Sukses


Beberapa Fakta Menarik Setelah Rio Haryanto Tampil di F1

Bola.com, Jakarta - Rio Haryanto menciptakan sejarah setelah resmi bergabung dengan Manor Racing untuk tampil di ajang Formula 1 (F1) 2016. Dia menjadi pebalap Indonesia pertama yang turun pada balapan jet darat paling bergengsi di dunia tersebut.

Itu bukan satu-satunya fakta yang tercipta setelah Rio Haryanto bergabung dengan tim asal Inggris tersebut. Beberapa fakta menarik muncul seiring dengan kepastian pebalap berusia 23 tahun itu ikut serta di ajang F1.

Dengan tampilnya Rio Haryanto di F1, Indonesia menjadi negara Asia kelima yang memiliki wakil pada balapan jet darat tersebut. Empat negara lainnya adalah Jepang, Thailand, India dan Malaysia.

Untuk lingkup dunia, Indonesia merupakan negera ke-40 yang warga negaranya ikut balapan F1. Hal tersebut tentu menjadi kebanggaan tersendiri buat masyarakat Indonesia.

Sementara itu, Rio Haryanto menjadi satu-satunya wakil Asia pada balapan F1. Terakhir kali ada pebalap Asia yang ikut balapan pada F1 musim 2014. Ketika itu pebalap asal Jepang, Kamui Kobayashi, membalap dengan tim Caterham F1.

Sebelum memulai pertualangannya di balapan resmi F1, Rio Haryanto harus menjalani tes pramusim terlebih dahulu. Pebalap asal Solo itu dijadwalkan menjalani tes bersama mobil anyar Manor Racing, MRT05 di Sirkuit Catalunya, Barcelona, 24-25 Februari.

Video Populer

Foto Populer