Sukses


5 Cara agar Tidak Malas Berolahraga, Hindari Mager

Bola.com, Jakarta - Cara agar tidak malas berolahraga penting dibaca dan dipahami, terutama bagi kita yang merasa kesulitan untuk mulai sekadar mengumpulkan niat hingga benar-benar melakukannya secara rutin.

Secara etimologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, olahraga ialah gerak badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh (seperti sepak bola, berenang, lempar lembing).

Olahraga juga bisa dipahami sebagai aktivitas yang melibatkan fisik dan keterampilan dari individu atau tim, dilakukan untuk hiburan.

Dari penjelasan di atas, olahraga memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan fisik dan mental. Namun, tak bisa dimungkiri, masih banyak yang menemui kendala untuk melakukannya.

Bahkan untuk sekadar mengumpulkan niat berolahraga saja begitu sulit, apalagi sampai rutin melakukannya.

Ada yang merasa tak punya waktu cukup untuk melakukannya, ada yang enggan berkeringat, merasa olahraga berat dan melelahkan, dan sebagainya.

Mengingat pentingnya olahraga, Anda harus mulai mengatur waktu Anda demi meluangkan waktu berolahraga secara rutin setiap hari.

Untuk mendorong Anda agar semangat dan rutin berolahraga alias tak mager (malas gerak), ada beberapa cara yang bisa Anda coba praktikkan.

Berikut beberapa cara agar tidak malas berolahraga, seperti disadur dari Liputan6, Selasa (9/11/2021).

2 dari 3 halaman

Cara agar Tidak Malas Berolahraga

1. Pilih Olahraga yang Disenangi

Memilih olahraga yang kamu senangi menjadi cara jitu agar Anda tidak malas berolahraga yang bisa Anda coba terapkan. Sesuatu yang Anda senangi tentu akan membuat Anda lebih semangat daripada menjalankan olahraga yang tidak Anda minati.

Anda bisa mencoba cara satu ini dengan mengetahui bakat dan ketertarikan Anda terhadap jenis olahrag apa. Saat Anda sudah nyaman menjalankan olahraga yang Anda senangi, perlahan Anda akan rutin melakukan olahraga.

2. Pasang Target dan Motivasi Diri

Cara selanjutnya yakni memasang target dan mencari alasan untuk memotivasi diri Anda. Anda bisa memasang target per minggu yang musti Anda capai. 

Misalnya, jika Anda berhasil lari sejauh 1 km minggu ini, tentukan target 2 km untuk minggu berikutnya. 

Cara lain agar tidak malas berolahraga yang juga bisa coba Anda terapkan adalah mencari alasan untuk memotivasi diri.

Anda bisa memikirkan manfaat dan keuntungan melakukan olahraga secara rutin setiap hari, baik secara fisik maupun mental. Anda harus belajar untuk melawan rasa malas untuk melakukan olahraga demi kebaikan Anda sendiri.

3. Olahraga Ringan

Cara berikutnya agar tidak malas berolahraga, yakni melakukan olahraga ringan sebagai percobaan. Olahraga ringan tersebut bisa Anda lakukan selama 10 hingga 20 menit sehari. 

Hal ini untuk melatih tubuh Anda supaya terbiasa berolahraga. Jika Anda memulainya dengan jenis olahraga atau latihan yang berat, Anda akan menjadi malas dan merasa lelah sebelum melakukannya. 

Olahraga juga tidak selalu harus di tempat fitness, Anda bisa berlari mengelilingi komplek perumahan, melakukan gerakan olahraga ringan di rumah, atau Anda bisa naik turun tangga saat berada di kantor.

3 dari 3 halaman

Cara agar Tidak Malas Berolahraga

4. Bergabung dalam Kelas Olahraga

Anda bisa mencoba cara satu ini, yakni bergabung dalam kelas olahraga. Olahraga sendiri di rumah atau gym mungkin akan terasa membosankan. Maka itu, ada baiknya kamu bergabung dalam kelas olahraga agar lebih semangat dan tidak bosan melakukan olahraga sendiri di rumah.

Anda dapat bergabung ke kelas olahraga yang di dalamnya terdapat banyak orang, seperti kelas senam, muay thai, work out, dan lain sebagainya. Dengan demikian, olahraga yang Anda lakukan akan terasa lebih menyenangkan. 

5. Ajak Teman

Jika Anda malas berolahraga sendiri, cara agar tidak malas berolahraga satu ini bisa kamu coba terapkan. Dengan mengajak teman untuk berolahraga, bisa saja Anda lebih bersemangat karena saling mendorong dan memotivasi. 

Saat Anda punya niat untuk olahraga, Anda bisa mengajak satu orang teman untuk menemani. Selain lebih seru, olahraga bareng teman  bisa membuat olahraga menyenangkan.

Banyak hal seru yang bisa kamu dapatkan ketika olahraga bersama teman, seperti saling membantu ketika melakukan gerakan sit-up, adu siapa yang bisa bertahan paling lama saat melakukan plank, dan sebagainya. 

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Selma Intania Hafidha, Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 29/10/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer