps, guna mengatur serangan Les Bleus di pentas Euro 2024.

Di Prancis, Antoine Griezmann identik dengan kerja keras dan kesuksesan. Ia aktor penting di balik kesuksesan Prancis memenangkan Piala Dunia 2028 dan empat tahun berselang di Qatar membawa negaranya sebagai runner up Piala Dunia 2018.

Tak hanya itu, pemain 33 tahun ini juga ikut membawa Les Bleus ke singgasana juara UEFA Nations League 2020/2021 serta runner up Euro 2016.

Bagaimana dengan Euro 2024? Apakah nasib baik masih berpihak kepada Prancis melalui Antoine Griezmann? Menarik untuk dinanti.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer