Sukses


    8 Bintang Timnas Jepang yang Mentas di Bundesliga saat Pecundangi Jerman di Piala Dunia 2022: Mata-mata Samurai!

    Bola.com, Jakarta - Timnas Jepang mempermalukan Jerman pada matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022, Rabu (23/11/2022) malam WIB. Hasil apik ini tidak lepas dari kontribusi delapan pemain Jepang yang bermain di Liga Jerman (Bundesliga).

    Bermain di Stadion Khalifa International, Jepang tampil penuh semangat. Meskipun sempat tertinggal gol penalti Ilkay Gundogan pada menit ke-33, pasukan Hajime Moriyasu tidak patah semangat dan mampu bangkit.

    Pada babak kedua, Jepang membalas lewat gol Ritsu Doan pada menit ke-75. Lalu, pada menit ke-83, giliran Takuma Asano yang membobol gawang Manuel Neuer. Jepang menang dengan skor 2-1 atas juara Piala Dunia 2014.

    Menariknya, gol kemenangan Jepang dicetak oleh dua pemain yang kini bermain di Bundesliga. Namun, pemain Jepang yang kini bermain di Bundesliga bukan hanya mereka. Ada enam pemain lainnya yang juga berkiprah di Jerman.

    Siapa saja anggota skuad Jepang di Piala Dunia 2022 yang berkiprah di Bundesliga?

    2 dari 10 halaman

    Maya Yoshida

    • Posisi: Bek tengah
    • Usia: 34 tahun
    • Klub: Schalke

    Pengalaman membuat Yoshida mampu mimimpin Jepang pada laga berat melawan Jerman. Yoshida kenyang pengalaman bermain di Premier League bersama Southampton dan Serie A bersama Sampdoria. Pada musim 2022/2023, Yoshida pindah ke Schalke.

    Kapten Yoshida bermain penuh ketika Jepang mengalahkan Jerman. Yoshida bermain sangat tenang. Yoshida menjadi pemain Jepang paling banyak melakukan sapuan bola (9 kali) dan umpan sukses (30 kali).

    3 dari 10 halaman

    Hiroki Ito

    • Posisi: Bek tengah
    • Usia: 23 tahun
    • Klub: Stuttgart

    Ito tidak bermain ketika Jepang menang atas Jerman. Ito kalah bersaing dengan duet Ko Itakura dan Maya Yoshida. Nanum, bukan berarti Ito adalah pemain yang bisa dilihat sebelah mata.

    Ito memulai petualangan di Bundesliga pada musim 2021/2022 lalu. Dia pindah ke Stuttgart dengan nilai transfer 400 ribu euro. Stuttgart langsung jadi pemain utama, bahkan hingga musim 2022/2023 ini.

    4 dari 10 halaman

    Ko Itakura

    • Posisi: Bek Tengah
    • Usia: 25 tahun
    • Klub: Borussia Monchengladbach

    Sebelum dibeli Gladbach dengan harga 5 juta euro pada awal musim 2022/2023, Itakura adalah pemain Manchester City. Namun, dia dipinjamkan ke Groningen dan Schalke sejak dibeli City pada Januari 2019.

    Itakura bermain solid ketika Jepang menang lawan Jerman. Dia membuat Kai Havetz tidak banyak mendapat bola. Jangan lupa, Itakura adalah pemberi assist untuk gol kemenangan Jepang yang dicetak Asano.

    5 dari 10 halaman

    Wataru Endo

    • Posisi: Gelandang
    • Usia: 29 tahun
    • Klub: Stuttgart

    Musim lalu, gol Endo pada menit 90+2 membuat Stuttgart selamat dari degradasi. Endo mencetak gol dari umpan Hiroki Ito dan membuat Stuttgart menang 2-1 atas Koln pada pekan ke-34 alias laga terakhir Bundesliga.

    Endo bermain penuh saat Jepang menang atas Jerman. Endo memainkan peran yang sangat krusial dalam distribusi bola di lini tengah. Endo juga menjadi pemain paling banyak melakukan tekel, 4 kali.

    6 dari 10 halaman

    Ao Tanaka

    • Posisi: Gelandang
    • Usia: 24 tahun
    • Klub: Fortuna Dusseldorf

    Tanaka saat ini bermain untuk klub Bundesliga 2. Namun, jika mampu mempertahankan performa apiknya di Piala Dunia, bukan tidak mungkin Tanaka akan dilirik klub kasta utama musim depan.

    Tanaka bermain sangat solid saat Jepang menang atas Jerman. Eks Kawasaki Frontale mampu mematikan pergerakan Jamal Musiala. Kemampuan bertahan dan menyerang Tanaka sama bagusnya.

    7 dari 10 halaman

    Daichi Kamada

    • Posisi: Gelandang serang
    • Usia: 26 tahun
    • Klub: Eintracht Frankfurt

    Musim lalu, Kamada mengantar Frankfurt menjadi juara Liga Europa. Kamada tampil bagus dengan catatan lima golnya. Kamada makin menggila musim ini. Dia mencetak tujuh gol hanya dari 13 laga Bundesliga.

    Pada duel lawan Jerman, Kamada bermain penuh. Dia memberi energi yang besar di lini tengah Jerman, baik dalam situasi dengan maupun tanpa bola. 

    8 dari 10 halaman

    Ritsu Doan

    • Posisi: Penyerang sayap
    • Usia: 24 tahun
    • Klub: Freiburg

    Ritsu Doan masuk pada menit ke-71. Dia membawa perubahan signifikan bagi lini serang Jepang. Ritsu Doan mencetak gol penyama kedudukan, empat menit setelah berada di lapangan.

    Ritsu Doan sudah berkelana ke Eropa sejak 2017. Awalnya, dia berkarier di Belanda dan bermain untuk Groningen. Musim lalu, Doan bermain apik di PSV Eindhoven dan Freiburg membelinya dengan harga 8,5 juta euro pada Juli lalu. 

    9 dari 10 halaman

    Takuma Asano

    • Posisi: Penyerang
    • Usia: 28 tahun
    • Klub: VfL Bochum

    Takuma Asano menjadi pencetak gol kedua Jepang. Eks pemain Arsenal itu menang lari dengan Schlotterbeck sebelum melepas tendangan keras yang membobol gawang Neuer pada menit ke-83.

    Asano sudah bermain di Jepang pada 2016 lalu. Ketika itu, Asano dipinjamkan Arsenal ke Stuttgart. Mulai awal musim 2021/2022 lalu, Asano bermain di Bochum dan menjadi andalan. 

     

    Sumber asli: Berbagai sumber

    Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, Published 24/11/2022)

    10 dari 10 halaman

    Liputan Eksklusif Bola.com

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer