Sukses


8 Manfaat Mengagumkan Goji Berry untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Goji berry merupakan buah yang kaya akan khasiat dan memiliki manfaat mengagumkan untuk kesehatan tubuh manusia. Buah ini sering dijumpai dalam bentuk kering atau suplemen.

Buah bernama latin Lycium barbarum ini tumbuhan asli benua Asia, yang telah semenjak dahulu dan dijadikan sebagai pengobatan tradisional.

Itu semua dikarenakan buah goji berry mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin A, B1, C, serat, zat besi, magnesium, dan kalsium.

Selain itu, goji berry terkenal dengan kandungan antioksidan yang tinggi dan dapat menjaga atau menghindarkan kerusakan sel dari radikal bebas.

Berkat kandungan karbohidrat kompleks yang terkandung ada di dalamnya, buah ini juga dapat mengatur kadar gula darah yang ada dalam tubuh.

Ekstrak yang diambil dari buah goji berry dipercaya sebagai antikanker yang ampuh melawan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Lantas, apa saja manfaat dari buah berwarna merah yang memiliki rasa manis dan sedikt masam ini?

Berikut delapan manfaat mengagumkan goji berry untuk kesehatan, seperti dikutip dari Medicalnewstoday, Kamis (23/9/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Goji Berry untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Goji berry membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang berguna untuk melawan berbagai macam penyakit.

Buah ini mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan dikenal dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena sifatnya yang melawan radikal bebas dan peradangan.

Goji berry mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A dan C, seperti yang ditemukan di buah beri lainnya.

Vitamin A dan C sangat penting untuk membangun kekebalan tubuh, untuk menghindarkan dari berbagai penyakit seperti flu hingga kanker.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula tinggi, seperti minuman bersoda, kue, dan permen, berhati-hatilah karena kadar gula yang ada dalam tubuh dapat berbahaya bagi kesehatan.

Jika Anda ingin menurunkan gula darah, konsumsilah goji berry.

Goji berry menyeimbangkan produksi insulin dan glukosa yang ada dalam darah sehingga dengan produksi insulin yang terjaga membantu mengatur kadar gula darah yang ada dalam tubuh.

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Goji Berry untuk Kesehatan

3. Menjaga Kesehatan Mata

Mengonsumsi buah goji berry secara teratur dapat membuat penglihatan Anda menjadi makin kuat berkat kandungan antioksidan yang tinggi dan zeaxanthin di dalamnya.

Mengonsumsi goji berry secara rutin membantu menghindarkan kerusakan mata yang diakibatkan oleh sinar UV, stres oksidatif, serta radikal bebas. 

4. Melindungi Tubuh dari Kanker

Selain mengandung antioksidan yang tinggi, goji berry mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin C, zeaxanthin, dan karoten yang membantu memerangi sel kanker.

Antioksidan membantu memperlambat pertumbuhan tumor, mengurangi terjadinya peradangan, dan membantu menghilangkan berbagai jenis zat berbahaya dalam tubuh.

Mengonsumsi jus goji berry atau suplemen goji berry secara rutin membantu Anda melawan kanker. Saat mengonsumsinya, sebisa mungkin tidak menambahkan campuran apa pun jika membuatnya menjadi jus.

5. Menyehatkan Kulit

Goji berry menjaga kesehatan kulit berkat kandungan beta karoten di dalamnya. Beta karoten membantu kulit dari radiasi sinar UV, mengurangi iritasi pada kulit, dan mencegah penuaan dini.

Minumlah jus goji berry dengan rutin setiap hari atau mengonsumsi suplemen ekstrak goji berry untuk menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah kulit.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Goji Berry untuk Kesehatan

6. Mencegah Kerusakan Hati

Dalam pengobatan tradisional China, goji berry digunakan untuk mengobati penyakit hati. Goji berry bermanfaat baik bagi hati dan ginjal.

Penelitian menunjukkan goji berry bisa membantu mengelola kesehatan hati dan mencegah perkembangan penyakit hati berlemak yang diinduksi alkohol. 

7. Meningkatkan Kesuburan

Goji berry juga cukup terkenal dengan khasiatnya untuk meningkatkan kesuburan pada pria. Buah ini dapat meningkatkan hormon testosteron pada kebanyakan pria.

Goji berry juga cukup dipercaya dapat meningkatkan pergerakan sperma. Buah kecil berwarna merah ini dipercaya menjadi obat herbal yang dapat menyembuhkan disfungsi ereksi yang dialami oleh kaum pria.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Goji berry kaya kandungan energi dan rendah kalori. Rasanya manis dan seratnya yang tinggi menjadi makanan yang pas untuk diet.

Goji berry memiliki indeks glikemik rendah, yang dapat mengurangi hasrat untuk makanan manis dan membantu penurunan berat badan. Serat pada goji berry juga ampuh untuk meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebih.

 

Sumber: Medicalnewstoday

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer