Sukses


36 Kata-Kata Mutiara Bijak Pendewasaan, Melatih Kesabaran

Bola.com, Jakarta - Kata-kata mutiara bijak pendewasaan bisa membuatmu menjadi lebih baik. Menjadi manusia dewasa memang bukan perkara mudah.

Perlu keterbukaan hati dan pikiran agar bisa bersikap dengan tenang ketika mendapat masalah. Ciri-ciri orang dewasa, seperti mau mengalah, bersikap tenang, pengertian, bisa memahami orang lain, dan memiliki konsep pemikiran yang terarah.

Sebaliknya, orang-orang yang belum dewasa memiliki ciri-ciri egois, mudah marah, tidak pedulian, dan mau menang sendiri.

Satu di antara cara untuk mengetahui diri kita sudah dewasa atau belum adalah dengan memahami kata-kata mutiara bijak pendewasaan. Kata-kata tersebut berisikan hal-hal positif yang bisa dijadikan perenungan untuk masa depan lebih baik.

Berikut kumpulan kata-kata mutiara bijak pendewasaan, bagus untuk melatih kesabaran, dikutip dari Sepositif dan Jagokata, Kamis (4/3/2021).

2 dari 7 halaman

Kata-Kata Mutiara Bijak Pendewasaan

1. "Permintaan maaf tidak selalu membuktikan kita salah, tapi itu menunjukkan kedewasaan kita."

2. "Waktu adalah jalan yang akan menuntun kita menjadi lebih dewasa."

3. "Terkadang Tuhan mengenalkan padamu orang yang membuatmu menangis agar engkau mensyukuri orang yang membuatmu tertawa."

4. "Sikap dewasa atau kekanak-kanakan seseorang akan terlihat ketika dia sedang menghadapi suatu masalah, bukan dari tua atau mudanya usia."

5. "Ikhlas menerima kesalahan dan belajar dari setiap kesalahan karena itu yang akan menjadikanmu kuat dalam menjalani kehidupan."

6. "Jangan pernah Anda menghina masa lalu seseorang karena Anda tidak tahu bagaimana masa depannya nanti."

3 dari 7 halaman

Kata-Kata Mutiara Bijak Pendewasaan

7. "Sikap dewasa itu bukan hanya dari bisa berbicara dengan pikiran tenang, tapi juga harus bisa menyelesaikan masalah yang ada, bukan malah mengabaikannya."

8. "Dewasa itu bukan berapa umurnya, tetapi seberapa bisa ia mengontrol, mengendalikan, dan bertanggung jawab atas dirinya dan orang lain."

9. "Bila kita merasa letih karena berbuat kebaikan, maka sesungguhnya keletihan itu akan hilang dan kebaikan akan kekal. Bila kita bersenang-senang dengan dosa, kesenangan itu akan hilang dan dosa yang akan kekal."

10. "Ketahuilah, kebahagiaan bukanlah milik mereka yang masih berharap, meski terus terluka serta masih berusaha, meski terus kecewa."

11. "Jangan memaksakan diri untuk bertahan yang terus-terusan membuatmu kecewa karena bisa jadi kamu sangat berharga bagi orang lain."

12. "Hidup tak pernah lepas dari masalah karena masalah adalah satu cara Tuhan menjadikanmu pribadi yang lebih kuat dan dewasa."

4 dari 7 halaman

Kata-Kata Mutiara Bijak Pendewasaan

13. "Terkadang, kamu berpikir seseorang telah berubah tanpa kamu menyadari hal itu terjadi karena dia sudah mulai bersikap dewasa."

14. "Jangan membenci mereka yang berbicara buruk kepadamu karena merekalah yang buatmu makin kuat tiap hari."

15. "Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Jika kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah dan teruslah melangkah."

16. "Beranjak tua itu pasti, tetapi menjadi dewasa, bijaksana, dan berprestasi itu pilihan." - Bambang Pamungkas

17. "Kejadian besar selalu bisa membuat orang cepat dewasa. Mereka tidak bisa menghindar, tidak bisa melawan. Mereka hanya bisa memeluk semua kesedihan, memeluknya erat-erat." - Tere Liye

18. "Cinta itu layaknya sebuah persahabatan yang bergairah. Awalnya, sangat indah, seringkali panas dan kejam, tapi tetap saja bercahaya dan gemerlap. Seiring cinta bertumbuh, hati kita makin dewasa dan cinta kita menjadi bara, yang menyala-nyala dan tak terpadamkan." - Bruce Lee

5 dari 7 halaman

Kata-Kata Mutiara Bijak Pendewasaan

19. "Tak peduli seperti apa hidupmu, kamu selalu punya pilihan untuk melihat dari sisi baiknya atau buruknya."

20. "Kadang kala seseorang menilai kedewasaan seseorang dari kata-kata yang keluar dari mulutnya, padahal dewasa sesungguhnya tersimpan di pikirannya."

21. "Dewasa itu mengajarkan kita sesuatu yang benar dan tidak akan mengulangi hal-hal yang salah sebelumnya."

22. "Kedewasaan kadang mengajarkanmu bahwa hidup tak selamanya berjalan sesuai dengan keinginan."

23. "Sudah biasa menghadapi penyesalan dan sudah siap menghadapi penyesalan penyesalan berikutnya, yang Insyaallah mendewasakan."

24. "Kedewasaan seseorang tidak diukur dalam cara berbicara dan tindakannya. Tapi, kedewasaan seseorang dapat diukur sampai sejauh mana dia bisa setia dan tulus hanya pada satu orang saja. Itulah arti kedewasaan dalam percintaan."

6 dari 7 halaman

Kata-Kata Mutiara Bijak Pendewasaan

25. "Aku yakin setiap masalah yang pernah terjadi memberikan kita kedewasaan yang lebih. Dari situ aku belajar bahwa kebersamaan itu penting."

26. "Kedewasaan dilihat dari bagaimana seseorang mengelola rasa marahnya, bahkan kepada orang yang membuatnya begitu kecewa."

27. "Kedewasaan kadang mengajarkanmu bahwa hidup tak selamanya berjalan sesuai dengan keinginan."

28. "Berhasil mengalahkan egomu, menjadikanmu dewasa. Berhasil mengalahkan orang lain, menjadikanmu pemenang. Tapi, memberhasilkan orang lainlah yang menjadikanmu pemimpin." - Mario Teguh

29. "Makin aku tumbuh dewasa, makin aku kurang mempedulikan apa yang orang katakan. Aku hanya memperhatikan apa yang mereka lakukan." - Andrew Carneige

30. "Dewasa adalah saat kita disakiti orang lain, namun berusaha memahami situasi mereka, bukan malah membalasnya."

7 dari 7 halaman

Kata-Kata Mutiara Bijak Pendewasaan

31. "Tanda kedewasaan pribadi secara utuh jika kita berhasil menentukan pilihan berdasarkan iman dan cinta."

32. "Kualitas sebuah pembicaraan adalah tidak dinilai dari seberapa banyak kamu berbicara. Namun, seberapa banyak orang yang memahami apa yang kamu bicarakan."

33. "Jangan pernah membenci Tuhan karena tidak memenuhi apa yang kamu inginkan. Bersyukurlah kepada-Nya karena Dia mampu memberikan apa yang kamu butuhkan selama ini."

34. "Mendoakan orang yang mencintai dan mengasihimu, itu ketulusan. Mendoakan orang yang menyakiti dan membencimu, itu kedewasaan."

35. "Dibutuhkan kedewasaan untuk memahami pemikiran orang dewasa. Dan masalah adalah jalan untuk mendewasakan diri."

36. "Biarkan luka yang mendewasakanku. Biarkan perih yang melatih kesabaranku."

 

Sumber: Sepositif, Jagokata

Yuk, baca artikel kata-kata mutiara bijak lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer