Sukses


9 Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan, Mencegah Risiko Depresi dan Baik untuk Jantung

Bola.com, Jakarta - Minyak zaitun atau olive oil telah digunakan semenjak dahulu sebagai campuran makanan dan obat herbal. Minyak ini berbahan baku buah zaitun.

Minyak jenis ini memiliki lemak yang lebih baik dibandingkan minyak biasa, seperti minyak sayur dan minyak kelapa. Minyak zaitun kerap dianggap sebagai minyak tersehat yang memiliki banyak manfaat.

Minyak yang berasal dari tanaman asli Mediterania ini mengandung banyak senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh, antara lain vitamin E, vitamin K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak jenuh) phenolic, dan zat besi.

Minyak alami yang diekstrak dari zaitun ini juga merupakan sumber polifenol yang baik. Senyawa inilah yang memberikan perlindungan pada sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dari segi medis, minyak zaitun berkhasiat mengatasi dan mencegah penyakit-penyakit tertentu. Sudah tidak diragukan lagi jika minyak zaitun memang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Untuk mengonsumsinya, Anda dapat meminumnya secara langsung. Namun, agar memiliki rasa yang lebih lezat, minyak zaitu dapat dicampurkan ke dalam salad atau roti lapis.

Penasaran manfaat apa saja dari minyak zaitun? Berikut manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui, dilansir dari Medicalnewstoday dan Healthline, Rabu (6/1/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan

1. Mengurangi kemungkinan penyakit kardiovaskular

Kandungan polifenol dalam minyak zaitun dapat menawarkan perlindungan dari penyakit kardiovaskular, aterosklerosis, stroke, disfungsi otak, dan kanker.

2. Mencegah sindrom metabolik

Sindrom metabolik merupakan suatu kondisi yang ditandai oleh sekelompok faktor risiko yang meningkatkan risiko penyakit, termasuk obesitas tekanan darah tinggi, dan kadar gula darah tinggi.

Mengonsumsi minyak zaitun dapat mencegah meningkatnya fitur sindrom dan memproduksi kolesterol baik (HDL).

3. Mengurangi risiko depresi

Minyak zaitun dapat melindungi sistem saraf dan dapat berguna untuk mengobati depresi dan kecemasan. Orang yang kerap mengonsumsi lemak trans, yakni merupakan lemak tidak sehat, dapat meningkatkan depresi.

Sementara mereka yang mengonsumsi lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun, akan lebih sehat.

3 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan

4. Mencegah dan membunuh sel kanker

Menurut penelitian yang dipublikasikan pada 2019, minyak zaitun mengandung zat yang dapat membantu mencegah kanker kolorektal. Fitonutrien minyak zaitun juga bisa mengurangi risiko kanker payudara dan mencegah kekambuhannya.

Tes laboratorium telah menemukan bukti kandungan antioksidan dalam minyak zaitun dapat membantu melindungi tubuh dari peradangan, kerusakan oksidatif, dan perubahan epigenetik.

5. Mencegah penyakit alzheimer

Memasukkan minyak zaitun ke makanan dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer. Ini mungkin karena dampak perlindungannya pada pembuluh darah di otak.

Alzheimer’s disease atau dementia adalah penyakit lupa ingatan yang menghantui sekitar 60-80 persen orang lanjut usia di dunia. Minyak zaitun mengandung kaya oleocanthal yang dapat membantu memperlambat atau menghentikan perkembangan penyakit ini.

Oleocanthal merupakan senyawa fenolik yang terjadi dalam minyak zaitun.

6. Baik untuk kesehatan hati

Minyak zaitun dapat membantu mencegah atau memperbaiki kerusakan hati. Terutama berkat kandungan asam oleat dan senyawa fenoliknya untuk membantu mencegah peradangan, stres oksidatif, resistensi insulin, dan perubahan lain yang dapat menyebabkan kerusakan hati.

4 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan

7. Membantu mencegah stroke

Tidak diragukan lagi khasiat minyak zaitun bagi kesehatan memang sangat banyak. Satu di antara manfaatnya bisa membantu mencegah stroke.

Jenis penyakit ini berbahaya, yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kelumpuhan dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Stroke disebabkan terganggunya aliran darah ke otak, baik akibat penggumpalan darah atau pendarahan.

Sebuah studi menunjukan minyak zaitun adalah satu-satunya sumber lemak tak jenuh tunggal yang bisa mengurangi risiko stroke. Mengonsumsi minyak zaitun mampu mencegah Anda mengalami risiko penyakit stroke.

8. Menjaga kesehatan jantung

Kaya akan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal, minyak zaitun berkhasiat menjaga kesehatan dan mencegah penyakit jantung. Minyak zaitun mampu menurunkan peradangan, mencegah kolesterol, memperbaiki pembuluh darah, dan mencegah pembekuan darah.

Penyakit jantung adalah penyebab kematian paling umum di dunia. Penelitian menunjukkan penyakit jantung jarang terjadi di negara-negara sekitar kawasan Mediterania karena masyarakatnya kerap menggunakan minyak zaitun.

9. Menjaga berat badan

Kandungan antioksidan yang tinggi pada minyak zaitun dapat membantu pengolahan lemak dalam tubuh yang bisa berdampak baik untuk menjaga berat badan.

Kemampuan minyak zaitun untuk menurunkan berat badan terletak pada kandungan lemak tak jenuh tunggal dan medium chain triglycherides (MCT) yang dimilikinya.

Dalam studi selama 30 bulan di lebih dari 7.000 mahasiswa Spanyol, mengonsumsi banyak minyak zaitun tidak terkait dengan peningkatan berat badan.

Selain itu, satu studi tiga tahun pada 187 peserta menemukan diet minyak zaitun mampu meningkatkan kadar kandungan antioksidan dalam darah serta penurunan berat badan.

 

Sumber: Medicalnewstoday, Healthline

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer