Sukses


Ini Target Sean Gelael pada Sesi Kualifikasi GP2 Spanyol

Bola.com, Jakarta - Pebalap Indonesia yang membela tim Pertamina Campos Racing, Sean Gelael, akan menjalani seri perdana GP2 Series 2016 di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, 14-15 Mei 2016.

Rangkaian race weekend GP2 Spanyol sudah dimulai sejak Kamis (12/5/2016). Sean dan pebalap lain mendapat kesempatan untuk melakukan track walk.

Sesi latihan bebas digelar pada Jumat (13/5/2016) pagi. Seluruh pebalap akan melakoni sesi kualifikasi pada sore harinya.

Tahun ini merupakan musim penuh (full season) pertama Sean di GP2. Karena itu, pebalap berusia 19 tahun tersebut tak memasang target terlalu tinggi, termasuk pada sesi kualifikasi.

"Saya masih belajar. Sebagai permulaan, saya akan berusaha masuk di posisi ke-15 pada sesi kualifikasi. Setelah itu, baru saya fokus ke balapan. Soal finis di posisi berapa, itu tergantung kondisi saat balapan. Yang terpenting saya sudah mengerahkan segenap kemampuan," kata Sean dalam rilis yang diterima Bola.com, Rabu (11/5/2016).

Sean menambahkan, persiapan menghadapi balapan debut sudah baik. Kekurangan belum pernah beraksi di Sirkuit Catalunya dalam balapan resmi diantisipasi Sean dengan melakukan serangkaian tes simulator di markas tim Campos di Valencia, Spanyol.

Sebelumnya, Sean juga mendapat kesempatan berharga menjajal simulator di markas Dallara di Italia. Dallara merupakan pabrikan pemasok sasis mobil GP2.

"Pada tes itu, kami benar-benar seperti dalam kondisi balapan. Jadi, saya seperti menambah jam terbang balapan," ujar Sean.

Balapan pertama (feature race) GP2 Spanyol berlangsung pada Sabtu (14/5/2016) pukul 21.00 WIB. Sementara itu, balapan kedua (sprint race) digelar Minggu (15/5/2016) pada jam 15.30 WIB.

Feature race berlangsung sebanyak 37 putaran atau sekitar 60 menit dengan kewajiban sekali melakukan pit stop buat mengganti ban. Sprint race berjalan lebih singkat, yakni 26 putaran atau sekitar 45 menit tapi tanpa pit stop.

10 pebalap terdepan feature race berhak mendapatkan poin. Sementara poin pada balapan kedua cuma diberikan kepada penghuni posisi delapan besar. Pebalap yang meraih pole position feature race dan yang mencetak fastest lap balapan pertama dan kedua juga diberikan bonus poin.

GP2 memakai regulasi reverse grid untuk posisi delapan besar. Artinya, pebalap yang finis pertama pada feature race akan start dari posisi kedelapan di sprint race dan sebaliknya pebalap yang finis di posisi kedelapan feature race bakal start terdepan di sprint race.

Sean Gelael mengatakan finis di posisi 15 besar merupakan target yang realistis di GP2 Spanyol. Apabila meraih poin, maka hal itu dianggap bonus. Selain Sean, ada satu pebalap Indonesia lain yang bakal beraksi di Catalunya, yakni Philo Paz Armand yang membela tim Trident Racing. Aksi Sean dan Philo di GP2 Spanyol bisa disaksikan secara langsung di Kompas TV.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer