Sukses


7 Vitamin untuk Mengatasi Kulit Kering akibat Sering Mencuci Tangan

Bola.com, Jakarta - Menjaga kesehatan tangan bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Apalagi dalam keadaan saat ini, mencuci tangan menjadi satu di antara pencegahan terinfeksi virus corona.

Namun sebagai "efek sampingnya", terlalu sering mencuci tangan, bisa membuat kulit tangan menjadi kering.

Dilansir dari ABC, terlalu sering mencuci tangan dengan sabun dapat mendatangkan efek kering karena menghilangkan minyak alami pada kulit.

Kulit kering merupakan kondisi yang tidak diinginkan oleh setiap orang. Pasalnya, kondisi ini membuat kulit menjadi bersisik, gatal, dan pecah-pecah.

Hanya, hal ini normal, mengingat bahan yang terkandung dalam sabun membuat kulit mudah mengalami kehilangan minyak alami dan air yang terdapat di kulit.

Merawat kulit menjadi satu di antara bagian penting dalam rangkaian aktivitas mencuci tangan. Anda bisa melindungi kulit dari luar dengan menggunakan losion atau krim yang dapat melembapkan dan menyehatkan kulit.

Selain menlindungi kulit tangan menggunakan krim atau lotion, masalah kulit kering dapat diatasi dengan memperhatikan asupan gizi yang Anda konsumsi sehari-hari, termasuk vitamin.

Ada beragam jenis vitamin yang berfungsi melembapkan kulit kering dan menyehatkan kulit Anda secara keseluruhan.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, vitamin yang bisa membantu Anda mengatasi kulit tangan yang kering akibat sering mencuci tangan sebagai upaya pencegahan agar tidak terinfeksi COVID-19, Rabu (1/4/2020).

2 dari 8 halaman

1. Vitamin A

Selama ini vitamin A identik dengan kesehatan mata, Namun, vitamin A juga mampu mencegah kulit kering, keriput, dan kerusakan kulit secara menyeluruh.

Mengonsumsi makanan, seperti wortel, tomat, apel, telur, dan sayuran hijau untuk mendapatkan vitamin A. Selain itu, vitamin A mampu menjaga kulit tetap kencang dan elastis.

3 dari 8 halaman

2. Vitamin C

Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang mampu melindungi kulit dari kerusakan sel akibat sering mencuci tangan. Vitamin C bisa memperbaiki dan mencegah kulit kering.

Makanan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, stroberi, jambu, dan bayam.

4 dari 8 halaman

3. Vitamin E

Mengonsumsi jacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, gandum, dan brokoli yang merupakan sumber vitamin E mampu mengatasi kulit kering. Vitamin E mampu menjaga kelembaban kulit dan meremajakan kulit.

Vitamin E terbukti memperbaiki tekstur kulit.

5 dari 8 halaman

4. Zinc

Kelit pecah-pecah dan kering akibat sering mencuci tangan bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan kaya akan zinc.

Zinc mampu meremajakan sel kulit dan menguatkan kulit dari ancaman kerusakan di masa yang akan datang.

Tiram, kacang-kacangan, kalkun, kepiting, dan daging bisa menjadi makanan yang Anda konsumsi untuk mendapatan zinc.

Selain itu, zinc juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk mencegah masalah kulit seperti eksim yang menjadi kulit kering.

6 dari 8 halaman

5. Omega-3

Omega-3 merupakan jenis asam lemak yang dibutuhkan oleh tubuh, dan tubuh tidak bisa memproduksi sendiri asam lemak ini.

Asam lemak omega-3 bisa Anda dapatkan dari salmon, mackerel, sarden, dan tuna.

Asam lemak omega-3 efektif untuk menjaga kesehatan kulit. Omega-3 mengandung DHA dan EPA yang memiliki sifat antiinflamasi.

7 dari 8 halaman

6. Kolagen

Kolagen adalah satu di antara jenis protein yang banyak terkandung dalam tubuh. Mencukupi asupan kolagen dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit dan terhindar dari risiko kulit dehidrasi sehingga membuat kulit tidak kering.

Anda dapat mencukupi asupan kolagen dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan, seperti susu, telur, sayuran hijau, ikan, dan daging.

8 dari 8 halaman

7. Vitamin D

Vitamin D dikenal sebagai menjaga kesehatan tulang. Tak hanya itu, vitamin D juga mengatasi kulit kering.

Vitamin D dianjurkan untuk penderita psoariasis, kondisi yang dapat menyebabkan kulit menjadi bersisik dan berkarak.

Anda bisa mendapatkan vitamin D dengan berjemur di bawah sinar matahari, selain itu bisa dengan mengonsumsi makanan, seperti sereal, salmon, tuna, dan yogurt.

Sumber: Berbagai Sumber

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer