Sukses


7 Makanan dan Minuman yang Cocok Dikonsumsi setelah Berolahraga

Bola.com, Jakarta - Olahraga merupakan aktivitas yang sangat penting demi menjaga kesehatan tubuh. Hanya, aktivitas fisik ini kerap ditinggalkan dan diabaikan dengan berbagai alasan.

Pada dasarnya, tubuh perlu bergerak untuk memaksimalkan fungsi organ. Olahraga menjadi satu di antara cara mudah yang bisa dilakukan di mana saja dan tak mengenal batas usia.

Olahraga bermanfaat bagi kesehatan jantung, memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, mengatur keseimbangan sistem imun, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain olahraga, kamu juga perlu menjaga pola makan yang sehat. Pilihkan makanan yang sehat dan mudah dicerna tubuh setelah berolahraga.

Tak bisa dimungkiri, usai berolahraga kamu akan merasa haus dan lapar. Hal ini membuat kamu kalap dan menyantap apa pun asalkan kenyang.

Padahal, tubuh kamu hanya membutuhkan makanan yang kaya akan protein dan karbohidrat saja untuk menggantikan energi yang hilang.

Berikut Bola.com merangkum makanan dan minuman yang baik dan cocok dikonsumsi setelah olahraga, dikutip dari Brilio dan Merdeka, Kamis (24/9/2020).

2 dari 5 halaman

Air Kelapa dan Susu Cokelat

Air kelapa

Air kelapa merupakan minuman yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga. Hal ini berkaitan dengan kandungan air kelapa yang sangat kaya akan elektrolit dan antioksidan.

Berdasarkan sebuah penelitian, air kelapa memiliki kandungan potasium (elektrolit penting yang hilang dalam keringat yang membantu penyimpanan karbohidrat untuk energi) lima kali lebih banyak dibandingkan dengan minuman olahraga pada umumnya.

Hal itu menjadikan air kelapa sebagai minuman pemulihan alami yang sangat baik.

Susu cokelat

Minuman yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga selanjutnya adalah susu cokelat. Susu cokelat sangat digemari oleh penggiat olahraga angkat beban maupun para atlet lainnya. Rasanya yang enak dan creamy juga sebanding dengan manfaat yang diberikan.

Susu cokelat memberikan tubuh protein, kalsium, serta karbohidrat yang diperlukan untuk proses pemulihan otot dan perkembangan otot, terutama setelah olahraga yang sangat intens.

3 dari 5 halaman

Pisang dan Salat Buah

Pisang

Pisang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Kamu bisa mengonsumsinya sebelum dan setelah olahraga. Pisang mengandung gula alami yang baik untuk memulihkan energi setelah berolahraga.

Molekul yang terkandung di dalam pisang dapat dengan cepat mencapai jaringan otot tubuh dan mengembalikan kadar glikogen yang dibutuhkan.

Salad buah

Mengonsumsi salad buah setelah berolahraga, kamu akan mendapatkan paket lengkap sekaligus, yakni makanan dan minuman.

Salad buah yang terdiri dari beberapa buah-buahan seperti jeruk, beri, melon dan beberapa buah segar lainnya sangat efektif mengembalikan kondisi fisikmu. Kamu juga akan merasa kenyang dan haus pun akan hilang.

4 dari 5 halaman

Roti Isi Telur dan Keju

Roti isi telur

Setelah berolahraga kamu bisa mengonsumsi roti yang berisikan telur.

Kamu bisa merebus telur ceplok sampai matang, memanggang roti, kemudian taruh telur di atas roti. Jika kamu ingin, kamu bisa menambahkan alpukat atau sayuran hijau lainnya.

Keju

Keju kaya manfaat. Pada setiap ons keju mengandung 6 gram protein berkualitas tinggi. Pilihan tepat setelah olahraga untuk makan keju. Tubuh akan menjadi lebih sehat dan pastinya olahragamu tidak akan sia-sia.

5 dari 5 halaman

Air Putih

Air putih

Minuman yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga, aman dan sehat tentunya adalah air putih. Air putih baik untuk mengganti cairan tubuh karena kamu akan makan, itulah mengapa membutuhkan air untuk membawa zat makanan.

Air juga akan membantu kamu menjaga energi, stamina, dan massa otot.

Jangan lupa untuk tetap minum air putih selama dan setelah kamu berolahraga karena tetap saja, tubuh memerlukan cairan dalam jumlah yang cukup besar.

 

 

Disadur dari: Brilio.net (Reporter: Lola Lolita. Published: 8/3/2019), Merdeka.com (Reporter: Rizky Wahyu Permana. Published: 7/10/2019)

 

Yuk, cari tahu artikel kesehatan lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Kalimat Haru Khabib Nurmagomedov Saat Putuskan Pensiun dari UFC

Video Populer

Foto Populer