Sukses


6 Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Sejak pandemi COVID-19 menginfeksi banyak orang di seluruh penjuru dunia, tidak sedikit orang melakukan kegiatan berjemur di bawah sinar matahari saat pagi hari.

Kegiatan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi hari dipercaya dapat meningkatkan kesehatan dan imunitas tubuh.

Selain bisa melawan serangan virus corona SARS-CoV-2 penyebab COVID-19, kegiatan satu ini memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan tubuh.

Seperti diketahui, pagi hari merupakan waktu yang paling tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari. Di waktu inilah, sinar matahari masih belum terik sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat gratis kesehatan alami.

Melansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan, kemkes.go.id, disarankan untuk berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi hari, yaitu sebelum pukul 10.00, setidaknya dua hingga tiga kali seminggu selama 15-30 menit.

Untuk mengetahui secara lebih terperinci tentang manfaat berjemur di bawah sinar matahari saat pagi hari, Anda bisa menyimak pembahasaannya di bawah ini.

Berikut ini beragam manfaat berjemur di bawah sinar matahari saat pagi hari bagi kesehatan, disadur dari Merdeka, Kamis (28/10/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi Hari untuk Kesehatan

1. Menurunkan Tekanan Darah

Mungkin Anda tidak menduga, satu di antara manfaat berjemur sinar matahari di pagi hari bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti University of Edinburgh, senyawa yang disebut 'nitric oxide' dapat dilepaskan ke dalam pembuluh darah segera setelah sinar matahari menyentuh kulit.

Senyawa tersebut yang terdapat di lapisan atas kulit bila terpapar sinar matahari bisa membuat pembuluh darah melebar. Kondisi ini membuat oksida bergerak menuju aliran darah dan membuat tekanannya menjadi lebih normal.

Temuan ini sangat penting karena sebelumnya orang-orang menganggap bahwa satu-satunya manfaat berjemur pada sinar matahari pagi untuk merangsang produksi vitamin D.

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat berjemur di bawah sinar matahari yang paling dikenal adalah meningkatkan kesehatan tulang. Seperti yang telah banyak diketahui, vitamin D merangsang penyerapan kalsium dan fosfor yang dapat menguatkan tulang.

Tidak hanya itu, vitamin D3 memiliki peran penting untuk kepadatan tulang. Vitamin D3 adalah vitamin larut dalam lemak yang terbentuk selama proses pembuatan vitamin D saat sinar matahari mengenai kulit.

3 dari 4 halaman

Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi Hari untuk Kesehatan

3. Mendukung Otak Berfungsi dengan Baik

Manfaat berjemur sinar matahari pagi selanjutnya, yakni dapat meningkatkan fungsi otak. Sebuah penelitian yang dipimpin oleh ilmuwan saraf, David Llewellyn, dari University of Cambridge, menilai kadar vitamin D pada lebih dari 1.700 pria dan wanita dari Inggris yang berusia 65 tahun atau lebih dan menemukan bahwa fungsi kognitif makin berkurang ketika tingkat vitamin D rendah pada orang tersebut.

Beberapa penelitian lain juga menemukan, paparan sinar matahari yang tidak berlebihan bisa mendukung pertumbuhan sel saraf di hippocampus di otak. Fungsi sel saraf ini membantu membentuk, mengatur, dan menyimpan memori.

4. Mengurangi Depresi Ringan

Kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan gangguan yang disebut 'Seasonal Affective Disorder' atau SAD. SAD merupakan Depresi umum yang terjadi dan sering dirasakan pada saat berada di musim dingin.

Hal serupa juga terjadi pada orang-orang yang bekerja berjam-jam di gedung perkantoran dan jarang keluar untuk berjemur.

4 dari 4 halaman

Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi Hari untuk Kesehatan

5. Tidur Jadi Lebih Nyenyak

Manfaat berjemur di pagi hari selama 15-30 menit bisa membantu membuat kualitas tidur lebih baik. Hal tersebut dikarenakan pada saat sinar matahari mengenai mata, sebuah pesan dikirim ke kelenjar pineal di otak dan produksi melatonin (hormon yang membuat kita mengantuk dan membantu kita tidur) ditutup sampai matahari terbenam lagi.

Sinar matahari akan membuat tubuh memiliki gambaran yang jelas bahwa hal tersebut bukanlah malam hari sehingga akan membantu mempertahankan ritme sirkadian yang normal.

6. Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berjemur di pagi hari membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kegiatan ini merupakan metode kuno untuk mengobati penyakit autoimun dan bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Paparan sinar matahari pagi akan dapat menekan sistem imun yang terlalu aktif, termasuk penjelasan mengapa sinar matahari dapat digunakan untuk mengobati penyakit autoimun seperti psoriasis.

Selain itu, karena sel darah putih akan mengalami peningkatan saat terpapar sinar matahari, hal tersebut akan membantu memerangi penyakit dan mencegah infeksi pada tubuh.

 

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Rakha Fahreza Widyananda. Published: 30/3/2020)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer