Sukses


10 Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Bahan Alami, Mudah Dipraktikkan di Rumah

Bola.com, Jakarta - Sakit gigi seringkali membuat mood seseorang menjadi buruk. Ada pepatah mengatakan 'sakit gigi lebih sakit daripada sakit hati'.

Sakit gigi membuat kita merasa tidak nyaman, apalagi jika rasa sakit datang di malam hari. Waktu untuk istirahat menjadi terganggu.

Mengalami sakit gigi membuat kita susah makan, bahkan sampai menangis karena tidak betah dengan sakit yang dialami. Sakit gigi merupakan satu di antara masalah pada gigi dan mulut yang paling menyiksa.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab sakit gigi. Biasanya, sakit gigi disebabkan karena adanya lubang.

Jika tidak segera diatasi, lubang tersebut bisa menyebabkan permasalahan lainnya. Untuk mengatasi sakit gigi, kita tidak selalu harus berobat ke dokter gigi.

Ada beberapa cara yang mudah dilakukan dan bahannya pun bisa didapatkan dengan mudah. Banyak tanaman alami yang digunakan sebagai obat sakit gigi. Bahan alami tersebut terbukti lebih efektif dan lebih minim efek samping.

Berikut beragam cara mengobati sakit gigi secara alami, yang bisa dipraktikkan di rumah, dilansir dari Healthline dan Stpetedentist, Jumat (13/11/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Bahan Alami

1. Air garam

Cara mengobati sakit gigi yang pertama adalah menggunakan air garam. Larutan air garam merupakan cara mengobati sakit gigi yang paling populer sejak dahulu.

Air garam mampu menyerap kelembaban dalam mulut. Air garam juga mampu membunuh bakteri penyebab sakit gigi dan mengurangi peradangan akibat infeksi.

Tidak hanya itu saja, air hangat juga bermanfaat untuk menenangkan rasa sakit. Sebelum berkumur, Anda bisa flossing lebih dulu untuk mengeluarkan sisa makanan yang terselip di sekitar gigi yang sakit.

2. Kompres dengan es

Anda dapat menggunakan kompres dengan es untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi Anda. Mengompres dengan es mampu membantu saraf gigi kebas sehingga rasa sakit bisa berkurang.

Kompresan es juga mampu mengurangi pembengkakan dan peradangan. Selain itu, ada cara lain, yakni dengan kompres es di area antara ibu jari dan telunjuk tangan.

Area ini dipercaya memiliki saraf-saraf yang sensitif terhadap rangsangan dingin dan mampu meredakan sakit pada gigi.

3. Bawang putih

Selama ribuan tahun, bawang putih telah dikenal dan digunakan untuk khasiat pengobatannya. Bawang putih berguna sebagai antiseptic alami yang efektif membunuh bakteri.

Membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi, tetapi juga dapat bertindak sebagai pereda nyeri. Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup menumbuk halus 1 siung bawang putih dengan 1/2 sdt garam, lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

3 dari 4 halaman

Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Bahan Alami

4. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh telah digunakan untuk mengobati sakit gigi. Minyak cengkeh efektif mematikan dan mengurangi nyeri dan peradangan di area mulut.

Minyak cengkeh mengandung eugenol, yang merupakan antiseptik alami. Teteskan minyak cengkeh menggunakan kapas pada gigi yang sakit.

Hati-hati dalam menggunakan minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi. Minyak cengkeh yang menetes ke lidah atau gusi yang sensitif, bisa menyebabkan sakit gigi makin parah.

5. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki kandungan antiinflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka. Daun jambu biji bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi.

Kunyah daun biji agar ekstraknya airnya keluar. Daun jambu juga bisa digunakan sebagai obat kumur.

6. Ekstrak vanila

Ekstrak vanili sudah terbukti memiliki khasiat yang dapat membantu meredakan nyeri. Ekstrak vanila memiliki kandungan alkohol alami.

Kandungan alkohol yang ada di dalam ekstrak vanila mampu membunuh bakteri penyebab sakit gigi dan meredakan rasa sakit.

4 dari 4 halaman

Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Bahan Alami

7. Jahe

Ada kandungan antibakteri yang berfungsi memberangus bakteri dalam mulut. Caranya dengan memarut 1 buah jahe. Kemudian peras airnya. Gunakan air perasan jahe untuk berkumur.

8. Kantong teh celup

Anda bisa mengaplikasikan kantong teh dingin atau hangat ke gigi. Tempelkan kantong teh ke gigi Anda.

Kantong teh sangat baik untuk sakit gigi karena sifatnya yang melawan bakteri. Namun, teh dapat menodai gigi Anda, jadi jangan sering-sering menggunakan metode ini.

9. Lemon

Lemon adalah obat sakit gigi yang cukup efektif. Lemon memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang kaya dan mampu meredakan sakit gigi.

Berkumur dengan air perasan lemon dapat diaplikasikan sebagai obat sakit gigi.

10. Daun sirih

Daun sirih merupakan resep tradisional sejak zaman nenek moyang. Daun sirih telah terbukti ampuh sebagai cara mengobati sakit gigi.

Daun sirih berguna sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, serta sebagai antiseptik alami. Anda bisa menggunakannya dengan cara dikunyah atau merebusnya kemudian digunakan untuk berkumur.

 

Sumber: Healthline, Stpetedentist

 

Dapatkan kumpulan artikel cara kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer