Sukses


7 Manfaat Air Kelapa bagi Kecantikan, Jangan Anggap Sepele

Bola.com, Jakarta - Manfaat air kelapa bagi kecantikan kulit patut Anda perhatikan, terutama yang perhatian pada hal kecantikan.

Kebanyakan orang mengonsumsi air kelapa untuk melepaskan dahaga ketika cuaca panas. Air kelapa memiliki rasa yang enak dan menyegarkan.

Air kelapa mempunyai kalori yang sangat rendah, rendah natrium, dan mengandung kalium yang tinggi.

Selain itu, air kelapa mengandung karbohidrat yang sangat mudah untuk dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit. Kandungan air kelapa lebih tinggi dibandingkan jika Anda memakan empat buah pisang.

Selain bagus untuk tubuh, Air kelapa bisa menjaga kecantikan kulit.

Berikut manfaat air kelapa bagi kecantikan kulit, disadur dari Klikdokter, Selasa (5/1/2021).

2 dari 3 halaman

Manfaat Air Kelapa bagi Kecantikan

1. Menghidrasi Kulit

Manfaat air kelapa untuk kulit yang pertama ialah dapat menghidrasi kulit. Pernahkah Anda merasa bagian kulit kaki dan tangan lebih terasa kering ketimbang bagian wajah? Jika iya, ada kemungkinan kulit tubuh Anda kekurangan cairan.

Selain minum banyak air putih, Anda bisa mengonsumsi air kelapa karena mengandung vitamin C yang bisa menyehatkan kondisi kulit Anda. Agar hasilnya optimal, bantulah juga dengan membatasi durasi waktu mandi dengan air panas terlalu lama. Batasi hanya 5-10 menit saja.

Selain itu, menggunakan tabir surya dan menghindari paparan langsung sinar matahari juga sebaiknya Anda lakukan. Jangan lupa untuk menggunakan pelembap sehabis mandi karena kulit yang lembap akan mengunci losion atau krim pelembap lebih lama ketimbang dipakai saat kondisi kulit benar-benar kering.

2. Memberikan Energi bagi Kulit

Satu di antara manfaat air kelapa untuk kulit adalah dapat memberikan energi untuk kulit. Jika Anda sedang menjalani diet dengan menghindari asupan karbohidrat, sebaiknya lebih berhati-hati. Pasalnya, tidak mendapatkan cukup karbohidrat dapat memengaruhi struktur dan penampilan kulit.

Namun, dalam satu cangkir air kelapa mengandung 10 gram karbohidrat. Bila dikonsumsi, karbohidrat ini akan diubah menjadi glukosa oleh tubuh melalui proses metabolisme di dalam saluran cerna. Maka bila Anda mengonsumsi air kelapa, struktur kulit akan berangsur membaik.

3. Menjaga dan Melindungi Elastisitas Kulit

Seperti yang sudah dikatakan di atas, air kelapa mengandung banyak vitamin C. Sedangkan, tubuh membutuhkan asupan vitamin C yang cukup untuk memproduksi kolagen dan antioksidan agar bisa menangkal radikal bebas.

Maka, dengan meminum air kelapa dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda dan kulit pun akan menerima manfaatnya.

Bila Anda tidak menyukai rasa asam yang biasanya ditimbulkan pada buah yang mengandung vitamin C, air kelapa bisa menjadi alternatif yang menyegarkan.

3 dari 3 halaman

Manfaat Air Kelapa bagi Kecantikan

4. Menstabilkan Suhu Tubuh

Konsumsi air kelapa dapat membantu mengatasi dehidrasi. Saat seseorang mengalami dehidrasi, beberapa gejala yang bisa muncul adalah peningkatan suhu tubuh, kulit terasa kering, dan badan lemas.

Dengan konsumsi air kelapa, dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang ketika mengalami dehidrasi, menstabilkan suhu tubuh yang meningkat, sekaligus membuat kulit lebih lembap.

5. Melembapkan Kulit dan Bibir yang Kering

Manfaat air kelapa selanjutnya adalah dapat melembapkan kulit serta bibir yang kering. Gunakan juga VCO (Virgin Coconut Oil) untuk melembapkan kulit yang kering sambil dipijat dengan perlahan.

6. Sebagai Masker Rambut

Siapa sangka, air kelapa untuk kecantikan baik untuk kesehatan rambut. Ya, Anda dapat menggunakan air kelapa sebagai masker rambut untuk mengembalikan kilau dan kekuatan rambut Anda. Setelah menggunakannya selama 15 menit, segera dibilas sampai bersih.

7. Mengatasi Wajah Kusam

Minyak kelapa bisa membantu menghilangkan kekusaman pada wajah. Untuk pria, oleskan sebelum atau sesudah bercukur agar kulit tidak mengalami iritasi.

 

Sumber: Klikdokter

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer