Sukses


NBA Bakal Gelar Laga di Benua Afrika

Bola.com, Johannesburg - Kompetisi bola basket profesional tertinggi dunia, NBA, bersiap melanjutkan ekspansi. Setelah meraup kesuksesan di daratan Eropa dan Asia, benua yang menjadi sasaran berikutnya ialah Afrika.

Sejarah mencatat, NBA mempunyai hubungan khusus dengan Benua Hitam sejak pemain Nigeria, Hakeem Olajuwon, terpilih sebagai rookie di putaran pertama draft NBA 1984. 10 tahun kemudian, Olajuwon meraih cincin juara, titel MVP Final dan MVP NBA pertamanya bersama Houston Rockets. Menjadikan Olajuwon sebagai pebasket Benua Afrika paling sukses sepanjang sejarah.

Berangkat dari fakta inilah, Komisioner NBA, David Silver, berkeyakinan bila daratan Afrika merupakan gudang talenta basket. Untuk itu, Silver pun tak ragu untuk menggelar laga eksbisi NBA bertajuk Basketball Without Borders Africa 2015.

"Nantikan pergerakan kami (NBA). Langkah ini sejatinya ialah percobaan untuk suatu hal yang lebih besar," tutur Silver, dilansir The Associated Press, Jumat (31/7/2015).

Kendati masih enggan merinci lebih lanjut, rumor yang santer beredar menyebut Silver tengah merancang agenda pertandingan pra-musim NBA di Afrika. Namun kapan tepatnya realisasi rencana tersebut, sejauh ini hanya Silver yang tahu.

"Sebagian alasan saya ke Afrika ialah untuk melanjutkan investigasi mengenai fasilitas baru," ujarnya.

"Kami (NBA) mau arena besar, lebih modern untuk menggelar laga pra-musim di sini. Kami juga ingin melakukan tes terhadap respon publik. Hal-hal seperti ini membutuhkan waktu, tapi saya sangat yakin, dalam waktu dekat NBA bisa memulai laga pra-musim di Benua Afrika," sambung Silver optimistis.

Tahun ini, NBA memastikan menggelar laga eksibisi antara Tim Dunia versus Tim Afrika di Ellis Park Arena, Johannesburg, Afrika Selatan. Rencananya, NBA akan memboyong pelatih kepala San Antonio Spurs, Greg Popovich, dan pelatih kepala Atlanta Hawks, Mike Budenholzer, sebagai pelatih di masing-masing tim tersebut.

Sementara di bagian pemain, selain pemain bintang Los Angeles Clippers, Chris Paul, dan Luol Deng (Miami Heat), yang nantinya akan berperan sebagai kapten di masing-masing tim, kakak beradik asal Spanyol, Pau dan Marc Gasol juga dipastikan ambil bagian. Pun demikian dengan dua pebasket NBA keturunan Nigeria, Al-Farouq Aminu dan Giannis Antetokounmpo.

Baca juga:

Bintang NBA Golden State Warriors Sambangi Jakarta

Adik Stephen Curry Resmi Gabung Sacramento Kings

LeBron James Bakal Bintangi Space Jam?

 

Video Populer

Foto Populer