Sukses


35 Kata-Kata Inspirasi Bijak Islami tentang Menghadapi Cobaan dalam Hidup

Bola.com, Jakarta - Kata-kata inspirasi bijak Islami tentang menghadapi cobaan dapat kamu baca serta hayati untuk mempertebal kesabaranmu dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup.

Melalui kata-kata inspirasi bijak Islami tersebut, kamu akan lebih memahami bahwa cobaan adalah bagian dari kehidupan yang harus kita hadapi.

Cobaan memang tidak dapat kita hindari begitu saja, akan tetapi seberat apa pun cobaan itu, coba untuk menghadapinya dengan tenang dan penuh kesabaran.

Berserah diri dan memohon pertolongan dari Allah SWT juga perlu kamu lakukan ketika cobaan datang, karena hanya Dia yang dapat membantu kita di saat masa sulit.

Ujian dan masa sulit dari Allah SWT bisa datang kapan saja. Namun, itu semua bergantung kepada dirimu bagaimana cara menghadapinya. Apakah kamu akan menjadi lebih baik atau menjadi tambah buruk oleh ujian dan masa sulit tersebut.

Kamu dapat selalu mengucap istigfar dan hamdalah pada saat menghadapi masalah. Hal tersebut akan menguatkanmu dan membantumu bertahan dari cobaan yang sedang kamu hadapi hingga semuanya berlalu dari kehidupanmu.

Berikut 35 kata-kata inspirasi bijak Islami tentang menghadapi cobaan, yang dapat mempertebal kesabaran, dikutip dari Theislamicquotes, Rabu (9/6/2021)

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Inspirasi Bijak Islami

1. "Jangan biarkan cobaan yang menimpa, menghancurkan hidupmu. Dengan sabar dan iman, kamu harus bisa melewatinya dan menjadi orang yang lebih baik." 

2. "Jangan pernah menjadikan sebuah masalah menjadi beban hidup. Jadikanlah masalah tersebut sebagai acuan untuk kamu bisa maju."

3. "Kesabaran bukan berarti diam tak bergerak saat ditimpa musibah. Tapi, sabar adalah aktif bergerak mencari kebaikan saat musibah datang."

4. "Tetaplah tersenyum ketika sedang sedih dan memaafkan ketika dikecewakan karena Allah menyukai orang mampu bersabar ketika menghadapi cobaan.

5. "Di dalam hidup yang perlu kamu lakukan adalah berusaha dan berdoa kepada Tuhan dan hasilnya tergantung dengan apa yang telah kamu lakukan."

6. "Berdoalah, Allah mendengarmu. Bersabarlah karena Allah akan menjawab doamu pada waktu yang tepat."

7. "Musibah bagaikan air keruh, makin kau aduk makin keruh. Maka bersabar dan tenanglah dalam menghadapi masalah karena sebentar lagi dia akan jernih."

8. "Berusahalah dengan sebuah harapan yang kamu impikan dan dampingilah usaha tersebut dengan kesabaran dan keikhlasan."

9. "Sabar terhadap orang lain adalah cinta, sabar terhadap diri sendiri adalah harapan, dan sabar terhadap Allah SWT adalah keyakinan."

10. "Petunjuk tidak bisa dicapai kecuali dengan pengetahuan dan arah tujuan yang benar tidak bisa dituju kecuali dengan kesabaran." 

 

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Inspirasi Bijak Islami

11. "Orang yang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tapi orang yang terus istikamah di tengah godaan."

12. "Untuk semua kepedihan yang kau alami, bersabar dan bertahanlah karena Allah tahu di mana batas kemampuanmu."

13. "Allah menjadikanmu seorang Muslim karena Ia ingin melihatmu di surga, yang perlu kamu lakukan adalah kamu pantas untuk itu."

14. "Kita tidak akan pernah tahu bagimana menyembah-Nya sebelum kita mulai dengan bagaimana mencintai-Nya."

15. "Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit."

16. "Cinta tak pernah meminta untuk menanti. Ia mengambil kesempatan, atau mempersilakan. Yang pertama adalah keberanian, yang kedua adalah pengorbanan."

17. "Bagimu agamamu, bagiku agamaku karena sesungguhnya tidak ada paksaan dalam beragama."

18. "Kegagalan adalah cara Allah untuk mengatakan 'bersabarlah karena aku memiliki sesuatu yang lebih baik untukmu saat waktunya tiba'."

19. "Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapa pun karena yang menyukaimu tidak butuh itu, dan yang membencimu tidak percaya itu."

20. "Janji Allah tak pernah mengecewakan dan bila kamu masih merasa kecewa, mungkin ada yang salah dengan imanmu."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Inspirasi Bijak Islami

21. "Masa-masa sulit sering kali mengungkapkan warna asli orang yang kita percayai sepenuh hati. Kita disakiti orang yang kita cintai, tapi kita tidak boleh membenci orang yang menyakiti kita. Sebaliknya, kita harus berjanji kepada diri sendiri kita tidak akan pernah menyakiti orang seperti ini selamanya."

22. "Betapapun gentingnya keadaan itu, kita harus selalu percaya kepada kekuatan Allah SWT bahwa Dia telah menulis yang terbaik untuk kita dan kapan yang terbaik untuk kita."

23. "Setelah engkau memohon kepada Allah untuk membimbingmu ke jalan yang lurus, jangan hanya berdiri di sana. Mulailah melangkah."

24. "Daripada merasa tertekan memikirkan hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan, lebih baik berdoa saja kepada Allah yang mahamengendalikan dan temukanlah kedamaian."

25. "Allah mahatahu apa yang terbaik untukmu dan kapan saat yang tepat bagimu untuk memilikinya."

26. "Allah SWT ingin kita mensyukuri segala nikmat yang telah dianugerahkan kepada kita, sebagai orang yang selalu bersyukur menerima pahala yang lebih banyak daripada orang yang tidak bersyukur. Namun, jika seseorang terus mengeluh padahal memiliki segalanya, pasti Allah SWT akan menghukumnya."

27. "Terkadang kamu mungkin berpikir bahwa segala sesuatu tidak berjalan sesuai harapan. Tapi, kamu lupa bahwa Allah telah mengatur segalanya dengan benar."

28. "Allah tidak akan pernah membiarkanmu kosong. Dia akan mengganti semua yang telah hilang. Jika Dia memintamu untuk meletakkan sesuatu, itu karena Dia ingin supaya kamu meraih sesuatu yang lebih besar."

29. "Ketika hal-hal baik terjadi, ucapkan Alhamdulillah. Ketika hal-hal buruk terjadi, ucapkan Alhamdulillah, karena sesungguhnya Allah selalu mengujimu."

30. "Kita tidak boleh mengeluh atas tragedi yang terjadi di masa lalu karena kehidupan dunia ini hanya sementara."

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Inspirasi Bijak Islami

31. "Kita sebagai Muslim harus memahami bahwa Allah SWT memiliki kepercayaan penuh kepada kita, meski kita tidak memiliki keyakinan pada diri kita sendiri. Allah SWT tidak akan membebani jiwa kita lebih dari yang dapat ditanggung."

32. "Kita tidak boleh putus asa selama kita mendapat dukungan Allah SWT dan Dialah Yang Maha Esa yang dapat membuat apa pun terjadi."

33. "Allah SWT mencintai ciptaan-Nya lebih dari yang dapat kita bayangkan. Oleh karena itu, kita harus memiliki keyakinan penuh bahwa jika Dia tidak memberi apa yang kita inginkan, Dia akan memberikan apa yang terbaik untuk kita."

34. "Kesulitan adalah bagian dari hidup dan harus ditangani dengan kesabaran. Jika kita mendapatkan semua yang kita inginkan di dunia ini maka Allah SWT tidak akan mengabulkan keinginan kita di akhirat."

35. "Allah SWT memberikan pahala yang murah hati kepada mereka yang tetap sabar pada saat-saat sulit. Oleh karena itu, kita harus belajar untuk tidak panik agar dapat menerima pahala kita."

  

Sumber: Theislamicquotes

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer