Sukses


    Jerman Kandas Lagi di Fase Grup, Tambahan Rekor Memalukan Sepanjang 92 Tahun Sejarah Piala Dunia

    Bola.com, Jakarta - Sepak terjang Timnas Jerman di Piala Dunia 2022 benar-benar mengecewakan. Alih-alih menjadi penantang gelar, Jerman malah langsung angkat koper di fase grup. 

    Timnas Jerman dipastikan terdepak meskipun menang 4-2 atas Kosta Rika pada laga terakhir Grup E, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB. 

    Jerman hanya finis ketiga di Grup E di belakang Jepang dan Spanyol. Jerman dan Spanyol sama-sama mengoleksi empat poin, namun Der Panzer kalah selisih gol. 

    Posisi puncak klasemen di luar dugaan ditempati Jepang yang kembali memperlihatkan kedidgayaannya menjungkalkan tim raksasa. Setelah melibas Jerman di matchday pertama, tim Samurai Biru juga melumat Spanyol 2-1 pada matchday ketiga. 

    Para pemain Jepang hanya bisa tertunduk sedih setelah peluit panjang berbunyi selepas pertandingan kontra Kosta Rika. Kemenangan yang mereka raih berujung sia-sia. 

    Kegagalan tersebut juga menjadi noda buruk dalam sepak terjang Timnas Jerman di Piala Dunia, sepanjang 92 tahun terakhir.  

    2 dari 5 halaman

    Ulangi Kesalahan di Piala Dunia 2018

    Menurut catatan Squawka dan William Hill, untuk kali pertama dalam sejarah Piala Dunia, Jerman dua kali beruntun tersingkir di fase grup. 

    Ya, empat tahun lalu Jerman juga mengalami nasib serupa. Jerman langsung tersingkir di fase grup Piala Dunia 2018. Mereka kalah bersaing dengan Korea Selatan, Meksiko, dan Swedia.

    Seolah tidak banyak belajar, Der Panzer malah mengulangi kesalahan yang sama. Bisa dibilang ini menjadi salah satu titik nadir sepak bola Jerman, yang telah mengoleksi empat trofi Piala Dunia, hanya kalah sukses dari Brasil yang menggenggam lima gelar. 

     

    3 dari 5 halaman

    Gagal Lolos Rasanya seperti 10 Kali Bencana Alam

    Legenda Jerman, Jurgen Klinsmann, sempat mengatakan jika Jerman gagal lolos ke 16 besar rasanya seperti bencana. Ternyata, kekhawatirannya benar-benar menjadi kenyataan. 

    Padahal, rakyat Jerman ingin perbaikan setelah bencana di Rusia empat tahun lalu.

    "Setelah bencana di Rusia, keinginan fans Jerman sangat jelas, minimal lolos dari fase grup dulu deh. Kami semua selalu ingin juara Piala Dunia. Buat saya, sampai semifinal saja sudah bisa ditolerir," ungkap Klinsmann di podcast World Football in Qatar.

    "Kita berbicara kemungkinan Jerman gagal lolos dari fase grup lagi, jadi bisa dikatakan kalau benar kejadian maka rasanya seperti 10 kali bencana alam," imbuh dia. 

    Sumber: Squawka, William Hill

    4 dari 5 halaman

    Intip Posisi Akhir Jerman

    5 dari 5 halaman

    Nikmati Sajian Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer