Sukses


Contoh-Contoh Teks Ulasan Lengkap Beserta Strukturnya

Bola.com, Jakarta - Teks ulasan atau resensi adalah teks yang mengulas isi, kelebihan, dan kekurangan buku, film, atau teks lain yang telah diterbitkan oleh sang pembuat. Teks ulasan umumnya ditulis dalam bentuk artikel.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ulasan adalah kupasan, tafsiran, atau komentar. Sedangkan mengulas mempunyai arti berupa memberikan penjelasan, komentar, menafsirkan dalam bentuk pendapat dan sebagainya.

Adapun karya-karya yang biasanya diulas adalah karya sastra, artikel, hingga karya seni. Tak hanya itu, teks ulasan juga digunakan untuk mengulas sebuah peristiwa atau sebuah kegiatan yang sedang dilaksanakan.

Fungsi teks ulasan ini tentunya untuk menimbang, menilai, serta mengajukan kritik terhadap karya atau peristiwa yang diulas tersebut.

Struktur teks ulasan sendiri terdiri dari: judul, pendahuluan/orientasi, isi resensi/ulasan, penilaian (kelebihan dan kekurangan), rangkuman/kesimpulan.

Berikut ini beberapa contoh teks ulasan lengkap beserta strukturnya, seperti dilansir dari laman Sahabatnesia dan Made-blog, Rabu (2/6/2021).

2 dari 5 halaman

Contoh Teks Ulasan Buku

Orientasi

  • Judul buku: Cinta Brontosaurus
  • Penulis: Raditya Dika
  • Penerbit: Gagas MediaT
  • ahun terbit: 2006

Isi Resensi/Ulasan

Seorang penulis bernama Dika baru saja putus cinta dari Nina. Sejak itu, dia percaya bahwa cinta ada kedaluwarsanya. Namun, Kosasih yang merupakan agen naskah Dika berusaha membangkitkan kepercayaan Dika kembali terhadap cinta. Usaha ini menempatkan Dika pada perkenalan dan perjumpaan absurd dengan berbagai wanita.

Hingga tanpa disengaja Dika berjumpa dengan Jessica yang ternyata memiliki jalan pemikiran sama anehnya dengan Dika. Di sisi lain, Dika mendapatkan tawaran film dari bukunya yang berjudul 'Cinta Brontosaurus'.

Namun, masalah lain datang ketika naskahnya harus diubah menjadi genre film horor yang saat itu sedang tenar. Padahal, buku itu mengisahkan pengalamannya memahami cinta.

Penilaian

Tampilan buku ini sangat menarik dengan cover yang terlihat ceria. Isi buku cukup mengaduk emosi pembacanya dengan gabungan kisah komedi, cinta, hingga kehidupan sehari-hari.

Bahasa dalam buku ini sangat menggambarkan kehidupan anak muda zaman sekarang yang terbiasa dengan bahasa gaul. Sementara kekurangannya, pada akhir cerita masih mengambang dan banyak kata vulgar.

Kesimpulan

Di balik segala kelebihan dan kekurangannya, buku ini mengundang minat banyak orang karena nama besar penulisnya. Sisi humor Raditya Dika dituangkan dalam buku ini dan mampu menghibur setiap pembacanya.

3 dari 5 halaman

Contoh Teks Ulasan Film

Judul Film: 5 CM

Orientasi

Film ini merupakan karya yang diadopsi dari novel nasional best seller. Novel 5 CM merupakan karya Donny Dhirgantoro. Rizal Mantovani kemudian menjadi sutradara pada film yang bergenre drama inspiratif ini.

Film ini dirilis pada 2012. Beberapa tokoh atau pemeran utama, yaitu Herjunot Ali (Zafran), Fedi Nuril (Genta), Denny Sumargo (Arial), Igor Saykoji (Lan), Raline Syah (Riani), dan Pevita Pearce (Adinda).

Isi Resensi/Ulasan

Film ini menceritakan kisah persahabatan, cinta, nasionalisme, dan impian tentang masa depan. Rasa nasionalisme dan cinta pada negeri digambarkan dengan apik melalui film ini. Sederhana, namun pas. Ada banyak nilai-nilai kehidupan yang disampaikan. Banyak ide-ide cemerlang dituangkan dalam bentuk cerita yang seru.

Tokoh utama pada film ini sudah menjalin persahabatan cukup lama. Mereka punya sifat dan karakter yang berbeda-beda. Suatu ketika, mereka berkumpul di rumah Arial dan berkomunikasi tentang persahabatan mereka. Seketika, Genta berinisiatif dan memberikan ide agar mereka tidak bertemu dalam kurun waktu yang ditentukan.

Akhirnya, mereka sepakat dan memutuskan untuk berpisah sementara, tidak ada komunikasi dan tidak ada pertemuan dalam kurun waktu tiga bulan. Mereka sepakat untuk bertemu kembali pada waktu dan tempat yang ditentukan.

Akhirnya mereka bertemu pada tanggal 17 Agustus untuk melakukan perjalanan agar lebih mencintai Indonesia. Mereka merayakan kemerdekaan di Gunung Semeru, puncak tertinggi Jawa.

Mereka mendaki bersama dengan rombongan lainnya. Rasa haus, lapar, dan lelah terbayar saat mereka sampai di puncak. Mereka mengibarkan Bendera Merah Putih pada hari kemerdekaan di tempat yang sungguh indah. Gunung Semeru menjadi saksi persahabatan dan nasionalisme mereka.

Pengalaman tersebut sangat berharga dan membekas di hati. Suatu hal yang tidak pernah terlupakan. Mereka menghadapi segala rintangan karena mereka punya impian. Impian yang diletakkan tepat 5 cm di depan kening.

Penilaian

Film ini disampaikan dengan sangat inspiratif. Perjalanan demi mengibarkan Sang Saka Merah Putih dimunculkan dengan sangat apik. Keindahan alam Indonesia ditampilkan. Kekayaan Indonesia terpancar dalam film ini. Judul filmnya sederhana, namun sangat membekas dalam ingatan. Karakter setiap tokoh menggambarkan perbedaan, namun tetap bersatu.

Rangkuman

Film ini bagus untuk pemuda pemudi Indonesia. Ada banyak hikmah yang bisa diambil dari setiap kejadian. Pesan dalam film ini, antara lain adalah mengajarkan untuk pantang menyerah dan terus bermimpi hingga pada akhirnya bisa meraih mimpi tersebut.

4 dari 5 halaman

Contoh Teks Ulasan Lagu

Judul lagu: Heal The World

Orientasi

Heal The World adalah sebuah lagu yang dirilis pada tahun 1991 oleh King of Pop dunia, Michael Jackson. Heal The World dirilis dalam sebuah album yang berjudul 'Dangerous' dengan cover album yang bergambar tangan mengangkat bumi yang penuh dengan perban luka.

Isi Resensi / Ulasan

Heal The World dalam bahasa Indonesia berarti Menyembuhkan Bumi. Lagu dengan durasi mencapai 6 menit 22 detik ini menceritakan tentang keinginan dan harapan agar manusia bisa menjadikan bumi sebagai tempat yang lebih baik bagi generasi berikutnya.

Lagu ini menyerukan ajakan perdamaian dan mengampanyekan kehidupan yang berdasarkan cinta serta kasih sayang antarumat manusia.

Pada awal lagu, penonton dan pendengar disuguhi dengan adegan anak kecil yang membaca sebuah syair. Anak kecil tersebut membacakan syair mengenai generasi muda yang ingin melihat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi keturunan mereka kelak. Anak kecil itu berpikir bahwa manusia dapat menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih baik.

Jika manusia mau berusaha, manusia bisa melihat kebahagiaan tanpa merasakan ketakutan atau kengerian. Cinta saja cukup untuk membuat dunia ini tumbuh lebih baik. Lirik dalam lagu ini memberitahukan bahwa perang yang terus berlangsung tak akan pernah membuat dunia menjadi lebih baik.

Penilaian

Saat pertama mendengarkan lagu ini, pendengar akan disuguhi alunan melodi musik yang menyentuh jiwa. Alunan melodi pop melankolis yang disusun oleh Michael Jackson benar-benar membuat atmosfer pendengarnya terbangun dan tersentuh.

Michael Jackson kemudian menyuguhkan lirik dengan makna yang begitu mendalam. Tak ada seorang pun yang tak tergugah ketika mendengarkan lirik lagu ini.

Namun, kelemahan lagu ini terletak pada durasinya yang terlalu lama. Bagi orang yang bukan fans fanatik sang King of Pop, mendengarkan lagu ini yang lama dengan lirik bagian akhir yang terus diulang-ulang akan menimbulkan kebosanan.

Rangkuman

Lagu ini benar-benar memiliki makna dan emosi yang mendalam. Liriknya benar-benar menggugah kembali dan mempertanyakan di mana rasa kemanusiaan kita selama ini.

Di tengah perang yang terus berkecamuk demi ambisi kekuasaan, misalnya di Timur Tengah, lagu ini memotivasi kita untuk merenungkan kembali apa arti kedamaian yang sesungguhnya.

5 dari 5 halaman

Contoh Teks Ulasan Film

Judul film: Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk

Orientasi

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk adalah sebuah film adaptasi dari sebuah novel klasik Indonesia karya Buya Hamka. Film ini dirilis pada 19 Desember 2013. Film tersebut dibintangi artis berbakat, seperti Herjunot Ali, Pevita Pearce, dan Reza Rahardian. Film ini disutradarai Sunil Soraya dan menjadi satu di antara karya suksesnya pada 2013.

Isi Resensi / Ulasan

Film ini menceritakan tentang liku kehidupan Zainudin pada 1930 yang berlayar dari Makassar ke Batipuh, yang merupakan tanah kelahiran ayahnya. Di sana ia bertemu dengan Hayati dan langsung jatuh hati. Namun, kisah cinta mereka terhalang perbedaan suku, derajat ekonomi, serta takdir yang lebih membawa Hayati untuk dinikahi oleh Aziz.

Penilaian

Film berdurasi 2,5 jam ini memperlihatkan situasi Indonesia pada 1930an, namun usaha untuk menampilkan atmosfer klasik dalam film ini kurang berhasil. Alur cerita terkesan lambat dan ada beberapa bagian yang terasa kurang menarik.

Beberapa konflik kurang memuncak dan berujung datar kembali. Penggunaan lagu Nidji juga dirasa kurang pas karena melodi yang digunakan terkesan modern.

Rangkuman

Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan seperti dari alur cerita yang terlalu lambat, visual effect yang kurang bagus, dan lain sebagainya, film ini masih tetap layak untuk ditonton. Penggunaan kata-kata yang pas dan kostum apik membuat film ini menjadi satu di antara yang terbaik pada 2013. Kata-kata puitis sepanjang film membuatnya menarik untuk ditonton dan menambah khasanah pengetahuan.

 

Sumber: Sahabatnesia, Made-blog

Video Populer

Foto Populer