Sukses


35 Kata-Kata Kutipan Islami dari Al-Qur'an dan Hadis, Petunjuk Kehidupan

Bola.com, Jakarta - Ada berbagai hal yang dapat kamu jadikan sebagai inspirasi dalam memaknai kehidupan, satu di antaranya kata-kata kutipan Islami dari Al-Qur'an dan hadis.

Melalui kata-kata indah Islami yang datang dari pedoman hidup Muslim tersebut, kamu dapat belajar memahami makna hidup yang sesungguhnya.

Dalam menjalani kehidupan, tidak selamanya akan berjalan mulus. Adakalanya kita mendapatkan ujian hidup.

Sebagai umat Muslim yang dirahmati Allah, kita harus mampu menghadapi segala permasalahan yang datang dengan penuh kebijaksanaan.

Perjuangan dalam hidup memang tidak mudah, namun percayalah, Allah tidak akan memberikan suatu masalah melebih kemampuan umat-Nya.

Agar selalu istiqamah berjalan di jalan-Nya, kamu dapat berpegang teguh kepada pedoman hidup yang diberikan oleh Allah dan Rasul-Nya, yaitu Al-Qur'an dan hadis.

Di dalam Al-Qur'an dan hadis sudah tertulis dengan jelas segala hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia di bumi. Berpegang dengan dua hal tersebut akan membuat hidup akan terasa lebih ringan.

Berikut 35 kata-kata kutipan Islami dari Al-Qur'an dan hadis, yang dapat kamu baca dan jadikan petunjuk dalam menjalani kehidupan, seperti dikutip dari laman Myislam dan Tongkronganislam, Kamis (13/5/2021).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Kutipan Islami dari Al-Qur'an dan Hadis

1. "Sungguh kamu sekalian akan mengikuti sunnah orang-orang sebelum kamu sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta sehingga walau mereka masuk ke sarang biawak, niscaya kamu sekalian akan mengikuti mereka." - HR. Muslim

2. "Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau lemah." - HR. Muslim

3. "Aku berlindung dengan rida-Mu dari murka-Mu, aku berlindung dengan ampunan-Mu dari siksa-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari jauh dengan-Mu." - HR. Muslim

4. "Demi Allah, apabila Allah memberi hidayah kepada seseorang karena ajaranmu, maka itu bagimu lebih baik daripada kekayaan ternak yang merah-merah." - HR. Bukhari dan Muslim

5. "Sesungguhnya syafa'atku diperuntukkan bagi umat-Ku yang sama sekali tidak berbuat syirik kepada Allah." - HR. Ahmad

6. "Aku tinggalkan untuk kalian dua perkara. Kalian tidak akan sesat selama berpegangan dengannya, yaitu kitabullah (Al-Qur'an) dan sunnah Rasulullah SAW." - HR. Muslim

7. "Tidak ada suatu amalan yang paling dicintai Allah dari bani Adam ketika Hari Raya Iduladha selain menyembelih hewan kurban." - HR. Tirmidzi

8. "Semua amal anak adam dilipatgandakan 10 kali lipat hingga 700 kali atau sesuai yang Allah kehendaki." - HR. Muslim

9. "Siapa yang keluar untuk menuntut ilmu maka dia berjuang fi sabilillah hingga dia kembali." - HR. Tirmidzi

10. "Ketahuilah bahwa kemenangan bersama kesabaran, kelapangan bersama kesempitan, dan kesulitan bersama kemudahan." - HR Tirmidzi

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Kutipan Islami dari Al-Qur'an dan Hadis

11. "Dan engkau akan melihat gunung-gunung, yang engkau kira tetap berdiri di tempatnya, padahal dia berjalan seperti awan berjalan." (Q.S An-Naml: 88)

12. "Mudah-mudahan Allah menimbulkan kasih sayang antaramu dengan orang-orang yang kamu musuhi di antara mereka. Dan Allah adalah Maha Kuasa. Dan Allah Maha pengampun lagi Maha penyayang." (Q.S Al-Mumtahanah: 7)

13. "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (Q.S Ar-Ra’d: 11)

14. "Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan, 'Kami telah beriman' sedang mereka tidak diuji lagi?" (Q.S Al-'Ankabut: 2)

15. "Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." (Q.S Ali Imran: 139)

16. "Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang luput dari kamu dan tidak pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai terhadap orang yang sombong dan membanggakan diri." (Q.S Al-Hadid: 23)

17. "Dan barangsiapa berbuat kesalahan atau dosa, kemudian dia tuduhkan kepada orang yang tidak bersalah, maka sungguh dia telah memikul suatu kebohongan dan dosa yang nyata." (Q.S An-Nisa': 112)

18. "Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkanmu, kendatipun kamu berada dalam benteng yang tinggi dan kukuh." (Q.S An-Nisa: 78)

19. "Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya di hadapan dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah." (Q.S Ar-Ra'd: 11)

20. "Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu apa pun, dan Dia memberimu pendengaran, penglihatan, dan hati agar kamu bersyukur." (Q.S An-Nahl: 78)

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Kutipan Islami dari Al-Qur'an dan Hadis

21. "Allah telah mengunci hati dan pendengaran mereka (kafir), penglihatan mereka telah tertutup dan mereka akan mendapat azab yang berat." (Q.s Al-Baqarah: 7)

22. "Wahai orang-orang beriman, penuhilah janji-janji. Hewan ternak dihalalkan bagimu, kecuali yang akan disebutkan kepadamu dengan tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang berihram (haji atau umrah). Sesugguhnya Allah menetapkan hukum sesuai dengan yang Dia kehendaki." (Q.s Al-Maaida: 1)

23. "Sungguh, Allah adalah Tuhanku dan Tuhanmu, jadi sembahlah Dia. Itu adalah jalan yang lurus." (Q.s Ali Imran: 51)

24. "Laki-laki bertanggung jawab atas perempuan berdasarkan apa yang Allah berikan satu atas yang lain dan apa yang mereka belanjakan dari kekayaan mereka." (Q.s Ali Imran: 34)

25. "Sungguh, mereka yang beriman dan melakukan perbuatan benar akan memiliki taman yang di bawahnya mengalir sungai yang merupakan pencapaian besar." (Q.s Al-Buruj:11)

26. "Allah yang memiliki apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi, celakalah bagi mereka yang ingkar kepada Tuhan karena siksaan yang sangat berat." (Q.s Ibrahim:2)

27. "Dan di antara tanda-tanda kebesaran-Nya ialah tidurmu pada waktu malam dan siang hari, dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan." (Q.s Ar-Rum:23)

28. "Sungguh, setan itu tidak ada kekuasaannya atas orang yang beriman dan bertawakal kepada Tuhan." (Q.S An-Nahl: 99)

29. "Setan itu memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, padahal setan itu hanya menjanjikan tipuan belaka kepada mereka." (Q.S An-Nisa’: 120)

30. "Dan adapun orang-orang yang takut pada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal mereka." (Q.S An-Nazi’at: 40-41)

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Kutipan Islami dari Al-Qur'an dan Hadis

31. "Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barakah dan keberuntungan." - HR At-Thabrani dan Al-Bazzar

32. "Hai orang-orang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat) dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan." (Q.S Al-Hasyr: 18)

33. "Tidak halal bagi seorang Muslim tidak bertegur sapa dengan saudaranya sesama Muslim lebih dari tiga hari. Yakni mereka bertemu saling membuang muka. Di antara mereka yang paling baik adalah yang lebih dahulu memberi salam." - HR Bukhari

34. "Seorang Muslim adalah apabila seorang Muslim lainnya selamat dari gangguan mulut dan tangannya. Dan seorang mukmin adalah apabila manusia merasa terpelihara darah dan harta kekayaan mereka dari kejelekannya." - HR Nasa'i

35. "Tidaklah seorang Muslim menanam tanaman kemudian tanaman itu dimakan oleh burung, manusia, atau hewan, kecuali baginya dengan tanaman itu adalah sedekah." - HR Bukhari dan Muslim

 

Sumber: Myislam, Tongkronganislam

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer