Sukses


    Piala AFF 2020: Mengenal Rizky Ridho, Bek Muda Persebaya yang Kinclong di Timnas Indonesia

    Bola.com, Surabaya - Nama Rizky Ridho Ramadhani kini termasuk yang diandalkan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Bek milik Persebaya Surabaya ini mampu menembus skuat timnas senior meski masih berusia 20 tahun.

    Karier pemain satu ini memang terbilang mulus. Sejak awal, dia sudah mencuri perhatian saat masih menimba pengalaman di kompetisi internal Persebaya Surabaya. Namanya pun mulai dikenal di tahun 2019.

    Saat itu, Rizky Ridho menembus Timnas Indonesia U-19 dan menjadi kapten di Piala AFF U-19 2019 di bawah arahan pelatih Fakhri Husaini. Dia mampu tampil solid mengawal lini belakang Timnas Indonesia U-19.

    Di fase grup, skuat Garuda menunjukkan performa impresif dengan mencetak 20 gol dan hanya kebobolan empat gol. Tapi, seperti biasa, penampilan mereka antiklimaks dengan hanya meraih peringkat ketiga di turnamen itu.

    Di musim yang sama, Rizky Ridho masuk skuat Persebaya U-20 yang berkiprah di Elite Pro Academy U-20 2019. Hasilnya, dia termasuk pemain kunci yang meraih trofi ajang tersebut di bawah asuhan pelatih Uston Nawawi.

    Berkat penampilannya, pemain asli Surabaya itu dipromosikan ke tim senior di musim 2020. Dia lantas menjalan laga debutnya, meski tidak resmi, dalam duel antara Persebaya melawan Persis Solo bertajuk uji coba di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, 11 Januari 2020.

    Nama satu ini digadang-gadang akan bersinar bersama Persebaya. Sayang, itu tidak berlangsung dalam waktu singkat karena Liga 1 2020 ditiadakan akibat pandemi COVID-19.

    Rizky Ridho kemudian masih disertakan dalam petualangan Persebaya di Piala Menpora 2021. Lagi-lagi, dia menunjukkan performa impresif, bek muda yang tangguh dan berani menghadapi serangan lawan.

    Pemain jebolan El Faza ini, klub internal Persebaya, dibekali ketenangan dalam menghalau serangan lawan. Posturnya juga cukup untuk duel udara. Lalu, masih ada kemampuan melakukan tekel bersih, intersep, hingga sapuan.

    Stoper kelahiran 21 November 2001 ini kemudian masuk skuat Bajul Ijo yang berkiprah di BRI Liga 1 2021/2022. Sebagai pemain belia, dia mampu membukukan enam penampilan dari 17 pekan Liga 1.

    Dia menjadi pemain pelapis yang apik. Di usianya yang muda, memang tidak mudah menembus skuat senior. Apalagi, duo jantung pertahanan Persebaya Surabaya dihuni oleh pemain berpengalaman, yakni Alie Sesay dan Arif Satria.

     

    2 dari 3 halaman

    Memikat Shin Tae-yong

    Di kesempatan yang dimilikinya, Rizky Ridho selalu tampil solid. Alhasil, namanya pun mendapat panggilan pelatih Shin Tae-yong untuk Piala AFF 2020. Dia jadi pemain termuda kelima setelah Elkan Baggott, Ramai Rumakiek, Ernando Ari Sutaryadi, dan Pratama Arhan.

    Di Piala AFF 2020, Rizky Ridho telah membukukan dua penampilan. Pertama saat Timnas Indonesia pesta 5-1 kontra gawang Laos (12/12/2021). Meski sempat kebobolan, dia masih tampil apik di laga itu.

    Berikutnya, namanya masuk starting eleven melawan Vietnam (15/12/2021). Di laga itu, Timnas Indonesia memainkan lima bek dan Rizky jadi satu dari tiga bek tengah bersama Fachruddin Aryanto dan Alfeandra Dewangga.

    Dia mampu menunjukkan ketangguhan dalam menahan gempuran para pemain Vietnam yang tampil menguasai permainan sepanjang pertandingan. Duel itu sendiri berakhir dengan kedudukan 0-0 dan Rizky punya peran penting membawa Timnas Indonesia membukukan clean sheet.

    3 dari 3 halaman

    Klasemen Piala AFF 2020

     
     
     
    View this post on Instagram

    A post shared by Bola.net (@bolanet)

    Video Populer

    Foto Populer