Sukses


20 Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa Beserta Artinya, Unik dan Menarik

Bola.com, Jakarta - Hari ulang tahun merupakan hari yang mungkin tidak dapat dilupakan bagi setiap orang. Hari ulang tahun adalah hari kelahiran seseorang.

BACA JUGA: Kata-Kata Ucapan Ulang Tahun Romantis Islami Dengan Penuh Doa Baik Dan Harapan

Di momen ulang tahun, biasanya seseorang akan mendapatkan ucapan selamat dari orang-orang terdekat. Dalam ucapan selamat ulang tahun biasanya sarat akan doa, harapan serta curahan hati.

Bila ingin memberikan ucapan selamat ulang tahun yang unik dan menarik, kamu bisa menggunakan kata-kata dalam bahasa Jawa.

Tak ada salahnya memberikan kata-kata ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Jawa di momen membahagiakan tersebut.

Kamu bisa menyampaikan ucapan selamat ulang tahun menggunakan bahasa daerah untuk sahabat, orang tua, pacar, dan orang terkasih lainnya.

Ada banyak sekali ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Jawa yang bisa kamu berikan di hari spesial mereka.

Berikut ini kumpulan ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Jawa lengkap dengan artinya, dikutip dari Mudahdicari dan Lenteramata, Selasa (29/6/2021).

2 dari 5 halaman

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa Beserta Artinya

1. "Sugeng ambal warsa panjenengan, mugi-mugi tansah pikantuk rizki ingkang wiyar, bathi murah, umur ingkan dhowo, tambah diwasa lan tansah dilindungi Allah SWT."

(Selamat ulang tahun, semoga diberikan rezeki yang lancar, berkah yang murah, umur yang panjang, makin dewasa dan selalu dalam lindungan Allah SWT)

2. "Kulo nderek bungah dateng ingkang ambal warsa, mugi-mugi tansah pinaringi iman ingkang kuat, rizki ingkang berkah lan kesarasan lahin lan batos."

(Saya ikut berbahagia kepada yang berulang tahun, semoga diberikan iman yang kuat, rezeki yang berkah dan kesehatan lahir dan batin)

3. "Bade ngaturaken suka cita kagem njenengan ingkang tanggap warsa, mugi-mugi langkung sae kajenenganipun sae saupakara miyos ugi batos."

(Ingin mengucapkan suka cita untuk kamu yang bertambah umurnya, semoga masa-masa indah menjadi baik)

4. "Sugeng ambal warsa, mugi gusti tinansah paring binerkahan lan yuswo ingkang panjang ugi kajembaran rezekinipun."

(Selamat ulang tahun, semoga Allah memberikan keberkahan dan umur yang panjang serta rezeki yang lapang)

5. "Rahajeng tanggap warsa ngasta priyantun yuswa adalem gandrung, mugi-mugi Allah salajeng nyaosaken kasasaran ugi rezeki ingkang melimpah."

(Selamat bertambah umur, semoga Allah memberikan banyak rezeki yang berlimpah)

3 dari 5 halaman

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa Beserta Artinya

6. "Ngaturaken ambalwarsa dumateng, mugi-mugi Gusti Allah paring rahmat dateng panjenengan lan mugi nopo ingkang panjenengan angsal ridho sangking Allah SWT."

(Kami ucapkan selamat ulang tahun, semoga Allah SWT memberikan rahmat kepadamu dan semoga apa yang kamu lakukan mendapatkan rida Allah)

7. "Selamet ulang tahun cah ayu atau cah bagus, mugo-mugo Gusti Allah ngabul aken cita-citamu sedanten lan diadohno seko sekabehane malapetaka."

(Selamat ulang tahun anak cantik atau anak ganteng, semoga Allah SWT mengabulkan semua cita-citamu dan dijauhkan dari segala bahaya)

8. "Sugeng ambal warsa bro atau sist, mugo Gusti Allah SWt maringi sekabehane sing kowe karepno. Iki doaku kanggo awakmu pokoke sig terbaik sekabehane."

(Selamat ulang tahun bro atau sist, semoga Allah SWT memberikan semua yang kamu harapkan. Ini doaku untuk kamu, intinya yang terbaik untuk seluruhnya)

9. "Selamet ulang tahun kancaku, mugo-mugo apa sing dikarepne bakal biso tergapai, dongaku kanggo awakmu mugi Gusti Allah SWT gampangna apa sing dikepi."

(Selamat ulang tahun temanku, semoga apa yang diharapkan bisa tercapai, doaku untuk kamu semoga Allah memudahkan apa yang diinginkan)

10. "Sugeng ambal warsa bojoku sayang, mugi-mugi umurmu kang tambah dowo lan berkah uripe."

(Selamat ulang tahun suamiku sayang, semoga umur kamu yang bertambah panjang dan berkah hidupnya)

4 dari 5 halaman

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa Beserta Artinya

11. "Ngaturaken ambal warsa dateng ibu, mugi-mugi tansayah diparingi rizki ingkang berkah, ditebihno sangking sedanten sambekala."

(Mengucapakan selamat ulang tahun untuk ibu, mudah-mudahan selalu diberikan rezeki yang berkah, dijauhkan dari semua marabahaya)

12. "Sungeng ambal warsa dateng bapak, mugi-mugi tansyah keparingan sehat, murah rizki, tambah kesaean lan angsal perlindungan sangking Allah SWT."

(Selamat ulang tahun untuk ayah, mudah-mudahan selalu diberikan sehat, murah rezeki, tambah baik dan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT)

13. "Wilujeng tepang tahun (nama). Mugi-mugi panjang yoswona tur barokah, sukses donya sasareng akheratna lan enteng jodohna."

(Selamat ulang tahun (nama). Semoga panjang umur dan berkah, sukses dunia dan akhiratnya dan dimudahkan jodohnya)

14. "Wilujeng tepang tahun adi abi anu kasep. Mugi-mugi janten putra anu nurut ka orang tua lan sing jentun jalmi anu pinter."

(Selamat ulang tahun adikku yang tampan. Semoga menjadi anak yang taat kepada orang tua dan menjadi manusia yang pintar)

15. "Nderek bungah kula dateng ingkang ambal warsa (nama), mugi-mugi tansyah pinaring iman ingkang kuat, izki ingkang berkah lan kesarasan lahir lan batos."

(Ikut berbahagia saya kepada yang berulang tahun (nama), mudah-mudahan selalu diberikan iman yang kuat, rezeki yang berkah dan diberi kesehatan lahir dan batin)

5 dari 5 halaman

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa Beserta Artinya

16. "Tuku blewah neng pasar buah, tuku paku neng pringkuku, sugeng ambar warso konco keletku."

(Beli blewah di pasar buah, beli paku di pringkuku, selamat ulang tahun teman lengketku)

17. "Sugeng ambal warsa damel (nama) mugi-mugi panjenengan pinaringan rizki ingkang barokah lan pinaringan kesehatan jasmani lan rohani."

(Selamat ulang tahun untuk (nama) mudah-mudahan kamu mendapat rezeki yang berkah dan mendapat kesehatan jasmani dan rohani)

18. "Ngaturaken sugeng ambal warsa, mugi-mugi Gusti Allah paring yuswa ingkang dowo lan berkah. Mugi-mugi Gusti Allah tansah paring kasarasan lan ketentreman."

(Mengucapkan selamat panjang umur, mudah-mudahan Allah memberikan umur yang panjang dan berkah. Mudah-mudahan Allah memberikan kesehatan dan ketenteraman)

19. "Sugeng ambal warsa sampeyan. Muga-muga sehat, rizki sing wiyar, umur dawa, kesabaran sing gedhe lan tansyah dilindungi dateng gusti Allah SWT."

(Selamat ulang tahun buatmu. Mudah-mudahhan sehat, rezeki yang banyak, umur panjang, diberi kesabaran yang banyak dan selalu dilindungi oleh Allah SWT)

20. "Sugeng tanggap warsa buk, ngapunten ingkang katah mboten saget maringi nopo-nopo, namung saget doa dateng Allah, mugi-mugi jenengan diparingi tambah rizki, kuat iman, lan sabar dateng didik kula."

(Selamat ulang tahun bu, mohon maaf yang banyak tidak bisa memberikan apa-apa, hanya bisa berdoa kepada Allah, mudah-mudahan ibu dberi rezeki lebih, kuat imannya, dan diberi kesabaran dalam mendidik saya)

 

Sumber: Mudahdicari, Lenteramata

Dapatkan artikel kata-kata dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer