Sukses


25 Kata-kata Mutiara Islam tentang Iri Hati dan Cemburu, Cara Mewawas Diri

Bola.com, Jakarta - Membaca kata-kata mutiara Islam tentang iri hati dan cemburu dapat menghindarkan kamu dari sifat yang tidak baik dan cenderung merugikan diri sendiri tersebut.

Orang-orang yang merasa iri dan cemburu dengan apa yang orang lain miliki dianggap sebagaai orang yang tidak pernah mensyukuri nikmat Allah SWT.

BACA JUGA: Bacaan Doa Untuk Terhindar dari Penyakit Ain Beserta dengan Gejala-gejalanya

Iri hati adalah satu di antara akhlak tidak baik yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Bahkan, hal tersebut adalah hal buruk pertama yang dilakukan oleh setan karena tidak mau bersujud kepada Nabi Adam.

Sifat iri hati dan cemburu yang dimiliki seseorang dapat akan membahayakan dan memberi pengaruh buruk dalam kehidupan. Hal tersebut karena mereka tidak pernah merasa puas dan ingin selalu mengejar yang tidak dimiliki, dan pada akhirnya menimbulkan sifat serakah.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan motivasi dan dorongan agar senantiasa terjauh dari sifat tercela tersebut, kamu dapat membaca kata-kata mutiara Islam tentang iri hati dan cemburu.

Berikut 25 kata-kata mutiara Islam tentang iri hati dan cemburu, seperti dirangkum dari laman Mutiara Islam, Selasa (14/07/2020).

2 dari 4 halaman

Kata Mutiara Islam tentang Iri Hati dan Cemburu

1. "Jauhilah olehmu sifat dengki atau iri hati karena sesungguhnya dengki itu memakan amal kebaikan seperti api memakan kayu bakar."

2. "Merasa iri hati dan cemburu pada orang lain akan membuat hatimu busuk. Mohonlah kepada Allah untuk menambahkan nikmat-Nya kepada mereka, maka kamu akan melihat hatimu bermekaran."

3. "Orang yang merasa cemburu dan iri hati akan selalu sakit, meski tubuhnya tampak sehat."

4. "Hatiku terlalu berharga untuk membiarkan kebencian dan kecemburuan mendapatkan tempatnya."

5. "Cemburu atau iri hati adalah di saat kamu menghitung-hitung nikmat yang dimiliki orang lain dan bukan nikmat yang kamu miliki sendiri."

6. "Ketika seseorang selalu memiliki sesuatu negatif tentangmu untuk dikatakan, secara diam-diam mereka sedang cemburu kepadamu."

7. "Tidak ada harga diri bagi seorang pembohong, tidak ada kenyamanan bagi orang yang selalu merasa cemburu, dan seorang yang kikir tidak akan memiliki teman."

8. "Saat kamu merasa cemburu terhadap seseorang, apa yang sebenarnya kamu lakukan adalah memprotes cara Allah yang telah membagikan rezeki dan nikmat-Nya kepada para hamba-Nya."

9. "Berbahagialah ketika melihat orang lain berhasil melakukan sesuatu dengan baik. Jaga hatimu dari perasaan cemburu, salah satu emosi terburuk yang bisa mengonsumsi dan menghancurkan dirimu."

3 dari 4 halaman

Kata Mutiara Islam tentang Iri Hati dan Cemburu

10. "Sesungguhnya Allah cemburu dan kecemburuan Allah adalah ketika melihat seorang mukmin melanggar apa yang Allah larang."

11. "Jangan membenci satu sama lain, janganlah cemburu satu sama lain, dan jangan menelantarkan satu sama lain. Namun, wahai para hamba Allah, bersaudaralah."

12. "Cemburu itu merepotkan orang lain, tapi sebenarnya menyiksa diri mereka sendiri."

13. "Orang yang terlalu cemburu akan berusaha mencelakakan dan menyakiti orang lain, namun pada akhirnya hanya akan merugikan diri mereka sendiri."

14. "Aku tidak memberikan alasan bagi siapa pun untuk membenciku. Mereka menciptakan drama kecil mereka sendiri karena merasa cemburu."

15. "Ingatlah, mereka yang mencoba menghancurkan kebahagiaanmu, sebenarnya mereka melakukan hal itu karena cemburu. Mereka tidak senang dengan kehidupan mereka sendiri yang menyedihkan."

16. "Siapa pun yang membencimu selalu berada di bawahmu karena sesungguhnya mereka hanya cemburu dengan apa yang kamu miliki."

17. "Orang mukmin tidak akan pernah merasa iri hati atau cemburu."

18. "Cemburu tidak memberi manfaat apa pun kecuali membuktikan harga diri yang rendah dari orang yang memiliki perasaan itu."

4 dari 4 halaman

Kata Mutiara Islam tentang Iri Hati dan Cemburu

19. "Barangkali mereka yang sibuk membicarakan masalahmu adalah orang-orang yang tidak bahagia dengan kehidupan mereka sendiri."

20. "Mohonlah perlindungan kepada Allah dari jeleknya perasaan cemburu. Ingatlah, cemburu adalah penyebab dosa pertama di langit dan bumi."

21. "Cemburu pada orang lain hanya akan menyebabkan kegetiran. Berhentilah memusatkan perhatian pada betapa hebatnya kehidupan mereka dan mulailah memusatkan perhatian pada bagaimana kamu dapat membuat hidupmu menjadi lebih baik.".

22. "Orang-orang yang merasa kurang bahagia, biasanya karena terlalu iri dan mengurusi kehidupan orang lain."

23. "Janganlah merasakan iri dengan keberhasilan yang telah orang lain buat, iri tak membuatmu menjadi seseorang yang sukses dan memiliki kehidupan yang mapan".

24. "Jangan pernah kau hancurkan kebahagiaan orang lain karena perasaan iri yang kamu punya."

25. "Ingatlah bagi kalian orang mukmin, mengingat Allah adalah hal yang lebih baik, bersyukur kepada-Nya akan mengurangi rasa iri yang kamu rasakan."

 

Sumber: Mutiara Islam

Video Populer

Foto Populer