Sukses


Tak Hanya Melezatkan Masakan, Bawang Bombai Punya 6 Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Bawang bombai adalah satu di antara jenis bawang yang sering dijadikan sebagai campuran masakan. Bawang jenis ini digemari banyak kalangan.

Bawang yang memiliki nama latin Allium Cepa ini, digemari karena memberikan cita rasa enak apabila dicampurkan ke dalam masakan. Makan rasa masakan tersebut akan bertambah lezat.

Bawang bombai seringkali dijadikan sebagai bahan pokok penyedap rasa ketika seseorang membuat masakan, seperti sup, nasi goreang, atau tumis.

Seperti jenis bawang yang lainnya, bawang yang satu ini cukup mudah untuk didapatkan. Anda dapat membelinya di berbagai pasar tradisional dan pusat perbelanjaan.

Rasa dan bau yang cukup kuat membuat seseorang yang ingin mengolah bawang bombai perlu berhati-hati saat mengupas kulit maupun memotong dagingnya.

Bau kuat yang dikeluarkan oleh bawang bombai tersebut dihasilkan karena adanya kandungan sulfur tinggi sehingga dapat memiliki manfaat baik bagi tubuh.

Selain menjadi campuran masakan, bawang bombai memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, beberapa di antaranya adalah dapat menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber, enam manfaat bawang bombai untuk kesehatan tubuh, Selasa (5/5/2020).

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Sistem Imunitas

1. Meningkatkan Sistem Imunitas 

Dengan sistem imun yang kuat, tubuh dapat terhindar dari berbagai macam jenis penyakit. Anda dapat mengonsumsi berbagai macam buah untuk memberikan tambahan kekuatan pada sistem imun.

Namun, selain itu, Anda juga dapat menggunakan bawang bombai.

Bawang bombai memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan bersifat sebagai antioksidan, dengan hal itu, tubuh akan terhindar dari paparan radikal bebas.

Dengan menghindari paparan radikal bebas, sistem imun tubuh akan menjadi lebih kuat dan mampu menangkal berbagai macam jenis penyakit.

2. Mejaga Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan berbagai hal, mulai menjaga pola hidup sehat seperti rajin berolahraga hingga mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi.

Bawang bombai dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung, dengan mengontrol tekanan darah dan menurunkan berbagai risiko serangan jantung.

Bawang bombai mengandung senyawa falovonoid yang dapat membantu kalium dalam tugas dalam mengatur tekanan darah dan mencegah munculnya masalah pada jantung.

Selain itu, sifat antioksidan yang terkandung dalam bawang bombai dapat mengurangi timbulnya peradangan, yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan bermanfaat menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

3 dari 4 halaman

Menjaga Kadar Gula Darah

3. Menjaga Kadar Gula Darah

Jika Anda memiliki kadar gula darah tinggi, ada beberapa risiko, satu di antaranya adalah terkena penyakit seperti diabetes.

Dengan begitu, menjaga kadar gula dalam darah hal adalah sesuatu hal yang penting untuk dilakukan. Mengatur pola makan dan hidup sehat adalah kunci dalam menjaga kadar gula dalam darah.

Anda juga dapat mengonsumsi bawang bombai untuk membantu usaha menjaga kadar gula dalam darah.

Bawang bombai mengandung senyawa kromium yang bertugas dalam menjaga kadar gula dalam darah dan sulfur yang dapat meningkatkan resistensi insulin yang dapat membantu menurunkan gula dalam darah.

4. Menjaga Sistem Pencernaan

Mengonsumsi makanan kaya serat dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan, dengan sistem pencernaan yang sehat kita dapat terhindar dari berbagai masalah seperti diare dan sembelit.

Bawang bombai kaya kandungan serat larut yang dapat memperlancar makanan yang akan dikeluarkan melalui usus. Selain itu bawang bombai memiliki kandungan prebiotik yang dapat merangsang tumbuhnya bakteri baik dalam usus.

Dengan berbagai kandungan yang terdapat pada bawang bombai tersebut, dapat membantu kita dalam menjaga sistem pencernaan dan mengurangi berbagai risiko yang sering terjadi pada sistem pencernaan.

4 dari 4 halaman

Menurangi Rambut Rontok

5. Menurangi Rambut Rontok

Rambut rontok dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti bertambahnya usia atau memiliki kulit kering. Masalah ini harus segera ditangani agar tidak terjadi kebotakan.

Bawang bombai mengandung potasium yang dapat membantu dalam mengurangi berbagai gejala rambut rontok dan mendorong dalam pertumbuhan rambut baru.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Mengonsumsi bawang bombai dalam keadaan mentah atau dalam campuran berbagai masakan dapat membantu mengurangi risiko munculnya kanker.

Bawang bombai memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dari tubuh, menjauhi paparan radikal bebas dapat menurunkan risiko tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

Sumber: Berbagai sumber

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

 

Video Populer

Foto Populer