Sukses


NBA Africa Game 2015: Tim Dunia Raih Kemenangan Pertama di Afrika

Bola.com, Johannesburg - Ambisi NBA merangkul pasar Benua Afrika lewat laga eksebisi bertajuk Basketball Without Borders Africa 2015 berujung sukses. Pada debut pertandingan antarpemain NBA, Tim Dunia, yang diperkuat pemain bintang Chicago Bulls, Pau Gasol, tampil sebagai tim pertama yang mencatat kemenangan di daratan Afrika.

Bertanding melawan Tim Afrika, yang dikomandoi Luol Deng dari Miami Heat, di Ellis Park Arena, Johannesburg, Afrika Selatan, Minggu (2/8/2015) dini hari WIB, Tim Dunia menang 101-97.

"Setelah menyelesaikan paruh pertama pertandingan dalam keadaan tertinggal, kami memutuskan bahwa ketertinggalan kami berakhir di situ. Selanjutnya, kami harus bermain lebih baik supaya tidak kalah," tutur Gasol seusai bertanding, dilansir The Associated Press.

Pebasket Washington Wizard, Bradley Beal, menjadi top skorer bagi Tim Dunia dengan raiahn 18 poin. Sementara Gasol mengemas 12 poin.

Dari Tim Afrika, pemain keturunan Nigeria, yang memperkuat Milwaukee Bucks, Giannis Antetokounmpo, mencetak 22 poin. Rekornya ini dibuntuti sang kapten tim, Luol Deng, dengan 20 poin.

Kendati bermain kompetitif, secara umum duel Tim Dunia kontra Tim Afrika berjalan menghibur, layaknya pertarungan NBA All Star. Pertandingan juga diselipi hiburan tarian dari pemandu sorak dan sejumlah maskot klub NBA yang turut terbang ke Afrika Selatan.

Laga eksebisi NBA ke Afrika Selatan merupakan langkah terbesar yang pernah dilakukan NBA ke Benua Hitam. Komisioner NBA, David Silver, berujar pertandingan persahabatan ini berpeluang menjadi jembatan menuju gelaran turnamen pramusim NBA di Afrika.

"Saat saya kecil, saya hanya ingin bermain basket, tapi tidak pernah punya akses untuk bertemu pemain NBA atau menyaksikan pertandingan NBA. Hari ini, menjadi bagian dari tim NBA yang kembali untuk bermain di Afrika, saya tidak bisa menggambarkan perasaan saya," kata Deng, yang lahir di Sudan Selatan.

Baca juga:

NBA Bakal Gelar Laga di Benua Afrika

Bintang NBA Golden State Warriors Sambangi Jakarta

LeBron James Bakal Bintangi Space Jam?

Video Populer

Foto Populer