Sukses


Rio Haryanto Pasrah Dicurangi F1 di GP Australia

Bola.com, Manama - Rio Haryanto buka suara soal kontroversi Driver of the Day pada balapan F1 GP Australia, 20 Maret. Pebalap Manor Racing asal Indonesia itu terkesan pasrah tak meraih penghargaan tersebut.

Pemenang Driver of the Day ditentukan lewat polling. Dengan basis fans yang besar, Rio Haryanto menjadi favorit kuat peraih penghargaan tersebut.

Namun, F1 secara mengejutkan justru memilih Romain Grosjean. Dalam penjelasan di situs resminya, F1 mengumumkan tak menghitung semua suara yang masuk.

"Demi keadilan, suara yang berasal dari sumber yang sama tak dihitung," kata F1 di situs resmi mereka.

Keputusan itu tak pelak mendapat kritik pedas dari fans Rio asal Indonesia. Mereka kecewa karena F1 mengubah peraturan secara tiba-tiba. Apalagi di situs media sosial bertebaran foto hasil polling yang memperlihatkan kemenangan mutlak Rio.

Bukan hanya fans, Rio juga mengaku terkejut tak diumumkan sebagai pemenang. Hanya, dia memilih mengikuti aturan yang dikeluarkan F1.

"Saya tak memegang bukti. Tentu saja awalnya saya yakin akan memenangi penghargaan Driver of the Day. Ternyata hasilnya berbeda. Namun, tak ada yang bisa saya lakukan karena itu sudah menjadi keputusan Manajemen F1," kata Rio seperti dilansir Motorsport, Jumat (1/4/2016).

Di luar kontroversi yang mencuat, Grosjean memang pantas meraih penghargaan Driver of the Day. Pebalap Haas itu berhasil finis di posisi keenam di Melbourne. Sementara itu, Rio Haryanto mesti mengakhiri balapan lebih awal pada debutnya di ajang F1 karena mobilnya mengalami kerusakan teknis.

Video Populer

Foto Populer