Sukses


10 Jenis Makanan yang Ampuh untuk Menambah Energi

Bola.com, Jakarta - Kelelahan menjadi hal yang biasa kita alami setelah menjalani aktivitas padat dalam durasi tertentu. Semisal, menjalani rutinitas pekerjaan pada hari itu. Sebagai antisipasi agar tidak mudah lelah, Anda bisa menambah cadangan energi dengan mengonsumsi berbagai makanan bernutrisi.

Makanan bernutrisi tinggi sebaiknya menjadi menu yang harus selalu tersaji di meja makan setiap hari agar kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik.

Makanan yang kita konsumsi memiliki peran penting untuk mengatur cadangan energi yang kita miliki. Maka itu, mulai saat ini coba untuk lebih memperhatikan apa pun yang menjadi menu makanan kita.

Terlebih lagi saat Anda sedang sarapan, beri asupan ke dalam tubuh Anda dengan berbagai jenis makanan yang ampuh unntuk menambah energi.

Apa saja jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi dan ampuh untuk menguatkan energi pada tubuh kita?

Berikut 10 jenis makanan yang ampuh untuk menambah energi, dan perlu Anda ketahui, seperti dilansir dari Healthline, Selasa (12/10/2021).

2 dari 5 halaman

Jenis Makanan yang Ampuh Menambah Energi

1. Alpukat

Alpukat menjadi satu di antara makanan super karena semua yang terkandung dalam alpukat dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

Alpukat kaya kandungan lemak tak jenuh dan serat. Lemak tak jenuh yang menjadi lemak sehat ini terbukti meningkatkan kadar lemak darah secara optimal dan meningkatkan penyerapan nutrisi sehingga dapat disimpan dalam tubuh dan berubah menjadi energi.

Selain itu, serat dalam alpukat menyumbang 80 persen dari kandungan karbohidrat, yang membantu mempertahankan energi dengan stabil.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau berdaun seperti bayam dan selada baik dikonsumsi karena memiliki banyak nutrisi yang dapat memberikan energi pada tubuh.

Sayuran berdaun hijau biasanya mengandung banyak zat besi, megnesium, kalsium, kalium, dan vitamin A, C, E, dan K. Itu semua juga dikemas dengan asam folat, serat, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Zat besi yang terkandung dalam sayuran berdaun hijau dipercaya meningkatkan produksi sel darah merah yang membantu mengalirkan energi ke sel-sel dalam tubuh sehingga energi tetap terjaga.

3 dari 5 halaman

Jenis Makanan yang Ampuh Menambah Energi

3. Cokelat Hitam

Cokelat hitam memiliki kandungan kakao yang lebih tinggi daripada cokelat biasa atau cokelat susu. Antioksidan dalam kakao telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Efek ini membantu pengiriman oksigen ke otak dan otot, yang meningkatkan fungsinya. Hal ini sangat membantu terutama selama berolahraga. Selain itu, peningkatan aliran darah yang dihasilkan oleh antioksidan dalam kakao dapat membantu mengurangi kelelahan mental dan meningkatkan suasana hati.

Cokelat hitam juga mengandung senyawa perangsang, seperti teobromin dan kafein, yang telah terbukti meningkatkan energi mental dan suasana hati.

4. Oatmeal

Oatmeal adalah sereal gandum utuh yang bisa memberi Anda energi tahan lama. Oatmeal mengandung beta glukan, serat larut yang membentuk gel kental saat dikombinasikan dengan air. Kehadiran gel ini dalam sistem pencernaan menunda pengosongan perut dan penyerapan glukosa ke dalam darah.

Selain itu, oat kaya akan vitamin dan mineral yang membantu proses produksi energi. Ini termasuk vitamin B, zat besi, dan mangan. Kombinasi dari semua nutrisi ini membuat oatmeal menjadi makanan yang sempurna untuk energi yang berkelanjutan.

4 dari 5 halaman

Jenis Makanan yang Ampuh Menambah Energi

5. Ikan Berlemak

Ikan berlemak, seperti sarden, salmon, dan tuna kaya kandungan protein, asam lemak, dan vitamin B yang baik untuk tubuh, dan bagus dikonsumsi secara rutin.

Satu porsi salmon atau tuna memberi Anda jumlah asam lemak omega-3 dan vitamin B12 harian yang direkomendasikan. Asam lemak omega-3 telah terbukti mengurangi peradangan dalam tubuh, yang merupakan penyebab umum kelelahan.

Selain itu, vitamin B12 yang bekerja bersama asam folat dapat menghasilkan sel darah merah dan membantu zat besi bekerja lebih baik di dalam tubuh. Tingkat optimal sel darah merah dan zat besi dalam darah dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan energi.

6. Biji-bijian

Biji-bijian, seperti biji chia, biji rami, dan biji labu, dapat meningkatkan tingkat energi. Biji-bijian ini umumnya tinggi asam lemak omega-3 nabati. Kadar asam lemak omega-3 yang rendah telah dikaitkan dengan peningkatan peradangan dan kelelahan.

Apalagi, biji-bijian merupakan sumber serat dan protein yang baik. Serat dalam biji berkontribusi pada pencernaan nutrisi yang lambat, menghasilkan pelepasan energi yang stabil dan berkelanjutan

7. Pisang

Pisang mungkin merupakan satu di antara makanan terbaik yang menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh. Pisang juga makanan yang praktis untuk dijadikan sebagai sarapan.

Pisang adalah sumber karbohidrat kompleks, kalium, dan vitamin B6 yang baik, yang semuanya membantu meningkatkan energi.

5 dari 5 halaman

Jenis Makanan yang Ampuh Menambah Energi

8. Telur

Telur tidak hanya jenis makanan yang lezat, namun bisa dijadikan sebagai bahan bakar untuk mendapatkan energi bagi tubuh.

Telur mengandung banyak protein, yang bisa memberikan Anda sumber energi yang stabil dan berkelanjutan karena tidak menyebabkan meningkatnya kadar gula darah dan insulin ketika dicerna.

Selain itu, leusin yang terkandung dalam telur dikenal dapat merangsang produksi energi dalam berbagai cara. Leusin membantu sel dalam tubuh mengambil lebih banyak gula darah, menstimulasi produksi energi dalam sel, dan meningkatkan pemecahan lemak untuk dijadikan energi.

9. Apel

Apel termasuk satu di antara buah yang sering dikonsumsi. Buah ini mengandung banyak serat dan karbohidrat yang baik untuk tubuh.

Lantaran kaya akan kandungan gula dan serat alami, apel dapat memberikan pelepasan energi yang lambat dan menjaganya tetap ada dalam tubuh.

Mengonsumsi apel sebelum melakukan kegiatan sehari-hari dapat memberikan tambahan energi bagi tubuh sehingga Anda akan terhindar dari lemas yang mengganggu kegiatan sehari-hari.

10. Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan yang sangat baik untuk mengisi hari. Karbohidrat dalam yoghurt terutama tersedia dalam bentuk gula sederhana, seperti laktosa dan galaktosa. Saat dipecah, gula ini dapat memberikan energi yang siap digunakan.

Selain itu, yoghurt dikemas dengan protein yang membantu memperlambat pencernaan karbohidrat sehingga memperlambat pelepasan gula ke dalam darah.

 

Sumber: Healthline

Dapatkan artikel kesehatan dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer