Sukses


39 Kata-Kata Inspirasi Bijak Islami Seputar Sedekah, Tuntunan di Bulan Ramadan

Bola.com, Jakarta - Kata-kata inspirasi bijak Islami seputar sedekah dapat kamu jadikan sebagai motivasi untuk berbuat baik kepada sesama. Terlebih lagi di saat bulan suci Ramadan, di mana perbuatan baik yang lakukan akan mendapatkan ganjaran yang berlipat ganda oleh Allah SWT.

Dalam menjalani kehidupan, kita harus saling membantu dan memberi karena kita tidak dapat melakukan segala hal sendirian.

Memberikan sedekah dan berbuat amal termasuk keutaman beribadah kepada Allah. Dengan menjalankannya, kamu bisa mendapatkan rida dan rahmat dari-Nya.

Islam mengajarkan bahwa dengan bersedekah kepada orang yang membutuhkan, akan mendorong kita menuju pintu surga. Allah SWT juga berjanji akan mempermudah segala urusan yang kita kerjakan apabila kita rajin dalam melakukan sedekah.

Melalui kata-kata inspirasi bijak Islami tersebut kamu akan memahami bahwa beramal atau bersedekah tidak hanya dapat dilakukan dengan harta atau uang.

Kamu dapat bersedekah kepada orang yang membutuhkan melalui bentuk materi lain, seperti makanan, tenaga, atau waktu yang kamu miliki.

Berikut 39 kata-kata inspirasi bijak Islami seputar sedekah, tuntunan di bulan Ramadan, dikutip dari Awakenthegreatnessswithin dan Myislam, Senin (26/4/2021).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Inspirasi Bijak Islami Seputar Sedekah

1. "Sedekah yang disembunyikan akan memadamkan kemurkaan Allah, silaturahmi akan menambah umur, dan melakukan kebaikan akan menjaga dari berbagai kejelekan yang menimpa." - Shahih Jami’

2. "Memberi, bahkan ketika kamu tahu kamu tidak bisa mendapatkan apa-apa kembali." - Yasmin Mogahed

3. "Sedekah tidak perlu menunggu kaya, hanya perlu menyisihkan sebagian saja dari yang kamu punya."

4. "Ketika engkau bersedekah, engkau bukan sedang menghabiskan uang, tapi engkau sedang mentransfernya untuk dirimu sendiri di waktu yang akan datang." - Dr. Muhammad Abdullah al-Wuhaibi

5. "Di antara golongan yang mendapatkan naungan Allah di hari kiamat nanti adalah seseorang yang bersedekah dan menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya." - HR. Bukhari

6. "Amal yang kamu berikan akan menjadi naunganmu pada hari penghakiman." - Nabi Muhammad SAW

7. "Amal adalah obat yang efektif dan tindakan orang-orang dalam kehidupan mereka saat ini akan terlihat di kehidupan berikutnya."

8. "Manfaat pertama yang bisa dirasakan dari bersedekah adalah untuk si pemberi sedekah itu sendiri, yaitu dia melihat perubahan dalam diri dan sikapnya, merasakan kedamaian, serta melihat senyuman di wajah orang lain."

9. "Beri amal tanpa penundaan karena hal itu bisa menghalangi bencana."

10. "Ketika Allah memberimu nikmat secara finansial, jangan tingkatkan standar hidupmu, akan tetapi tingkatkan standarmu dalam bersedekah."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Inspirasi Bijak Islami Seputar Sedekah

11. "Jangan berpaling dari orang miskin, meski yang bisa kamu berikan kepadanya hanya setengah kurma. Jika kamu mencintai orang miskin dan membawa mereka di dekatmu, maka Tuhan akan membawamu mendekati Dia pada hari kiamat. "

12. "Nabi Muhammad (SAW) bersabda: 'Bayangan orang beriman pada hari kiamat akan menjadi amal kasihnya'."

13. "Tidaklah seorang Muslim menanam suatu pohon, tidak pula menanam suatu tanaman, kemudian pohon atau tanaman tersebut dimakan oleh burung, manusia atau binatang melainkan akan menjadi sedekah baginya."

14. "Pengampunan adalah pemberian amal terbesar dalam Islam."

15. "Memerintahkan untuk melakukan perbuatan baik dan mencegah orang lain melakukan kejahatan adalah tindakan amal."

16. "Berbahagialah orang yang bisa memberi tanpa mengingat-ingat dan orang yang mengambil tanpa melupakan (yang memberinya)." 

17. "Pengeluaran seorang untuk keluarganya adalah perbuatan sedekahl." - Nabi Muhammad SAW

18. "Jangan menahan uangmu karena jika kamu melakukannya, Allah akan menahan berkahnya darimu." - Nabi Muhammad SAW

19. "Sedekahmu tidak akan diterima hingga kamu meyakini bahwa, 'Kebutuhanku akan pahala jauh lebih besar daripada kebutuhan seorang pengemis yang membutuhkan uang'."

20. "Mengucapkan kata-kata yang baik juga termasuk sedekah."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Inspirasi Bijak Islami Seputar Sedekah

21. "Beri sedekah tanpa penundaan karena itu menghalangi malapetaka." - Tirmidzi

22. "Berinfaklah dan jangan menghitung-hitungnya sehingga Allah juga akan menghitung-hitung rezeki-Nya kepadamu. Dan janganlah kamu tahan hartamu (enggan bersedekah) sehingga Allah juga akan menahan rezeki-Nya kepadamu." - Hadis

23. "Sebagai seorang beriman, aku tidak boleh lupa bahwa kebutuhanku untuk bersedekah akan selalu jauh lebih besar daripada kebutuhan mereka yang menerima sedekah dariku." - Nouman Ali Khan

24. "Seseorang bukanlah orang beriman yang mengisi perutnya sementara tetangganya lapar." - Nabi Muhammad SAW

25. "Sedekah menghapus dosa seperti air memadamkan api." - Nabi Muhammad SAW

26. "Setiap amal kebaikan bernilai sedekah." - Hadis

27. "Ucapan yang baik dan pengampunan lebih baik daripada kasih amal yang diikuti dengan luka. Dan Allah bebas dari kebutuhan dan kesabaran." (Qur'an 2: 263)

28. "Jika Anda melakukan perbuatan sedekah secara terbuka, itu adalah baik; Tetapi, jika Anda memberikannya kepada yang membutuhkan secara diam-diam, itu akan menjadi lebih baik untuk Anda." - (Qur'an 2: 271)

29. "Allah bukannya tidak adil dengan membuat beberapa orang kaya dan yang lainnya miskin, itu adalah cara Allah untuk menguji keadilan orang-orang yang Dia beri lebih banyak."

30. "Berikanlah dengan sedekah karena kain kafanmu tidak akan memiliki kantong untuk membawa kekayaanmu." - Syekh Ahmad Musa Jibril

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Inspirasi Bijak Islami Seputar Sedekah

31. "Kekayaan sejati seseorang adalah kebaikan yang dilakukannya di dunia ini." - Nabi Muhammad SAW

32. "Jika kamu ingin berdoa kepada Allah untuk kebutuhan hidup yang lebih baik, maka pertama-tama berikanlah sesuatu dalam sedekah."

33. "Tersenyum di wajah saudaramu adalah tindakan sedekah." - Nabi Muhammad SAW

34. "Jika kamu berinfak kepada seseorang, berterima kasihlah kepada mereka. Kamu mungkin sudah membantu memperbaiki urusan dunia mereka, tapi mereka juga memperbaiki urusan akhiratmu."

35. "Sedekah tidak menurunkan kekayaan." - Nabi Muhammad SAW

36. "Mereka yang membelanjakan uang untuk sedekah akan mendapatkan pahala yang berlimpah." - (Qur'an 75:10)

37. "Jangan merasa malu jika memberi sedikit untuk sedekah; itu karena selalu ada kebaikan dalam memberi tidak peduli seberapa kecil." - Ali Ibn Abi Thalib 

38. "Berikanlah sedekah! Karena sedekah itu ibarat sungai yang mengalir. Kamu hanya akan terus memperoleh manfaat dari air bersihnya."

39. "Yang terbaik di antara Anda adalah mereka yang membawa manfaat terbesar bagi banyak orang." 

 

Sumber: Awakenthegratnesswithin, Myislam

Yuk, baca artikel kata-kata Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer