Sukses


7 Cara Memilih Rekan Bisnis yang Tepat, Perlu Dicermati

Bola.com, Jakarta - Memilih rekan untuk menjalankan bisnis bersama bukan suatu hal yang mudah. Hal itu karena untuk membangun sebuah bisnis diperlukan persiapan yang matang mulai strategi hingga perhitungan modal.

Dalam menjalankan suatu bisnis, seseorang harus memiliki komitmen, integritas, rasa tanggung jawab, serta kreativitas dalam berbisnis.

Tekad yang kuat serta motivasi yang tinggi bisa diawali dengan memilih rekan bisnis yang tepat dan bisa diajak bekerja sama.

Hal pertama yang mungkin harus Anda perhatikan dalam memilih rekan berbisnis adalah adanya kesamaan visi dan misi dalam menjalankan usaha.

Ketika memiliki persamaan dalam visi dan misi, Anda akan lebih mudah berkomunikasi serta berdiskusi untuk membawa ke mana bisnis yang dimiliki.

Lantas, bagaimana tips untuk memilih rekan bisnis yang tepat? Berikut tujuh cara memilih rekan bisnis yang tepat, seperti dikutip laman dari Smartasset dan Dosenonline, Kamis (19/8/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Memilih Rekan Bisnis yang Tepat

1. Memiliki Kesamaan Visi dan Misi

Memiliki tujuan yang sama dalam memulai bisnis adalah landasan utama yang harus Anda miliki ketika memilih rekan untuk diajak bekerja sama.

Jika memiliki perbedaan yang timpang dan signifikan dalam hal visi misi, akan muncul potensi berbagai permasalahan serta keributan di kemudian hari. Hal tersebut bisa membuat bisnis menjadi jalan di tempat dan tidak menemui kemajuan.

Sebaliknya, jika telah mendapatkan rekan yang memiliki visi misi sama, secara otomatis bisnis akan berjalan dengan lebih lancar.

2. Memiliki Pengalaman

Jika Anda sedang mencari rekan bisnis yang mudah untuk diajak berdiskusi, carilah mereka yang telah memiliki pengalaman dalam menjalan suatu perusahan.

Hal ini sangat penting karena dengan memiliki rekan yang berpengalaman, peluang bisnis untuk menjadi berhasil menjadi lebih tinggi.

Rekan bisnis yang telah memiliki pengalaman tentunya juga memiliki landasan ilmu yang kuat, dan hal tersebut bisa menjadi sumber ilmu tersendiri untuk Anda.

3 dari 4 halaman

Cara Memilih Rekan Bisnis yang Tepat

3. Dapat Anda Andalkan

Saat akan memilih rekan bisnis, carilah seorang yang bisa diandalkan dalam hal apa pun. Mulai komitmen dalam menjalankan bisnis hingga kemampuan dalam berpikir.

Ketika rekan bisnis yang Anda pilih tidak bisa diandalkan, hal tersebut berpotensi merugikan usaha yang Anda buat dan menyulut berbagai permasalahan.

4. Memiliki Jaringan yang Luas

Memiliki partner yang mempunyai jaringan luas membuat bisnis yang sedang Anda geluti berpeluang lebih besar dalam menggapai kesuksesan.

Hal itu karena jaringan yang luas bisa mempermudah Anda memperluas bisnis, mengenalkan produk yang Anda miliki, dan mencari bantuan untuk mendapatkan investor.

Maka itu penting untuk mencari rekan bisnis yang memiliki jaringan luas karena bisnis akan mudah berkembang dan tidak stuck di tempat yang sama.

4 dari 4 halaman

Cara Memilih Rekan Bisnis yang Tepat

5. Memiliki Rasa Tanggung Jawab

Pilihlah partner bisnis yang memiliki rasa tanggung jawab tinggi terhadap kelangsungan bisnsi yang sedang Anda jalankan bersama.

Hal ini menjadi poin penting mengingat memiliki rekan yang bertanggung jawab bisa memperkuat motivasi untuk melakukan yang terbaik.

6. Dapat Menerima Kritik dan Masukan

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dan harus terus belajar agar kesalahan yang sama tidak terulang. Ketika menjalani usaha bersama, tentu akan ada banyak masukan atau kritik yang harus dihadapi.

Berkaca pada hal tersebut, usahakan calon rekan bisnis Anda merupakan orang yang terbuka dan mau menerima kritik yang membangun. Dengan demikian, seluruh permasalahan yang timbul dapat diselesaikan secara baik dan akan meningkatkan kualitas usaha Anda.

7. Memiliki Kemampuan dalam Menyelesaikan Konflik

Anda dan rekan bisnis kemungkinan besar dihadapkan pada suatu konflik ketika menjalan suatu bisnis. Konflik tidak dapat dihindari ketika Anda bekerja berjam-jam dengan orang yang sama.

Selain itu, konflik yang sifatnya datang dari luar perusahaan bisa menghampiri setiap saat. Maka itu, carilah rekan yang memliki kemampuan dalam menyelesaikan konflik dan cenderung mengedepankan logika daripada emosi.

 

Sumber: Smartaset, Dosenonline

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer