Sukses


    PSSI Serahkan Keamanan Israel Selama Piala Dunia U-20 2023 kepada Pemerintah Indonesia

    Bola.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyerahkan keamanan Timnas Israel U-20 selama Piala Dunia U-20 2023 kepada Pemerintah Indonesia. Menurut Erick, soal keamanan berada di domain pemerintah.

    Timnas Israel U-20 merupakan peserta Piala Dunia U-20 2023. Kelolosan Israel menjadi pembicaraan hangat, mengingat Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan negara tersebut.

    Keamanan skuad Israel selama Piala Dunia U-20 2023 kemudian menjadi pertanyaan. Menurut Erick Thohir, PSSI dalam hal ini hanya fokus pada penyelenggaraan dan persiapan Timnas Indonesia saja.

    "Kalau PSSI fokusnya ke penyelenggaraan. Kami fokus di situ dan fokus mempersiapkan pemerintah. Kalau urusan politik, itu domainnya bukan di kami. Itu jelas domain pemerintah," kata Erick Thohir.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 5 halaman

    Ada Perjanjian

    Erick Thohir juga menyebut, sejauh ini sudah ada perjanjian antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah yang jadi venue Piala Dunia U-20 2023.

    Dalam perjanjian tersebut ada ikhwal keamanan para peserta yang jadi acuan seluruh tim, termasuk Timnas Isrel U-20.

    Menurut Erick Thohir, perjanjian itu sudah diatur sehingga tidak perlu dikhawatirkan lagi. Dengan demikian, PSSI yakin semua tim mendapatkan perlakuan yang sama soal keamanan.

    "Pak Menpora menyatakan sudah ada Host City Agreement. Antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah," tegas Erick Thohir.

    3 dari 5 halaman

    Respons Pemerintah

    Pemerintah dalam hal ini diwakili oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, menyebut keamanan peserta Piala Dunia U-20 2023 sedang dibicarakan dengan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam). Pembicaraan juga termasuk keamanan tim yang berasal dari luar negeri.

    "Pemerintah memberikan dukungan penuh kepada penyelenggaraan ini. Tentu ada bagian yang ditugaskan untuk menyelesaikan itu," ucap Zainudin Amali.

    "Sekarang, sedang dikoordinasikan dengan Menkopolhukam. Apakah itu keamanan, hubungan luar negeri, dan sebagainya. Sekarang yang menangani adalah Menkopolhukam," tegas Amali.

    4 dari 5 halaman

    Disiarkan EMTEK Group

    SCM (Surya Citra Media Tbk.) yang berada di bawah naungan EMTEK Group mengukuhkan diri sebagai official broadcaster Piala Dunia U-20 2023. Sebagai official broadcaster, SCM akan menyajikan seluruh rangkaian pertandingan Piala Dunia U-20 2023

    Sebanyak 52 pertandingan akan hadir di layar kaca dan gadget milik masyarakat Indonesia melalui media multi-platform terlengkap yang dimilikinya, yakni: SCTV, Indosiar, Vidio, Moji, Mentari TV, Nex Parabola, dan Champions TV. EMTEK Group sudah melihat peluang untuk menyiarkan Piala Dunia U-20 2023 sejak menjadi official broadcaster Piala Dunia senior 2022 di Qatar.

    "Ketika FIFA melakukan bidding, FIFA memang standarnya adalah Piala Dunia yang di senior. Namun, setelah itu ada FIFA event. Ternyata salah satunya adalah U-20 akan diselenggarakan," ucap Direktur SCM, Sutanto Hartono.

    "Jadi, kami melihat ini suatu bonus yang luar biasa tinggi nilainya. Itu mengapa kami memberanikan diri untuk bidding dan kami bersyukur memenangi bidding tersebut sehingga otomatis mendapatkan kesempatan mem-broadcast FIFA kemarin di Qatar dan upcoming di Indonesia," tegas Sutanto Hartono.

    5 dari 5 halaman

    Daftar Peserta Sementara Piala Dunia U-20 2023

    1. Indonesia (tuan rumah)
    2. Republik Dominika
    3. Guatemala
    4. Honduras
    5. Amerika Serikat
    6. Kepulauan Fiji
    7. Selandia Baru
    8. Inggris
    9. Prancis
    10. Israel
    11. Italia
    12. Slovakia
    13. Brasil
    14. Uruguay
    15. Kolombia
    16. Ekuador
    17. Gambia
    18. Nigeria
    19. Senegal
    20. Tunisia

    Video Populer

    Foto Populer