Sukses


30 Kata-kata Penyesalan dalam Hidup, Pelajaran Berharga dari Masa Lalu

Bola.com, Jakarta - Kata-kata penyesalan dalam hidup dapat dijadikan sebagai pelampiasan jeritan hati ketika di dalam hidup merasakan penyesalan akibat kejadian di masa lalu.

Rasa menyesal bisa muncul ketika kita terlambat menyadari bahwa kita salah melangkah, keliru dalam membuat keputusan, atau menyia-nyiakan kesempatan.

Menyesal atas suatu kejadian di masa lalu wajar dirasakan, namun hal tersebut tak baik jika terjadi berlarut-larut dan kamu terus meratapi kesalahan tersebut.

Hal itu karena sebaik-baiknya orang, bukanlah orang yang tidak pernah membuat kesalahan, melainkan orang terbaik adalah orang yang pernah berbuat salah, kemudian dia sadar dan memperbaikinya.

Kata-kata penyesalan bisa menjadi ungkapan yang menggambarkan isi hati seseorang akibat perbuatan yang dilakukan di masa lalu.

Selain itu, kata-kata penyesalan dapat menjadi pelajaran agar kamu tidak mengulangi kesalahan yang sama dan memperbaiki diri menjadi lebih baik.

Berikut 30 kata-kata penyesalan dalam hidup, yang menjadi pelajaran berharga, dirangkum dari Kepogaul, Titikdua, dan Karya Pemuda, Rabu (30/9/2020).

2 dari 4 halaman

Kata-kata Penyesalan dalam Hidup

1. "Mengalah untuk kebaikan dan menghindari pertengkaran akan jauh lebih baik dari pada saling mengolok dan ngotot untuk ingin menang sendiri."

2. "Kita sering melihat sesuatu itu lebih berharga, saat kita mengetahui ia sudah hilang dan dimiliki oleh orang lain"

3. "Jangan terlalu senang mempermainkan hati yang benar-benar jatuh cinta kepadamu karena suatu saat nanti, setelah ia memutuskan untuk pergi, kamua= akan menyesalkan hal itu."

4. "Nanti kamu akan sangat merindukan sesuatu hal yang kamu rasakan saat ini, ketika kamu kehilangan momen tersebut."

5. "Siapa yang bermain-main dengan umurnya, maka dia akan menyia-nyiakan hari-hari yang seharusnya digunakan untuk menanam sebuah kebaikan"

6. "Apabila sebuah penyesalan merupakan sebuah pengalaman, maka hikmah adalah sebuah hal besar yang terkandung di dalamnya."

7. "Berhenti menyesali masa lalu karena itu telah berlalu. Yang paling penting adalah keadaan kita saat ini, jangan sampai kesalahan itu terulang kembali."

8. "Tak seorang pun akan memberi apa yang kamu mau, kamu harus berusaha mewujudkan mimpimu. Jangan pernah menyerah atau kamu akan menyesal di kemudian hari."

9. "Manusia diberikan kemampuan untuk memilih, tentukan pilihan dengan hati dan logika, kemudian jalani tanpa ada rasa penyesalan."

10. "Penyesalan itu datangnya selalu di akhir agar kita memiliki waktu yang lebih untuk belajar."

3 dari 4 halaman

Kata-kata Penyesalan dalam Hidup

11. "Satu-satunya waktu yang sudah kita buang adalah waktu yang kita habiskan untuk berpikir bahwa kita sendirian."

12. "Untuk pertama kalinya aku mulai merasakan penyesalan. Perasaan di mana aku berada di antara kasihan pada diri sendiri dan membenci diriku sendiri, tentang seluruh hidupku."

13. "Seandainya saja hidup mempunyai tombol ctrl-z, maka aku ingin kembali ke titik sebelumnya."

14. "Kesalahan terbesarku adalah aku terlalu memercayaimu."

15. "Penyesalan bukan hal yang harus kamu ingat selalu, tapi hal yang harus bisa menjadi pelajaran."

16. "Berjalan lurus ke depan karena di depan ada harapan, tapi jangan berjalan mundur karena di belakang ada penyesalan."

17. "Jangan pernah menoleh ke belakang jika hanya membuatmu menyesal. Dan jangan pula melangkah ke depan jika masih dibayangi rasa ketakutan."

18. "Jangan menoleh ke masa lalu dengan penyesalan. Jangan menatap masa depan dengan penuh kekhawatiran. Namun, lihatlah sekelilingmu dengan penuh kesadaran."

19. "Lebih baik mensyukuri apa yang kita miliki daripada menyesali apa yang tidak kita miliki."

20. "Kapan kita menyesal? Ketika mengabaikan kesempatan yang datangnya hanya sekali."

4 dari 4 halaman

Kata-kata Penyesalan dalam Hidup

21. "Setiap rangkaian cerita itu pasti ada penyesalan, di situlah kita bisa ambil maknanya arti sebuah kehidupan."

22. "Penyesalan tanpa adanya tindakan, hanya akan membuatmu akan lebih bertambah menyesal."

23. "Aku marah karena tak bisa menghentikan penyesalanku, aku marah karena tak ada lagi yang membujukku untuk tenang."

24. "Saat pintu maaf telah tertutup rapat, kesalahan yang lalu tertinggal jauh dalam ingatanku, semua yang terjadi tidak pernah bisa kembali, hanya satu kata yang bisa aku ucapkan atas segala kesalahan, yaitu sebuah kata maaf."

25. "Kelalaian hanya akan menyebabkan sebuah penyesalan di hari esok karena waktu yang telah berlalu tidak akan kembali lagi."

26. "Aku hanya dapat mengerti dan memahami arti dari cinta karena saat ini aku tidak dapat bersama dengan orang yang aku cintai, karena dia telah dimiliki oleh orang yang dia sayangi."

27. "Ada kalanya luka yang kau sematkan membuat penyesalanku terselamatkan. Pada barisan doa-doaku, bahagia untukmu kusempatkan."

28. "Aku bisa bersembunyi dari kesalahanku, tapi tidak dari penyesalanku. Dan mungkin aku dapat bermain dengan dramaku, tetapi tidak dengan karmaku."

29. "Memperbaiki kesalahan di masa lalu adalah cara terbaik untuk memulai melangkah untuk menatap masa depan."

30. "Manusia tidak akan bisa terlepas dari masa lalunya karena terkadang dari sebagian hidupnya adalah masa lalu."

 

Sumber: Kepogaul, Titikdua, Karya Pemuda

 

Yuk, baca juga artikel kata-kata lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer