Sukses


7 Manfaat Mengagumkan Bunga Melati untuk Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Bunga melati merupakan tanaman yang menghasilkan bunga dengan bau harum. Di Indonesia, tanaman ini cukup mudah ditemui. Tak jarang orang menanamnya untuk menghiasi halaman rumah supaya cantik.

Jenis bunga melati ada sekitar 200, namun hanya sekitar sembilan jenis bunga melati yang dibudidayakan masyarakat Indonesia.

Jenis yang sering ditemui adalah bunga melati putih (Jasminum sambac). Bunga ini biasanya dikonsumsi dalam bentuk olahan teh.

Terlepas dari itu, bunga melati telah dimanfaatkan sejak lama untuk kesehatan dan kecantikan. Beragam khasiatnya menawarkan banyak manfaat untuk perawatan kecantikan alami, seperti kulit dan rambut Anda.

Bunga melati banyak diolah menjadi berbagai produk seperti losion dan aromaterapi.

Dilansir dari Womenshealth, menghirup aroma bunga melati memiliki kekuatan untuk melepaskan zat kimia otak yang membuat perasaan nyaman yang meningkatkan energi serta mengurangi kecemasan.

Apa saja khasiat kecantikan yang dimiliki bunga melati?

Berikut beberapa manfaat mengagumkan bunga melati untuk kecantikan yang wajib diketahui, dinukil dari Womenshealth dan Stylecraze, Kamis (12/11/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Bunga Melati untuk Kecantikan

1. Antiseptik alami

Manfaat pertama bunga melati untuk kecantikan, yakni bisa digunakan sebagai antiseptik alami. Bunga melati memiliki kandungan asam benzoat dan benzil benzoat.

Kedua kandungan ini mampu membunuh dan menghambat bakteri dan jamur. Selain itu, bunga melati dapat mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi kemungkinan infeksi.

2. Melembapkan kulit

Bunga melati memiliki kandungan antioksidan. Kandungan ini berfungsi untuk mengembalikan kelembapan yang hilang dari kulit.

Bunga melati juga dapat membuka pori-pori kulit yang tertutup, kemudian melembapkan dan menjadikannya lebih sehat. Bunga melati sangat cocok untuk membantu perawatan kulit kering dan teriritasi. Hal ini sangat bagus untuk mereka yang menderita eksim.

3 dari 4 halaman

Manfaat Bunga Melati untuk Kecantikan

3. Agen antiaging

Manfaat selanjutnya dari bunga melati ialah mampu mencegah proses penuaan dini. Cukup mengoleskan beberapa tetes minyak bunga melati ke area wajah dan leher setiap malam.

Hal itu akan membantu memperlambat proses perkembangan garis halus pada kulit karena dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, yang membantu mengisi ruang yang diciptakan oleh kerutan.

4. Membuat rambut menjadi kuat

Jika Anda memiliki masalah, seperti kebotakan atau rambut rontok, bunga melati bisa menjadi solusinya. Anda perlu mencoba khasiat bunga melati ini sebagai obat herbal untuk perawatan rambut Anda.

Caranya cukup mudah. Siapkan hingga 14 bunga melati, 6 daun mangkokan, 2 pandan wangi, 6 daun urang aring, 1 cangkir minyak kelapa, 50 ml minyak wijen, 10 gr kemiri, 2 buah bunga mawar, dan 4 liter air putih.

Lalu, haluskan semua bahan dan rebus ramuan dengan api kecil selama 20 menit. Setelah itu, dinginkan ramuan tersebut dan oleskan ke area kulit kepala sambil dipijat-pijat secara merata.

Lakukan ini secara rutin sehari dua kali sebelum mandi.

4 dari 4 halaman

Manfaat Bunga Melati untuk Kecantikan

5. Mengobati jerawat

Bunga melati memiliki manfaat khasiat untuk mengobati jerawat. Anda cukup mengolahnya menjadi masker wajah.

Cara membuat masker wajah dengan bunga melati cukup mudah, yakni dengan membersihkan bunga melati, kemudian ditumbuk halus. Setelah itu, dioleskan bunga melati pada wajah berjerawat. Setelah 10-15 menit, dibersihkan dengan air hangat.

Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

6. Menghaluskan kulit

Zaman sekarang banyak perawatan kulit kecantikan dengan menggunakan bunga melati. Bunga melati mampu menghaluskan kulit tubuh.

Anda cukup mengolahnya menjadi lulur. Anda hanya perlu menghaluskan bunga melati dan dicampur dengan minyak zaitun.

Setelah itu, dioleskan pada tubuh dan digosok untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Lakukan seminggu dua kali untuk hasil lebih maksimal.

7. Menjaga kelembaban kulit kepala

Ekstrak melati dapat menjaga kelembapan di kulit kepala Anda. Selain itu, ekstrak melati juga dapat menjaga kulit kepala tetap terhidrasi sekaligus mencegah rambut rontok dan ketombe.

 

Sumber: Womenshealth, Stylecraze

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer