Sukses


Garbine Muguruza, Conchita Martinez, dan Wimbledon

Bola.com, London - Petenis Spanyol, Garbine Muguruza, buka suara soal rahasia kemenangan yang diraihnya di Wimbledon 2017. Muguruza menilai, kemenangan tersebut tak terlepas dari peran besar pelatihnya, Conchita Martinez.

Garbine Muguruza berhasil menyegel gelar Wimbledon 2017 setelah mengalahkan Venus Williams dua set langsung 7-5 dan 6-0 pada final yang berlangsung Sabtu (15/7/2017). Gelar ini menjadi yang pertama diraih Muguruza di ajang Wimbledon atau yang kedua sepanjang kariernya setelah meraih Prancis Terbuka 2016.

"Keberhasilan ini tak lepas dari kerja keras dan tentunya juga dari Conchita. Keajaiban mustahil datang dengan tiba-tiba. Conchita membantu saya beradaptasi dengan baik di turnamen ini," kata Muguruza seperti dikutip New York Times, Minggu (16/7/2017).

Sosok Conchita Martinez memang sudah tak asing di olahraga tenis dunia. Conchita merupakan petenis wanita terakhir asal Spanyol yang meraih gelar Wimbledon, sebelum Muguruza menjadi juara. Conchita menjuarai Wimbledon pada tahun 1994. Ketika itu, Conchita meraih gelar turnamen Grand Slam tersebut setelah mengalahkan petenis Amerika Serikat, Martina Navratilova, dengan skor 6-4, 3-6, dan 6-3.

Conchita juga sebenarnya bukan pelatih utama dari Muguruza. Ia tampil mendampingi Muguruza di Wimbledon 2017 karena pelatih utama yakni Sam Sumyk harus berada di Amerika Serikat untuk menemani sang istri yang sedang hamil.

"Jujur, Grand Slam ini cukup melelahkan karena berlangsung selama dua minggu. Namun, Conchita banyak membantu karena dia berpengalaman," ujar petenis 23 tahun tersebut.

Kemenangan di Wimbledon 2017 membuat Muguruza melesat dari peringkat 15 ke peringkat 5 ranking Asosiasi Tenis Wanita (WTA). Meski begitu, Muguruza lebih bertekad meraih gelar lain ketimbang mengejar peringkat WTA.

"Motivasi saya selanjutnya adalah tetap menjadi petenis yang bagus, mengikuti Grand Slam dan menjadi ancaman untuk yang lainnya. Peringkat itu hanya sementara, akan tetapi menjadi petenis hebat akan selalu memiliki kesempatan untuk meraih gelar," ucap Garbine Muguruza.

Video Populer

Foto Populer