Sukses


Posisi 10 Besar Tenis Putra Stabil, Putri Sambut 2 Petenis Baru

Bola.com, Jakarta - Dua bulan menuju turnamen besar akhir tahun, ATP World Tour Finals 2015, tak ada perubahan berarti di tabel peringkat dunia tunggal putra. Selain petenis Serbia, Novak Djokovic, dan petenis Swiss, Roger Federer, yang stabil di peringkat 1-2 dunia, penghuni peringkat 3-10 juga tidak berganti.

Petenis Inggris Raya, Andy Murray, tetap di urutan ketiga. Diikuti rekan senegara Federer, Stanislas Wawrinka, dan wakil Republik Ceko, Tomas Berdych, pada peringkat keempat dan kelima.

Selanjutnya, peringkat 6-10, berturut-turut ditempati Kei Nishikori (Jepang), Rafael Nadal (Spanyol), David Ferrer (Spanyol), Milos Raonic (Kanada), dan Giles Simon (Prancis).

Namun begitu, bukan berarti nama-nama tersebut dipastikan menjadi peserta ATP World Tour Finals 2015. Berdasarkan aturan, peserta turnamen akhir tahun ini ditentukan dari koleksi poin yang dihasilkan dari turnamen sepanjang 2015. Sementara poin peringkat dunia dihitung dari akumulasi tahun-tahun sebelumnya.

Sejauh ini, baru empat nama yang sudah lolos ke O2 Arena, London, Inggris, venue untuk perhelatan ATP World Tour Finals 2015. Mereka adalah Djokovic, Murray, Federer, dan Wawrinka. Empat slot tersisa masih diperebutkan Berdych, Nishikori, Nadal, Ferrer, Richard Gasquet (Prancis), dan Kevin Anderson (Afrika Selatan).

Musim kompetisi 2015 menjadi musim terburuk Rafael Nadal dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Sampai saat ini, Nadal masih harus berjuang untuk mengamankan tempat di ATP World Tour Finals 2015.(EPA/Brian Hirschfeld)

Lalu, bagaimana dengan bagian tunggal putri?

Sedikit berbeda dengan posisi Top 10 nomor tunggal putra yang stabil, urutan Top 10 nomor tunggal putri justru mengalami banyak perubahan. Selain pergeseran peringkat yang dicatat kampiun Grand Slam Amerika Serikat (AS) Terbuka 2015, Flavia Pennetta, dari nomor 7 ke urutan 6 dunia, peringkat WTA Tennis juga menyambut dua petenis baru di posisi ini.

Petenis pertama yang menembus Top 10 per 28 September 2015 ialah Agnieszka Radwanska (Polandia). Aga, demikian ia biasa disapa, kembali ke Top 10 dunia setelah memenangi gelar juara di Tokyo Terbuka 2015, akhir pekan lalu.

Mendapat tambahan 470 poin, Radwanska melesat dari posisi 13 dunia ke peringkat 7 dunia. Menggeser sejumlah pemain, seperti Caroline Wozniacki (Denmark) dan Angelique Kerber (Jerman) keluar dari zona Top 10. Wozniacki kini menduduki peringkat 11 dunia, sedangkan Kerber melorot hingga peringkat ke-13 dunia.

Petenis kedua yang berhasil kembali ke Top 10 ialah Ana Ivanovic. Petenis jelita asal Serbia ini menembus deretan 10 petenis terbaik dunia mencapai perempat final Tokyo Terbuka 2015.

Keberhasilan petenis jelita Serbia, Ana Ivanovic, mencapai perempat final Tokyo Jepang 2015, sukses mendongkrak peringkat dunianya dari urutan 12 ke 9.(WTA Tennis)

Sayangnya, pencapaian Ivanovic dan Radwanska ini masih belum bisa mengamankan tempat di turnamen akhir tahun, WTA Finals, yang akan dihelat di Singapura, 25 Oktober - 1 November mendatang. Sampai sekarang, kedua petenis itu masih berada di luar zona kualifikasi. Radwanska masih tertahan di peringkat ke-9 WTA Finals 2015, sementara Ivanovic cuma ada di posisi ke-22.

Adapun petenis-petenis yang sudah menggenggam tiket ke WTA Finals 2015 ialah Serena Williams (AS), Simona Halep (Rumania), Maria Sharapova (Rusia), dan Petra Kvitova (Republik Ceko). Empat tempat tersisa kemungkinan akan menjadi milik Lucie Safarova (Republik Ceko), Flavia Pennetta (Italia), Angelique Kerber (Jerman), dan Carla Suarez Navarro (Spanyol).

Baca juga:

Serena Williams Samai Rekor Chris Evert

Baru Tampil Sekali di Wuhan Terbuka, Sharapova Cedera Lagi

Rafael Nadal: Saya Merasa Menderita

Video Populer

Foto Populer