Sukses


30 Kata-Kata Bijak Helen Keller, Keterbatasan Bukan Sebagai Penghalang

Bola.com, Jakarta - Helen Keller, penulis asal Amerika Serikat dan tokoh kemanusiaan terbesar abad ke-20. Sosok perempuan ini membuktikan bahwa kekurangan bukanlah halangan.

Hellen Kelller juga adalah sosok yang mendobrak batasan dirinya dan pandangan negatif orang lain. Di balik kekurangan dirinya yang buta dan tuli, ia berhasil mengatakan kepada dunia bahwa semua manusia yang terlahir memiliki kelebihan masing-masing.

Di tahun 1903 dirinya menerbitkan sebuah autobiografinya berjudul Story of My Life. Selain itu, karya lainnya dari Helen Keller yaitu The World I Live yang telah diterjemahkan ke dalam 50 bahasa.

Karyanya tersebut cukup terkenal dan tentu banyak pelajaran yang bisa kita dapat dari seorang Helen Keller. Helen Keller lahir di di Tuscumbia, Alabama pada 27 Juni 1880.

Sejak usianya mneginjak 19 bulan dirinya terkena penyakit yang membuatnya menjadi buta dan tuli. Sejak itu ia jadi anak yang liar, keras kepala, kasar, dan cenderung merusak. Pada saat usianya 7 tahun, akhirnya ada juga guru yang sabar menangani Helen Keller.

Guru itu adalah Anne Sullivan. Helen Keller berhasil mendirikan American Foundation for the Blind dan American Foundation for the Overseas Blind.

Dengan keterbatasan yang ia miliki, Helen Keller mampu membuktikan bahwa kekurangan bukanlah halangan untuk berbuat kebaikan dan berkarya. Dia selalu dikenang sebagai contoh kekuatan besar terhadap advokasi bagi orang-orang dengan disabilitas.

Berikut kumpulan kata-kata bijak Helen Keller dirangkum dari Jago Kata, Samurai Jin, dan Kutipan Kata, tentunya banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari beliau, Minggu (28/6/2020).

1. "Dalam setiap keindahan, selalu ada mata yang memandang. Dalam setiap kebenaran, selalu ada telinga yang mendengar. Dalam setiap kasih, selalu ada hati yang menerima."

2. "Di belakang dan didepanku ada Tuhan dan aku tidak takut."

3. "Jangan pernah tundukkan kepalamu. Selalu tegakkan. Lihat dunia dengan matamu."

4. "Berjalan di kegelapan bersama teman lebih baik dari pada berjalan sendirian di dalam terang."

5. "Cinta layaknya setangkai bunga yang tidak boleh aku sentuh, tapi wanginya membuat taman menjadi tempat yang menakjubkan."

6. "Hal-hal terbaik dan terindah di dunia ini tidak bisa dilihat atau disentuh. Semuanya harus dirasakan dengan hati."

7. "Saat salah satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain terbuka. Hanya seringkali kita terpaku begitu lama pada pintu yang tertutup sehingga tak melihat yang telah terbuka untuk kita."

8. "Orang yang paling menyedihkan di dunia ini adalah orang yang mempunyai penglihatan namun tidak memiliki visi."

9. "Jauhkan wajah mu dari sinar matahari dan kamu tidak bisa melihat bayangan.

10. "Aku rindu menyelesaikan pekerjaan besar dan mulia, tapi tugas utamaku adalah untuk menyelesaikan pekerjaan kecil seakan itu pekerjaan besar dan mulia."

11. "Cinta itu seperti seekor kupu-kupu indah yang mungkin tidak dapat kita sentuh, tetapi keindahannya menjadikan sebuah taman tempat yang sangat menyenangkan."

12. "Hasil tertinggi pendidikan adalah toleransi."

13. "Karakter tidak dapat dikembangkan dengan mudah dan tenang. Hanya melalui pengalaman ujian dan penderitaan jiwa dapat diperkuat, ambisi menginspirasi, dan keberhasilan yang dicapai."

14. "Optimisme adalah keyakinan yang mengarah pada pencapaian. Tidak ada yang bisa dilakukan tanpa harapan dan kepercayaan diri."

15. "Toleransi adalah karunia pikiran terbesar, itu membutuhkan upaya pemikirian yang sama ketika menyeimbangkan diri saat bersepeda."

16. "Banyak orang yang salah paham tentang apa yang merupakan kebahagiaan sejati. Itu tidak dicapai melalui kepuasan diri tetapi melalui kesetiaan untuk tujuan yang layak."

17. "Perguruan tinggi bukan tempat untuk mencari ide."

18. "Untukku, sebuah karpet jarum atau rumput yang empuk lebih terhormat daripada permadani Persia yang paling bagus."

19. "Tidak ada seorang pesimis yang pernah menemukan rahasia bintang-bintang, atau berlayar ke daratan yang belum ditemukan, atau membuka cara baru menuju jiwa manusia."

20. "Segala sesuatu memiliki keajaibannya, bahkan kegelapan dan kesunyian, dan aku belajar, dimanapun aku berada, selalu ada kepuasan."

21. "Berjalan dengan seorang teman di kegelapan lebih baik daripada sendirian di dalam cahaya."

22. "Sendirian kita hanya melakukan sedikit, bersama-sama kita bisa melakukan banyak hal."

23. "Hidup adalah sebuah petualangan hebat atau tidak sama sekali."

24. "Dahsyatnya pengalaman seakan berkurang jika tanpa pengorbanan dan perjuangan. Seperti mendaki gunung yang hilang separuh kehebatannya, karena tiadanya lembah gelap  yang dilalui."

25. "Watak tidak bisa dibentuk dengan cara mudah dan diam. Hanya dengan mengalami ujian dan penderitaan, jiwa akan dikuatkan, visi akan dijernihkan dan sukses akan diraih."

26. "Jika hanya ada sukacita di dunia ini, kita tidak pernah belajar sabar dan berani."

27. "Cahaya! Beri aku cahaya!” adalah tangisan tak bersuara dari jiwaku, dan cahaya cinta menyinariku tepat pada saat itu."

28. "Aku jarang memikirkan keterbatasanku dan itu tak pernah membuatku bersedih."

29. "Tempat-tempat tandus antara pikiranku dengan pikiran orang lain pun akhirnya berbunga layaknya mawar."

30. "Empat hal yang perlu dipelajari dalam hidup: berpikir tenang, mencintai dengan tulus, melakukan setiap perbuatan dengan niat mulia, mempercayai Tuhan tanpa keraguan."

 

Sumber: Jago Kata, Samurai Jin, Kutipan Kata

Saksikan Video Pilihan Kami:

Video Populer

Foto Populer