Sukses


6 Rekomendasi Aktivitas di Rumah dari WHO agar Tetap Fit dan Sehat, Ayo Bergerak!

Bola.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia telah memperpanjang masa darurat pandemi COVID-19 di Indonesia telah diperpanjang hingga 29 Mei 2020. Kebijakan lain mengiringi keputusan tersebut.

Seperti, kantor-kontor kembali memperpanjang kebijakan work from home (WFH), kegiatan belajar mengajar di sekolah juga ditangguhkan lebih lama, termasuk ibadah di rumah juga diperpanjang.

Satu di antara imbasnya, masyarakat mulai dilanda kejenuhan karena keterbatasan aktivitas selama berada di rumah masing-masing.

Seperti diketahui, pemerintah juga meminta warga untuk disiplin menjalankan instruksi menjaga jarak (social-physical distancing), sehingga disarankan tidak melakukan aktivitas di luar ruang jika tidak benar-benar mendesak.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyadari benar kondisi yang bisa dihadapi masyarakat dengan berbagai kebijakan untuk stay at home atau lebih berada di rumah selama pandemi virus corona.

WHO melalui media sosial resmi mereka, merekomendasikan enam hal yang bisa dilakukan oleh semua anggota keluarga saat menjalani masa karantina mandiri dalam kampanye stay at home.

Mungkin beberapa di antara Anda sudah ada yang melakukannya, mungkin juga belum. Maka itu, tak ada salahnya mencoba rekomendasi berikut ini.

Aktivitas berikut ini bisa membunuh waktu Anda sekaligus menjadikan tubuh tetap bugar dan sehat. Dengan badan yang selalu bugar dan fit, kita tak mudah terserang berbagai penyakit di tengah pandemi virus Corona.

Berikut enam aktivitas fisik yang bisa Anda lakukan di rumah untuk menjaga kebugaran dan kesehatan Anda. Ajak anggota keluarga yang lain untuk ikut serta ya!

2 dari 3 halaman

Menari

1. Mengikuti kelas olahraga online

Dengan kondisi sekarang, sangat disarankan untuk tidak ke gym langganan kita lebih dulu. Sebaiknya, ganti agenda olahraga Anda di gym di rumah dengan mengikuti kelas olahraga secara online.

Belakangan, sudah banyak yang menawarkan hal tersebut. Anda tinggal memilih, mana yang cocok untuk Anda ikuti.

2. Menari

Bentuk aktivitas fisik yang sangat mudah dilakukan. Pasang lagu favorit Anda, apa pun jenisnya, dan bergoyang atau bergerak saja mengikuti irama lagu.

Tak perlu malu jika Anda ingin sekalian bernyanyi lantang, karena hal itu juga bisa untuk melepas kepenatan dan membuat kondisi psikis Anda menjadi lebih baik.

Lakukan bersama anggota keluarga yang lain agar lebih seru.

3. Bermain video game

Tak selamanya bermain video game jadi hal buruk. Dalam situasi seperti sekarang, direkomendasikan untuk memilih video game yang membuat Anda bergerak, seperti Wii. Sebaliknya, tidak disarankan terlalu lama bermain video game yang hanya membuat Anda duduk manis atau rebahan sepanjang hari.

3 dari 3 halaman

Lompat Tali

4. Lompat tali (skipping)

Aktivitas fisik lain yang bisa dilakukan adalah lompat tali. Aktivitas ini cukup mudah dilakukan dengan menggunakan peralatan yang sederhana.

5. Latihan kekuatan dan keseimbangan otot

Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan untuk menjaga kekuatan dan keseimbangan otot Anda. Jika kebetulan Anda memiliki rumah tingkat, Anda bisa naik turun di tangga rumah, beberapa kali dalam sehari. Lakukan sembari mendengarkan musik kesukaan Anda.

Sumber: WHO

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer