Sukses


8 Cara Ampuh Menyembuhkan Sariawan dengan Bahan Alami

Bola.com, Jakarta - Sariawan dapat terjadi pada semua kalangan usia. Sariawan biasanya muncul pada jaringan lunak dan dapat menyebabkan nyeri, terutama pada bagian mulut, gusi, dan lidah.

Dengan rasa sakit yang mengganggu, terutama ketika mengonsumsi makanan, banyak orang yang mencoba untuk mencari cara menyembuhkan sariawan dengan cepat.

Ada beragam hal yang dapat menyebabkan munculnya sariawan, mulai infeksi jamur serta bakteri, kurangnya konsumsi vitamin, tidak sengaja mengigit lidah, maupun akibat stres.

Akan tetapi, penyebab utama munculnya sariawan adalah kebiasaan buruk tidak menjaga kebersihan dan kesehatan mulut, yang dapat mendorong munculnya bakteri dan jamur.

Umumnya sariawan bertahan selama satu hingga dua minggu tanpa perawatan. Sariwan terkadang muncul pada beberapa titik pada mulut atau lidah.

Walau dapat hilang dengan sendirinya, rasa nyeri yang ditimbulkan dapat mengganggu kenyamanan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Namun, ada tak perlu khawatir berlebihan. Ada beberapa bahan-bahan alami yang dapat digunakan untu mengobati sariawan, alih-alih obat-obatan kimia.

Berikut delapan cara menyembuhkan sariawan dengan bahan alami, yang dapat Anda coba di rumah, seperti dikutip dari Healthline, Rabu (14/7/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Bahan Alami

1. Air Garam

Garam memiliki sifat antiseptik, pembersihan, dan menenangkan. Hal itu menjadikan garam obat rumahan yang umum untuk banyak masalah mulut. Meski terasa sakit, berkumur dengan larutan garam atau larutan baking soda dapat membantu mengeringkan sariawan.

Anda dapat mencampur 1 sdt garam dan 200 ml air hangat, kemudian berkumur dengan larutan ini selama 15–30 detik. Ulangi hingga beberapa kali dalam sehari.

2. Yoghurt

Yoghurt probiotik mengandung bakteri (baik) hidup yang dapat membantu mengobati sariawan. Bakteri baik tersebut dapat menghentikan infeksi jamur (Candida Albicans) penyebab munculnya sariawan. Mereka juga dapat membantu mengembalikan keseimbangan bakteri baik dan buruk di mulut.

Lantaran lembut, yoghurt merupakan makanan yang baik jika Anda mengalami kesulitan menelan karena luka di mulut dan tenggorokan akibat sariawan.

3. Kelapa

Kelapa diyakini mampu menjadi obat sariawan alami di area lidah atau bibir. Kelapa bekerja mencegah peradangan luka makin memburuk sekaligus mengurangi rasa sakit yang timbul akibat sariawan.

Kelapa juga diyakini dapat membantu menyejukkan suhu tubuh. Pada beberapa kasus, panas dalam diyakini sebagai satu di antara penyebab timbulnya sariawan.

Cara menggunakan kelapa sebagai obat sariawan alami, cukup mudah. Campurkan madu dengan santan atau minyak kelapa, lalu oleskan ramuan tersebut di luka sariawan Anda. Ulangi sebanyak 3-4 kali dalam sehari, sampai sariawan mulai tampak mengempis.

3 dari 4 halaman

Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Bahan Alami

4. Madu

Madu merupakan alternatif untuk mengobati sariawan yang efektif karena dapat mengurangi rasa sakit, peradangan, dan ukuran dari sariawan, serta mencegah munculnya infeksi.

Madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri, yang bisa membantu mengurangi rasa perih dan mempercepat proses pemulihan.

Untuk menyembuhkan sariawan, Anda bisa mengoleskan madu sebanyak empat kali sehari. Disarankan untuk memilih madu yang alami dan tidak dipanaskan dengan suhu tinggi.

5. Daun Sirih

Daun sirih sejak lama telah digunakan sebagai obat tradisional, termasuk mengobati sariawan. Mengunyah daun sirih cukup efektif mengatasi sariawan.

Daun sirih memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Selain untuk mengobati sariawan, daun sirih bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut agar jauh dari serangan bakteri.

6. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Obat sariawan alami selanjutnya adalah mengonsumsi makanan, sayuran, dan buah-buahan yang tinggi kandungan vitamin C, vitamin B, folat, zinc, dan zat besi. Kekurangan berbagai nutrisi tersebut bisa memicu timbulnya sariawan.

Mengonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C seperti jeruk secara rutin, dapat mencegah sariawan serta memperkuat imun tubuh.

4 dari 4 halaman

Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Bahan Alami

7. Kunyit

Kunyit mendapatkan warna kuning cerah dari kurkumin. Kurkumin adalah senyawa kuat yang dianggap memiliki kemampuan anti-inflamasi.

Menurut berbagai penelitian, kurkumin dapat mengobati sariawan. Penelitian ini menemukan kurkumin menjadi antijamur terhadap spesies Candida Albicans pada sariawan, selain itu kurkumin menstabilkan membran sel manusia untuk meningkatkan ketahanannya terhadap infeksi.

Cara menggunakannya cukup mudah, campurkan 1/2 sendok bubuk kunyit dengan satu gelas air, panaskan hingga hangat, lalu oleskan campuran tersebut pada sariawan di mulut.

8. Minyak Oregano

Minyak oregano biasanya diperuntukkan sebagai bumbu penyedap masakan. Akan tetapi, minyak oregano juga memiliki sifat antibakteri yang ampuh untuk dijadikan sebagai obat melawan sariawan.

Cara penggunaannya terbilang mudah, campurkan dua tetes minyak oregano pada satu gelas air, setelah itu oleskan pada sariawan. Lakukan hal tersebut kurang lebih dua kali dalam sehari hingga sariawan hilang.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer