Sukses


8 Cara Merawat Kucing Persia agar Bulu Lembut dan Sehat

Bola.com, Jakarta - Semua orang setuju bahwa memelihara kucing tidak mudah. Hewan peliharaan yang satu ini membutuhkan perawatan dan perhatian ekstra dari sang pemilik.

Dari banyaknya jenis kucing yang ada, kucing jenis Persia disebut sebagai satu di antara kucing yang sering dipelihara. Kucing yang berasal dari nama lama Iran ini terkenal menggemaskan.

Tubuh kucing Persia umumnya gemuk, tambun, dan besar. Bentuk hidungnya juga lebih pesek dan berwajah bulat.

Bulu panjang adalah ciri utama yang membuatnya tampil beda. Kucing Persia termasuk kucing yang dikenal manja, lembut, tenang, dan mudah beradaptasi di lingkungan baru.

Tak heran jika memelihara kucing Persia jadi favorit banyak orang. Sangat penting untuk mengetahui tips memelihara kucing Persia supaya masalah kesehatan dapat diketahui dan dirawat lebih awal.

Buat Anda pencinta kucing dan ingin memelihara kucing jenis ini, lebih baik intip tips memelihara kucing Persia berikut ini.

Berikut cara merawat kucing Persia, disadur dari Liputan6, Rabu (30/12/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Cara Merawat Kucing Persia

1. Gunakan mangkuk makan yang rendah

Meski sifatnya aksesoris, menggunakan mangkuk yang rendah akan lebih baik saat memberi makan kucing Persia demi menjaga kebersihan rumah. Kucing Persia yang memiliki wajah yang datar dan hidung yang pendek akan lebih menyukai mangkuk yang datar dengan pinggiran yang sangat rendah atau tanpa pinggiran sama sekali.

Hindari pemakaian bahan plastik untuk mangkuk makan kucing Persia karena dapat menjadi tempat tumbuh bakteri. Selain itu, cari tempat makan yang juga mempunyai tempat minum dan letakkan tempat makan di posisi yang sama.

Hal ini mempermudah kucing untuk bisa mengenal di mana ia bisa mencari makanannya.

2. Gunakan pellet kayu sebagai alas

Hindari menggunakan bahan yang dapat menempel pada kaki atau bulu kucing. Kucing Persia memiliki bulu yang panjang dan cantik karena itu sangat penting untuk menjaga kebersihannya.

Pellet kayu dapat menjadi pilihan terbaik untuk alas kandang kucing Persia karena bahan ini tidak menggumpal dan tidak menempel pada kucing. 

3 dari 5 halaman

Cara Merawat Kucing Persia

3. Biasakan menyikat bulu kucing Persia sejak kecil

Kucing Persia identik dengan bulunya yang lucu dan indah. Menyikat bulu kucing juga menjadi satu di antara cara untuk merawat bulunya. Sebab, kucing mempunyai kemampuan yang minim untuk merawat bulu mereka sendiri.

Biasakan untuk menyikat bulu kucing Persia sejak usia dini. Dengan begitu, kucing Persia akan lebih dapat menyesuaikan diri dan terbiasa dengan aktivitas ini.

Jika tidak dilakukan sejak dini, dikhawatirkan kucing Persia tidak menyukai saat Anda menyikat bulunya, karena tidak terbiasa dengan hal ini. Akibatnya, Anda akan mengalami kesulitan dalam merawat bulunya.

4. Gunakan sikat bulu berbahan logam

Menyikat bulu kucing Persia secara teratur setiap hari, penting untuk dilakukan. Hal ini agar bulu kucing Persia tetap terlihat cantik dan tidak kusut.

Pilihlah jenis sikat terbaik untuk kucing Persia Anda. Sikat dengan berbahan logam dengan ujung meruncing dan yang tidak terlalu rapat, akan membantu merapikan bulu yang kusut.

Sediakan beberapa sikat untuk digunakan secara bergantian.

4 dari 5 halaman

Cara Merawat Kucing Persia

5. Jaga kebersihan hidung kucing

Hidung kucing Persia yang lebih pendek dapat lebih mudah untuk menjadi tersumbat karena kotoran. Hal ini dapat menyebabkan kucing sulit bernapas dan dapat memicu infeksi saluran pernafasan. Untuk itu, pastikan untuk membersihkan hidung kucing Persia secara teratur.

Anda dapat menggunakan cotton bud yang telah dibasahi dengan air hangat untuk membersihkan hidung kucing.

6. Vaksinasi kucing Persia secara teratur

Kucing Persia juga butuh vaksin. Kucing ini lebih rentan terhadap infeksi saluran pernapasan jika dibandingkan kucing jenis lain.

Hal ini disebabkan kucing Persia tidak memiliki lapisan filter ekstra pada hidung untuk menyaring bakteri. Untuk menjaga kucing Persia dari infeksi saluran pernapasan, lakukan kontrol berkala ke dokter hewan.

Pemberian vaksinasi ini akan meningkatkan daya tahan tubuh kucing. Jadi, ia aman dari serangan virus atau penyakit lainnya.

5 dari 5 halaman

Cara Merawat Kucing Persia

7. Bersihkan mata kucing Persia secara teratur

Mata kucing Persia dapat memproduksi air mata yang berlebihan. Jiak air mata tidak dibersihkan, dapat merusak bulu pada wajah dan dapat menimbulkan iritasi.

Cara membersihkan mata kucing Persia adalah dengan kain atau tissue, dengan metode menyeka air mata yang berlebihan pada mata kucing. Setidaknya bersihkan mata kucing Persia sehari sekali secara teratur.

8. Memandikan kucing Persia

Cara merawat kucing Persia selanjutnya adalah dengan memandikan kucing. Anda diwajibkan memandikan kucing ketika terlihat kotor saja.

Untuk memandikannya bisa dengan menggunakan jasa pet shop yang biasanya bisa memandikan sekaligus memberika perawatan yang lengkap. Anda juga bisa memandikannya sendiri.

Namun, untuk memandikannya, Anda harus mulai dari penggunaan air yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Penggunaan sampo yang tepat sampai cara memotong kuku kucing yang tepat juga harus diperhatikan agar kucing kembali cantik ketika sudah di mandikan.

Jarak waktu untuk memandikannya pun bisa satu minggu sekali, dua minggu sekali bahkan satu bulan sekali tergantung kondisi dari kucingnya.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Afifah Cinthia Pasha. Published: 15/3/2019.)

 

Dapatkan kumpulan artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer