Sukses


7 Sumber Vitamin D, Meningkatkan Daya Tahan Tubuh untuk Melawan Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Anda bisa berjemur di bawah sinar matahari untuk mendapatkan kebutuhan vitamin D yang bermanfaat untuk mengurangi risiko terinfeksi virus Corona.

Vitamin D pada umumnya diketahui berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Tetapi, vitamin D memiliki manfaat lain, yakni menjaga kekebalan tubuh.

Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak yang memainkan sejumlah peran penting dalam tubuh.

Di sis lain, menjaga daya tahan tubuh cukup sederhana dan muda, seperti rutin berolahraga, makan makanan bergizi, dan cukupi kebutuhan vitamin dan mineral, termasuk vitamin D.

Vitamin D dipercaya mampu mengurangi risiko terinfeksi virus Corona yang menyebabkan penyakit COVID-19.

Dilansir dari Honestdocs, berjemur di bawah matahari menjadi satu di antara meningkatkan daya tahan tubuh. Berjemur di bawah matahari mampu memenuhi kebutuhan asupan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh.

Vitamin D mampu merespons imunitas dan menyerang bakteri dan virus, termasuk virus Corona. Selain itu, berjemur di bawah sinar matahari mampu meningkatkan daya tahan tubuh yang berguna melawan virus Corona.

Berjemur di bawah sinar matahari dikenal juga subath therapy. Dengan menjaga daya tahan tubuh tetap terjaga, memiliki risiko rendah terinfeksi COVID-19.

Itulah mengapa, cukupi asupan nutrisi vitamin D di dalam tubuh Anda.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, cara mendapatkan asupan vitamin D selain berjemur di bawah matahari untuk meminimalisasi risiko terjangkit COVID-19, Jumat (27/3/2020).

2 dari 9 halaman

Makanan Sumber Vitamin D Terbaik

3 dari 9 halaman

1. Minyak Ikan Kod

Sumber pertama adalah minyak ikan kod. Minyak ikan kod memiliki kandungan vitamin D yang tinggi. Dalam satu sendok teh minyak ikan kod atau sekitar 5 ml, sudah mencukupi asupan vitamin D seharian.

4 dari 9 halaman

2. Telur Ayam

Telur ayam adalah makanan sumber vitamin D paling mudah didapat. Telur ayam mampu memenuhi kebutuhan harian vitamin D sebesar 17 persen tubuh.

5 dari 9 halaman

3. Tahu dan Tempe

Olahan kacang kedelai satu ini termasuk makanan yang banyak digemari. Tahu dan tempe memiliki kandungan vitamin D sebanyak 26 persen untuk mencukupi kebutuhan harian dalam 100 gram.

6 dari 9 halaman

4. Susu Kedelai

Masih dari olahan kacang kedelai, susu kedelai juga menjadi sumber vitami D. Secangkir susu kedelai berkisar 245 gram mengandung 130 IU vitamin D.

7 dari 9 halaman

5. Jamur

Tak hanya dijadikan olahan jamur renyah, jamur juga menjadi sumber makanan yang mengandung vitamin D. Jamur mampu menyimpan vitamin D dari sinar matahari.

Mengonsumsi jamur sekitar 100 gram mengandung 446 IU vitamin D.

8 dari 9 halaman

6. Hati Sapi

Hati sapi memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Zat besi mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagagi macam penyakit.

Selain itu, hati sapi juga memiliki kandungan vitamin B, asam folat, serta vitamin D yang tinggi.

9 dari 9 halaman

7. Udang

Hewan laut ini mampu mencukupi asupan vitamin D harian sebanyak 32 persen dalam 85 gram. Selain vitamin D, udang kaya akan protein dan mineral penting seperti zinc yang mampu meningkatakn sistem kekebalan tubuh.

Memiliki sistem kekebalan tubuh mampu mencegah Anda terserang berbagai penyakit, termasuk terkena COVID-19.

Anda juga bisa mendapatkan kebutuhan vitamin D dari suplemen. Suplemen vitamin D mampu mencukupi asupan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sebelum Anda mengonsumsi suplemen vitamin D, lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter agar mendapatkan petunjuk dan bisa mengonsumsi dengan aman.

Sumber: Berbagai Sumber

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer