Sukses


F1 GP Australia: Ini yang Dilihat Alonso di Mobil saat Kecelakaan

Bola.com, Melbourne - Fernando Alonso mengaku ketakutan saat mengalami kecelakaan hebat pada balapan F1 GP Australia, Minggu (20/3/2016). Pebalap McLaren itu merasa beruntung bisa selamat dari kejadian mengerikan tersebut.

Insiden bermula saat Alonso mencoba menyalip pebalap Haas, Esteban Gutierrez, pada lap 17 di tikungan 3 Sirkuit Albert Park, Melbourne. Namun, pebalap asal Spanyol itu menabrak ban belakang sebelah kiri mobil Gutierrez.

Akibatnya, mobil McLaren-Honda yang dikemudikan Alonso menabrak dinding pembatas trek dan berputar di udara sebelum terdampar dalam posisi terbalik di pojok tikungan 3. Kerasnya kecelakaan itu terlihat dari mobil Alonso yang ringsek.

Ajaibnya, Alonso keluar dari mobil tanpa cedera apapun. Dua kali juara dunia itu bisa berdiri secara normal meski agak terhuyung dan sempat memerhatikan mobilnya yang sudah tak utuh lagi sebelum berbincang dengan Gutierrez.

Gutierrez juga baik-baik saja walau mobilnya melintir keluar trek dan berakhir di gravel.

Fernando Alonso lantas menceritakan momen mengerikan yang dialaminya kepada para wartawan di Albert Park selepas lomba.

"Saya melihat langit, tanah, langit, tanah. Begitu terus berulang-ulang. Insiden itu sungguh mengerikan. Saat mobil berhenti, saya ingin keluar secepatnya karena ibu saya menonton di rumah," kata Alonso seperti dilansir Xinhua, Senin (21/3/2016).

Kecelakaan Alonso-Gutierrez memaksa steward menghentikan balapan untuk sementara guna memberikan kesempatan kepada petugas sirkuit membersihkan trek dari puing-puing mobil sisa kecelakaan. Alonso dan Gutierrez juga dibawa ke klinik untuk menjalani pemeriksaan medis. Namun, keduanya diperbolehkan meninggalkan klinik setelah tak didapati cedera yang serius.

"Kejadian itu sangat mengerikan. Saat melihat mobil Alonso, saya bergegas menghampirinya. Beruntung kami berdua baik-baik saja. Namun, jujur saja kami masih agak kaget dengan kecelakaan itu," ujar Gutierrez.

Insiden Alonso-Gutierrez mengingatkan kejadian serupa pada edisi pertama GP Australia di Albert Park 20 tahun silam yang melibatkan Martin Brundle dan David Coulthard. Sama seperti Alonso, Brundle juga selamat. Pebalap asal Inggris yang membela tim Jordan itu bahkan kembali ikut balapan menggunakan mobil cadangan!

Balapan F1 GP Australia 2016 dimenangkan pebalap Mercedes, Nico Rosberg, dengan mengalahkan rekan setimnya, Lewis Hamilton. Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, tak menyelesaikan lomba karena mobilnya mengalami masalah teknis.

 

Video Populer

Foto Populer