Sukses


Kejuaraan Dunia Karate: Rebut Emas, Ahmad Zigi Ukir Sejarah

Bola.com, Tangerang - Karateka Indonesia, Ahmad Zigi Zaresta, merebut medali emas di Kejuaraan Dunia Karate Junior, Cadet dan U-21 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang, Kamis (12/11/2015). Zigi merebut medali emas setelah mengalahkan karateka Spanyol, Xavier Pereda Elourduy, di final Kata Junior dengan skor tipis 3-2.

Ini merupakan sejarah bagi Indonesia di level junior. Skuad Merah Putih untuk kali pertama merebut medali emas di kejuaraan ini.

"Alhamdulillah senang sekali bisa mengibarkan bendera Indonesia di negara sendiri. Kuncinya semangat dan yakin," kata Zigi kepada wartawan setelah pertandingan.

Pria asal Nusa Tenggara Barat tersebut menyatakan kemenangan ini merupakan pembalasan setelah kalah dari Xavier di perebutan medali perunggu pada Kejuaraan Dunia Karate Junior di Guadalaraja, Spanyol, 2013. Saat itu, dia menelan kekalahan dengan skor tipi 2-3.

"Waktu di Spanyol saya kalah dari dia di perebutan tempat ketiga. Saat itu dia yang jadi tuan rumah. Jadi ada perasaan ingin membalas itu," ungkap karateka Inkai tersebut.

Keberhasilan Zigi ini membuat kontingen Indonesia sukses melampaui target. Pasukan Philip King Galedo ini sebenarnya hanya ditarget meraih medali perunggu. Namun kini mereka sukses menyabet medali emas.

Sayang, jejak Zigi tak mampu diikuti karateka Indonesia yang lain. Dari 9 karateka yang diturunkan kontingen Merah Putih, hanya Zigi yang mampu mempersembahkan medali.

Berikut perjalanan Ahmad Zigi Zaresta hingga menjadi juara dunia:

Babak pertama: Bye

Babak kedua: Vs Jose Arango Soto Nykolai (Republik Dominika) 5-0

Babak ketiga: Vs Mouad Quarzazi (Maroko) 4-1

Perempat final: Vs Yamada Yoshiki (Jepang) 5-0

Semifinal: Vs Heydarov Roman (Azerbaijan) 4-1

Final: Vs Xavier Pereda Elourduy (Spanyol) 3-2

Video Populer

Foto Populer