Sukses


Williams Buka Peluang Lepas Valtteri Bottas ke Mercedes

Bola.com, London - Williams membuka peluang melepas Valtteri Bottas ke Mercedes sebagai pengganti Nico Rosberg. Hanya, Williams akan merelakan kepergian Bottas jika bisa mendapatkan pebalap pengganti yang berpengalaman.

"Saya senang melihat tim seperti Mercedes menjadikan Valtteri sebagai calon pengganti Nico. Valtteri merupakan salah satu talenta besar di F1 dan kami bangga tim terbaik mengakuinya," kata deputi team principal Williams, Claire Williams, kepada BBC Sport, Kamis (15/12/2016).

"Namun, Williams juga punya ambisi dan kami harus memastikan tim ini terus melangkah maju. Kami hanya akan melakukan perubahan jika Williams tetap berada di posisi yang kuat untuk bersaing dan berkembang pada 2017. Kami hanya akan melepas Valtteri jika mendapatkan pebalap berpengalaman dan bisa diandalkan," ujar Williams.

Mercedes menjadikan Bottas sebagai target utama pengganti Nico Rosberg yang pensiun setelah menjadi juara dunia F1 2016. Tim Panah Perak sudah menyodorkan proposal awal kepada Williams berupa diskon pembelian mesin sebesar 10 juta euro atau sekitar 140 miliar rupiah.

Williams menolak tawaran pertama Mercedes untuk Valtteri Bottas, tapi tetap membuka negosiasi. Sebagai pengguna mesin Mercedes, Williams ingin menjaga hubungan baik dengan pabrikan Jerman itu.

Williams bersikap jual mahal karena tahu Mercedes punya dana untuk menggaet Bottas. Dana tersebut berasal dari uang yang seharusnya digunakan buat membayar gaji Rosberg dua tahun ke depan sebesar 17,6 juta poundsterling (Rp 294 miliar).

Menurut BBC Sport, Williams mematok harga 17 juta euro (Rp 238 miliar) untuk Bottas.  Williams berencana memanfaatkan uang hasil transfer Bottas ke Mercedes untuk pengembangan teknis agar bisa semakin kompetitif.

Sebagai pengganti Bottas, Williams dilaporkan ingin mengontrak kembali Felipe Massa yang memutuskan pensiun selepas F1 2016. Massa masih ingin membalap pada 2017, tapi belum mengumumkan rencana musim depan. Jika ada peluang kembali ke Williams, Massa dipercaya tak akan menolak.

Valtteri Bottas dikabarkan tertarik pindah dari Williams ke Mercedes. Sementara itu, Lewis Hamilton mengaku terlibat dalam proses pencarian calon rekan barunya, tapi menyerahkan keputusan akhir soal pengganti Rosberg kepada Mercedes. Mercedes sudah mengungkapkan akan mengumumkan pengganti Rosberg paling cepat pada 3 Januari 2017.

Video Populer

Foto Populer