Sukses


    Timnas Indonesia Vs Thailand: Sejarah Tercipta, untuk Kali Pertama Juara Piala AFF Dilarang Kibarkan Bendera

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan berjumpa 'tim terkuat' Asia Tenggara, Thailand, pada final Piala AFF 2020, Rabu (29/12/2021) dan Sabtu (1/1/2022).

    Sejarah akan tercipta, di mana untuk kali pertama, dua negara yang disanksi oleh Badan Anti-Doping Dunia (WADA) bakal dipertemukan pada partai puncak. Dengan begitu, untuk kali pertama jugapraktis pemenang Piala AFF 2020 tidak akan bisa melihat bendera negaranya  berkibar saat closing ceremony.

    Seperti diketahui, WADA memberikan sanksi kepada Timnas Indonesia dan Thailand dalam berbagai event olahraga, termasuk Piala AFF 2020. Ini dilakukan karena kedua negara menyalahi aturan terkait doping.

    Adapun pada Piala AFF 2020, sanksi yang diberikan WADA kepada Indonesia tidak sama dengan Rusia, sehingga WADA tidak melarang penggunaan atribut Merah Putih pada jersey Timnas Indonesia.

    "NOC Indonesia bertanya langsung karena banyak yang mengira sanksi Indonesia sama seperti sanksi Rusia. WADA menegaskan sanksinya berbeda. Tidak ada larangan bagi Indonesia untuk menggunakan atribut bendera Merah Putih di seragam atau jersey pemain. Jadi saya kira ini sudah jelas," kata Ketua Gugus Tugas, ex-officio Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari, Jumat (10/12/2021).

    Penggunaan bendera Timnas Indonesia dan Thailand juga tidak diperkenankan pada beberapa area selama Piala AFF 2020. Alih-alih, logo federasi atau lambang negaralah yang disematkan.

    2 dari 3 halaman

    Pertama dalam Sejarah Piala AFF 2020

    Tidak adanya bendera saat momen perayaan gelar juara bakal jadi kali pertama dalam sejarah Piala AFF. Sebab, seperti sudah diutarakan, kedua negara masih dalam sanksi WADA.

    Timnas Indonesia lolos usai menekuk Singapura dengan skor agregat 5-3, sementara Thailand melaju ke final setelah mengalahkan Vietnam dengan skor agregat 2-0.

    Timnas Indonesia masih menjadi tim paling produktif dengan lesakan 18 gol sejauh ini. Namun menghadapi Thailand pada laga pemungkas Piala AFF 2020, Merah Putih diprediksi kesulitan meraih juara untuk kali pertama.

    3 dari 3 halaman

    Hasil Pertandingan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

    • Indonesia Vs Kamboja (4-2)
    • Laos Vs Indonesia (1-5)
    • Indonesia Vs Vietnam (0-0)
    • Malaysia Vs Indonesia (1-4)
    • Singapura Vs Indonesia (1-1)
    • Indonesia Vs Singapura (4-2)

    Video Populer

    Foto Populer