VIDEO: Kedisiplinan Windy Cantika Aisah untuk Bisa Persembahkan Medali Pertama Indonesia di Olimpiade Tokyo

VIDEO: Kedisiplinan Windy Cantika Aisah untuk Bisa Persembahkan Medali Pertama Indonesia di Olimpiade Tokyo

- Medali pertama Tim Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 dipersembahkan dari cabang olahraga angkat besi. Windy Cantika Aisah adalah lifter yang memberikan medali tersebut. Ia meraih medali perunggu di nomor putri 49 kilogram.

Windy Cantika Aisah meraih medali perunggu dengan total angkatan 194 kg. Ia sempat tampil kurang baik di angkatan snatch. Ia sempat gagal pada percobaan pertamanya di snatch. Namun, pada kesempatan kedua ia berhasil dan terhitung angkatan terbaiknya untuk snatch adalah 84 kg.

Untuk angkatan clean & jerk, Windy Cantika Aisah sukses di tiga kesempatan yaitu dengan angkatan 103 kg, 108 kg, dan 110 kg. Angkatan terbaiknya adalah 110 kg dan total menjadi 194 kg.

Total angkatan yang diperoleh Cantika menempatkannya berada di peringkat ketiga bawah lifter asal Tiongkok, Zhihui Hou (210 kg), dan wakil dari India, Chanu Saikhom Mirabai (202 kg). Zhihui Hou berhak untuk medali emas, sedangkan Mirabai mendapatkan perak.

Setelah meraih medali perunggu, Cantika melakoni sesi konferensi pers virtual yang digelar oleh NOC Indonesia. Menurutnya, salah satu kunci keberhasilannya di Olimpiade Tokyo 2020 adalah kedisiplinan yang diterapkan untuknya saat menjalani latihan.

"Bahkan sebulan lebih, handphone dikumpulkan. Dari jam 9 lebih, hape sudah dikumpulkan, kecuali hari Sabtu dan Minggu. Selain itu, makan, istirahat, dan latihannya lebih diatur lagi. Hal-hal seperti itu lebih diperhatikan," ujar Cantika.

Setelah Windy Cantika Aisah, terdapat 4 atlet angkat besi Indonesia yang akan berlomba di Olimpiade Tokyo 2020. Mereka adalah Eko Yuli Irawan, Rahmat Erwin Abdullah, Deni, dan Nurul Akmal.

Ajang multievent Olimpiade Tokyo 2020 bisa pembaca Bola.com saksikan melalui TV teresterial INDOSIAR dan O Channel. Selain itu juga bisa di layanan over the top (OTT) VIDIO baik gratis maupun berbayar dengan 12 channel tambahannya, serta channel Champions TV 1, 2 dan 3 yang dikelola IEG (Indonesia Entertainment Group), salah satu anak perusahaan di Emtek Group. Yuk nikmati sajian live streamingnya dengan mengklik tautan ini.

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 25 July 2021, 10:27 WIB

Video Terkait

Spotlights