Sukses


28 Kata-kata Ucapan Selamat Hari Tani Nasional, Ujung Tombak Kedaulatan Pangan

Bola.com, Jakarta - Indonesia menetapkan tanggal 24 September sebagai Hari Tani Nasional. Keputusan ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 5 tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA 1960).

Pertanian membentuk dasar dari masyarakat dan memainkan peran penting dalam pembangunan sosial ekonomi negara. Tanpa kehadiran petani, dunia akan terjadi kelaparan karena tidak ada produsen makanan.

Seiring bertambahnya populasi manusia, beban kerja petani juga makin bertambah. Padahal, tak banyak lagi yang meminati bekerja di sektor pertanian.

Belum lagi dengan risiko gagal panen yang cukup besar karena serangan hama atau cuaca tak mendukung.

Di era modern, sistem pertanian mulai banyak dikembangkan guna meningkatkan persentase hasil panen dan membuat makanan lebih terjangkau.

Ketergantungan Indonesia di sektor pertanian juga terbukti saat pandemi virus corona melanda. Kegiatan ekonomi dari sektor pertanian masih menjadi andalan dan tulang punggung, sementara sektor lain mengalami resesi.

Berikut ini kumpulan kata-kata ucapan selamat Hari Tani Nasional dikutip dari Juproni dan Minews, Kamis (24/9/2020).

2 dari 5 halaman

Kata-kata Ucapan Selamat Hari Tani Nasional

1. "Petani adalah ujung tombak bagi kedaulatan pangan kita. Beri perhatian pada mereka, lindungi mereka dari serbuan import. Semoga petani kita lebih sejahtera."

2. "Yuk, lebih menghargai kerja keras mereka dengan tidak membuang-buang dan menyisakan makanan kita. Ambil secukupnya saja, sisakan untuk saudara kita ya. Petani gembira kita bisa swasembada."

3. "Petani itu guru bangsa mencetak peradaban tanpa pamrih. Tetap bangga, walau seolah jadi warga negara kelas dua. Siang berikhtiar menanam dan merawat tanaman, malam menyiraminya dengan air mata doa. Bangga kami kepadamu, Petani Indonesia."

4. "Entah apa, saya punya cita-cita mempunyai bisnis sampingan menjadi pengusaha beras yang bisa membantu petani Indonesia, membeli sawah-sawah yang sudah banyak dibeli oleh orang asing, jaya terus para petani! Selamat Hari Tani Nasional."

5. "Selamat Hari Tani Nasional kepada seluruh petani di Indonesia. Petani sejahtera Indonesia maju."

6. "Sawah habis di negeri agraris, sibuk membangun lupa berkebun. Ojo isin dadi petani! Selamat Hari Tani Nasional."

7. "Persoalan tidak lagi sektoral karena semua saling berhubungan. Selamat Hari Tani Nasional 2020"

3 dari 5 halaman

Kata-kata Ucapan Selamat Hari Tani Nasional

8. "Bung Karno pernah berkata 'hidup matinya sebuah negara, ada di tangan sektor pertanian negeri tersebut'. Selamat Hari Tani Nasional."

9. "Pak buk, pade bude, palek bulek, selamat hari tani nasional. Kita semua harus bangga jadi petani, mengurusi bagian perbadokan negeri."

10. "Mama Papua itu wanita paling kuat sudah, mulai mengolah kebun, panen hingga, menjual hasilnya dilakukan sendiri. Selamat Hari Tani Nasional, Mama ."

11. "Hari ini dalam sejarah: 24 September 1960, Presiden RI, Soekarno, menetapkan Undang-Undang tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA 1960). Tanggal 24 September kemudian diperingati sebagai Hari Tani Nasional. Selamat Hari Tani Nasional!"

12. "Pembangunan infrastruktur memang jelas patut kita syukuri. Namun, menyaksikan petani kehilangan lahan garapan yang menjadi tempat ia bergantung hidup juga tak bisa kita banggakan."

13. "Bertani bergenerasi. Sebagai seorang anak petani, kita dituntut wajib untuk kembali menggarap apa yang kita punya nantinya setelah selesai menuntut ilmu di bangku perkuliahan. Jabatan lain seperti PNS dan lain sebagainya adalah bonus. Selamat Hari Tani Nasional."

14. "Selamat Hari Tani Nasional untuk seluruh petani Indonesia! Terima kasih atas dedikasinya dalam memberikan hasil tani berkualitas terbaik."

4 dari 5 halaman

Kata-kata Ucapan Selamat Hari Tani Nasional

15. "Jasa petani sangatlah besar bagi suatu bangsa. Selamat Hari Tani Nasional."

16. "Selamat Hari Tani Nasional. Para petani sangat penting sebagai tulang punggung kehidupan dan perekonomian Indonesia. Semoga para petani Indonesia makin sejahtera."

17. "Selamat Hari Tani Nasional 2020. Kami berharap pemerintah konsisten mengembalikan fungsi lahan untuk keberlangsungan hidup dan kesejahteraan petani kita. Jayalah kembali, sang pahlawanku."

18. "Selamat Hari Tani Nasional, semoga ini adalah momentum bagi kita semua."

19. "Selamat Hari Tani Nasional, para petani hebat Indonesia! Semoga pelaku pertanian di Indonesia makin sejahtera demi mewujudkan ketahanan pangan bangsa."

20. "Selamat Hari Tani Nasional! Semoga para petani Indonesia makin sejahtera demi mewujudkan ketahanan pangan bangsa."

21. "Jaya selalu pertanian Indonesia!"

5 dari 5 halaman

Kata-kata Ucapan Selamat Hari Tani Nasional

22. "Selamat Hari Tani Nasional! Mari rayakan hari kebesaran kita sebagai seorang petani, sebagai mahasiswanya petani, sebagai orang tani yang tengah sekolah. Mari kita teriakan dengan lantang Selamat Hari Tani Nasional! Sejahtera petani Indonesia! Jaya pertanian Indonesia!"

23. "Pertanian memang sangat diandalkan dalam hidup dan penghidupan. Sebagai mahasiswa yang peduli lingkungan, kita jaga dari pencemaran demi kebaikan lahan kita juga."

24. "Jangan biarkan pertanian mengering. Karena tidak akan ada pertanian, maka tidak ada kedaulatan di sini. Selamat Hari Tani Nasional!"

25. "Selamat Hari Tani Nasional bagi bapak ibu petani di seluruh Indonesia. Petani Indonesia harus sejahtera di negeri sendiri."

26. "Selamat Hari Tani Nasional, para petani hebat Indonesia! Semoga pelaku pertanian di Indonesia makin sejahtera demi mewujudkan ketahanan pangan bangsa."

27. "Sebagaimana kutipan bijak Sukarno, 'Pangan adalah pilar hidup matinya sebuah bangsa', itulah mengapa petani penjaga pangan bangsa. Jad,i cintai hasil pertanian lokal. Selamat Hari Tani Nasional!"

28. "Pemuda zaman now harus belajar dari ilmu padi. Makin berisi, makin merunduk. Selamat Hari Tani Nasional!"

 

Sumber: Juproni, Minews

 

Yuk, baca artikel kata-kata menarik lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer