Sukses


    Berstatus Top Scorer Piala AFF 2020, Safawi Rasid Menolak Dijuluki Bintang Timnas Malaysia

    Bola.com, Bishan - Winger Timnas Malaysia, Safawi Rasid, mencuri perhatian di Piala AFF 2020. Dia mencetak hattrick alias trigol saat timnya menang 4-0 atas Laos pada laga Grup B di Stadion Bishan, Singapura, Kamis (9/12/2021).

    Total, pemain berusia 24 tahun itu telah mendulang empat gol dalam dua penampilan bersama Timnas Malaysia. Sebelum memborong tiga gol, Safawi ikut menyumbang satu gol lewat penalti ketika timnya menang 3-1 atas Kamboja, Senin (6/12/2021).

    Torehan itu membuatnya menjadi top scorer sementara Piala AFF 2020 dan menunjukkan peran pentingnya di Timnas Malaysia.

    Banyak pujian dilontarkan kepada pemain kini berseragam klub Portugal, Portimonense, tersebut. Namun, Safawi Rasid enggan disebut sebagai bintang Harimau Malaya.

    "Saya tidak pernah menganggap diri saya sebagai bintang. Dukungan dari pelatih dan teman-teman saya telah memungkinkan saya untuk kembali. Alhamdulillah, Tuhan mengizinkan saya untuk kembali ke bentuk semula," ucapnya dikutip dari Bernama.com.

    "Tapi saya juga tahu saya harus terus meningkatkan level permainan saya untuk membantu Timnas Malaysia, dan kami akan berusaha memberikan yang terbaik di pertandingan berikutnya," imbuh pemain milik Johor Darul Ta’zim itu.

     

    2 dari 3 halaman

    Winger Mumpuni

    Sebagai winger, Safawi termasuk pemain yang mumpuni untuk menjadi mesin gol Timnas Malaysia. Empat golnya lahir dari beberapa proses yang berbeda.

    Mulai dari penalti, menerima umpan silang dari situasi sepak pojok, hingga menerima umpan lambung dari lini tengah. Semuanya dieksekusi dengan kaki kiri. Satu gol lagi lahir berkat akurasi sundulannya.

    Pemain asal Terengganu itu berpotensi besar untuk keluar sebagai peraih gelar individu pencetak gol terbanyak Piala AFF 2020. Masih ada dua laga Grup B yang tersisa dan Malaysia pun berpeluang besar lolos ke fase gugur.

     

    3 dari 3 halaman

    Pantang Lengah

    Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, mengapresiasi kinerja yang telah ditunjukkan oleh anak asuhnya itu. Namun, pelatih berusia 53 tahun itu mengingatkan kepada Safawi untuk tidak lengah dengan catatan gemilangnya.

    "Selamat kepada Safawi yang telah bekerja keras bersama timnas selama ini. Dan ini terbukti melalui hattrick-nya. Dia memiliki spesialisasinya sendiri tetapi dia harus terus bekerja keras karena masih banyak yang harus diperbaiki," ucap Cheng Hoe.

    Safawi Rasid termasuk pemain yang secara reguler membela Timnas Malaysia. Dia menjalani debutnya di usia 19 tahun pada 2016. Total, Safawi sudah membukukan 15 gol dalam 33 penampilan di level internasional.

    Video Populer

    Foto Populer