Sukses


Daftar Seafood yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Bola.com, Jakarta - Seafood adalah segala bentuk makanan yang berasal dari laut, bisa berupa hewan seperti ikan atau udang, dan bisa berupa tumbuhan seperti rumput laut.

Selain memiliki rasa yang lezat, aneka jenis seafood memiliki manfaat yang baik untuk mencegah penyakit dan menyehatkan tubuh.

Tidak hanya nutrisi seperti DHA dan Omega-3 saja yang ada pada seafood, kandungan kalsium serta fosfor juga banyak ditemukan di beberapa jenis seafood.

Dengan adanya kandungan kalsium dan fosfor, mengonsumsi seafood secara rutin sesuai aturan dan cara pengolahan yang tepat, bisa menjadi satu di antara cara yang kita lakukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Seperti diketahui, dua bagian tubuh manusia tersebut terbentuk atas jaringan kalsium sehingga mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium akan menyehatkan dan menghindarkan gigi serta tulang dari penyakit.

Lantas, jenis seafood apa saja yang bisa kita konsumsi dan baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi?

Berikut daftar seafood yang bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi, serta penting untuk Anda ketahui, seperti dilansir dari Klikdokter, Jumat (3/11/2021).

2 dari 5 halaman

Daftar Seafood yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

1. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung Docosahexaenoic acid (DHA), yaitu lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, ikan salmon memiliki nutrisi kalsium yang tinggi. Di dalam 6 ons ikan salmon, kurang lebih mengandung 181 mg asupan kalsium. 

Ikan ini juga mengandung vitamin D dan zat fosfor yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium dari makanan serta mengurangi pembuangannya di dalam urine. 

Tak hanya itu, fosfor membantu proses remineralisasi, yaitu mengembalikan mineral gigi yang hilang di bagian lapisan enamel akibat paparan asam.

Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan mulut kering serta dapat memicu terjadinya karies gigi dan penyakit gusi.

Ikan salmon tergolong sebagai superfood yang membantu menjaga kesehatan gigi, gusi dan tulang rahang.

2. Ikan Sarden

Ikan sarden merupakan hasil laut yang mengandung kalsium tinggi. Di dalam 3 ons ikan sarden, mengandung kalsium sebanyak 325 mg. Saat mengonsumsi ikan ini, sebaiknya makan juga bersamaan dengan tulangnya. Sebab, terdapat pula kalsium di dalam tulang lunak ikan sarden. 

Selain itu, sarden mengandung asam lemak EPA dan DHA yang tinggi. Keduanya termasuk asam lemak omega 3 yang berkhasiat mengurangi risiko peradangan di gigi dan gusi. 

Jumlah kandungan vitamin A dan vitamin D di dalam daging ikan sarden juga lebih banyak dibanding jenis seafood lainnya.

Mineral di dalam ikan sarden utuh juga melimpah. Misalnya, terdapat kandungan iodine, selenium, zinc, zat besi, fosfor, dan fluoride. Fluoride akan diserap dalam lapisan enamel gigi guna membantu remineralisasi dan mencegah karies dan kondisi gigi berlubang. 

3 dari 5 halaman

Daftar Seafood yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

3. Ikan Teri

Ikan teri atau anchovy mengandung kalsium dan fluor dalam bentuk senyawa CaF2 yang tinggi. Lantaran mudah rusak, biasanya ikan teri akan diawetkan dengan cara diasinkan. Anda tidak perlu khawatir, pada proses memasak atau mengawetkan ikan teri jengki, kandungan CaF2 di dalamnya tidak akan berubah sama sekali.

Selain itu, ikan teri mengandung vitamin A yang membantu menjaga kesehatan mata. Teri juga mengandung fluoride, omega 3, protein, serta zat besi. Omega 3 dapat mengurangi tingkat peradangan dan infeksi sehingga kesehatan rongga mulut Anda dapat terjaga.

4. Cumi-cumi

Tak ketinggalan, cumi-cumi menjadi satu di antara seafood yang punya peran untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Mineral yang terdapat di dalam cumi-cumi dapat menguatkan dan memperbarui sel-sel tulang menjadi muda kembali.

Selain itu, cumi-cumi merupakan sumber zinc yang efektif meningkatkan sistem imunitas tubuh. Sedangkan nutrisi magnesium alami cumi-cumi, diketahui mampu memberikan relaksasi otot dan saraf. 

Terakhir, manfaat selenium dari cumi-cumi berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mengurangi gejala penyakit rheumatoid arthritis. 

4 dari 5 halaman

Daftar Seafood yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

5. Rumput Laut

Rumput laut atau seaweed mengandung kalsium dan vitamin K dalam jumlah banyak. Kandungan kalsium dari rumput laut jumlahnya lima kali lebih besar dibandingkan yang terdapat di susu. 

Lalu, vitamin K yang terdapat dalam seporsi rumput laut ditemukan lebih banyak daripada kandungan yang ada di brokoli.

Di permukaan seaweed, terdapat pula bakteri yang dapat mengurangi pembentukan plak gigi. Enzim dari Bacillus licheniformis yang terkandung dalam tanaman ganggang laut ini turut membantu mengurangi penyebab gigi berlubang dan berfungsi sebagai bakteri probiotik.

6. Ikan Tenggiri

Dari semua jenis seafood, ikan tenggiri merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin D paling tinggi. Khasiat vitamin D bisa terdapat dalam potongan fillet ikan tenggiri beserta kulit dan tulangnya. 

Vitamin D diperlukan tubuh untuk menyerap kalsium serta membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Ikan tenggiri kaya vitamin B12 yang punya manfaat untuk mencegah sariawan atau luka di mulut.

Tidak hanya itu, di dalam daging ikan ini terdapat asam lemak omega-3, yakni EPA dan DHA, yang bersifat sebagai zat antiperadangan.

Mengonsumsi ikan tenggiri sebanyak satu kali dalam seminggu dapat meningkatkan imun tubuh serta menjaga kesehatan tulang dan gigi.

5 dari 5 halaman

Daftar Seafood yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

7. Udang

Udang segar atau yang sudah dikeringkan sekalipun tetap mengandung zat kalsium. Namun, udang kering diketahui memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi. Misalnya saja, di dalam 100 gram udang rebon kering, terdapat kalsium sebesar 2.306 mg, atau setara dengan 16 kali kalsium 100 gram susu sapi. 

Lalu, kandungan fosfor di dalam seafood ini berkisar 625 gram. Sedangkan, manfaat zat besi di dalamnya udang berkisar sebanyak 21,4 gram. Terasi udang juga mengandung kalsium, fosfor, dan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan dengan udang segar.

8. Lobster

Hampir sama dengan manfaat seafood lainnya, lobster mengandung fosfor dan mineral lain, seperti magnesium, kalium, dan Zinc. Nutrisi tersebut membantu menjaga kesehatan tulang, fungsi sel, pengaturan glukosa dalam darah, produksi energi, dan kesehatan saraf.

Kandungan zinc biasanya terdapat di dalam air ludah, plak, serta di dalam lapisan enamel gigi. Lantaran memperkuat pembentukan gigi, mineral zinc sering digunakan sebagai bahan larutan kumur atau pasta gigi. 

Zinc di dalam produk perawatan kesehatan gigi dan mulut tersebut berfungsi mencegah pembentukan plak serta karang gigi. Selain itu, manfaat mencegah bau mulut, menjaga kesehatan periodontal atau jaringan penyangga gigi, bisa didapat dengan mengonsumsi seafood yang satu ini. 

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 3/11/2020)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer