Sukses


Jenis-Jenis Kalimat Beserta Penjelasan dan Contohnya

Bola.com, Jakarta - Kalimat adalah satuan bahasa terkecil yang mengungkapkan pikiran secara utuh. Jadi, setiap tuturan dapat menyampaikan informasi secara lengkap.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, kalimat adalah satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri, mempunyai pola intonasi final dan secara aktual ataupun potensial terdiri atas klausa.

Sruktur utama kalimat bahasa Indonesia cukup simpel, yaitu hanya berupa subjek dan predikat (S-P). Struktur inti tersebut dapat diperluas menjadi beberapa tipe kalimat dasar.

Secara umum, ada empat jenis kalimat yang perlu dipahami. Kalimat dalam bahasa Indonesia dapat dibedakan menjadi kalimat simpleks, kompleks, majemuk, dan majemuk campuran.

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis kalimat dalam bahasa Indonesia lengkap dengan penjelasan dan contoh, seperti dilansir dari rumahpusbin.kemdikbud.go.id, Jumat (3/12/2021).

2 dari 5 halaman

Kalimat Simpleks

Kalimat simpleks atau sering disebut dengan kalimat tunggal adalah kalimat yang hanya terdiri atas satu klausa atau satu struktur predikat. Satu struktur predikat di dalam kalimat dapat berupa:

a. subjek dan predikat (S-P)

b. subjek, predikat, dan objek (S-P-O)

c. subjek, predikat, dan pelengkap (S-P-Pel)

d. subjek, predikat, objek, dan pelengkap (S-P-O-Pel)

e. subjek, predikat, dan keterangan (S-P-K).

 

Berikut ini contoh kalimat simpleks

  • Orang itu guru kami. (S-P)
  • Kartini sedang membuat surat jawaban. (S-P-O)
  • Kepakaran Teguh diakui banyak orang. (S-P-Pel)
  • Sulaeman mengajari anaknya melukis. (S-P-O-Pel)

Contoh kalimat di atas termasuk kalimat simpleks karena hanya terdiri atas satu klausa. Satu klausa biasanya berupa satu informasi.

Jadi, unsur inti yang terdapat dalam kalimat simpleks pun juga hanya satu informasi. Satu informasi itu biasanya ditandai oleh kehadiran satu fungsi predikat.

3 dari 5 halaman

Kalimat Kompleks

Kalimat kompleks atau sering disebut kalimat majemuk bertingkat adalah kalimat yang terdiri atas klausa utama dan klausa subordinatif.

Klausa utama tersebut disebut induk kalimat, sedangkan klausa subordinatif disebut anak kalimat.

Klausa utama dapat berdiri sendiri sebagai kalimat yang lepas yang tidak bergantung pada klausa yang lain, sedangkan klausa subordinatif selalu bergantung pada klausa utama.

Tanpa kehadiran klausa utama, klausa subordinatif tidak dapat mengungkapkan apa-apa karena informasinya belum jelas. Selain itu, klausa subordinatif merupakan pengembangan dari satu di antara fungsi yang ada dalam kalimat.

Oleh karena itu, hubungan antarkedua klausa dalam kalimat kompleks ini tidak sederajat atau tidak sejajar. Berikut ini contoh kalimat kompleks:

  • Supriyati tetap berangkat meskipun hari telah gelap.
  • Ketika hujan turun, Hermawan masih berada di atas bus.

Contoh kalimat di atas merupakan kalimat kompleks, sebab terdiri atas klausa utama dan klausa subordinatif.

4 dari 5 halaman

Kalimat Majemuk

Kalimat majemuk adalah kalimat yang terdiri atas dua klausa utama atau lebih, dan dapat berdiri sendiri sebagai kalimat yang lepas.

Klausa yang satu dalam kalimat majemuk bukan merupakan bagian atau pengembangan dari klausa yang lain.

Hubungan antara klausa yang satu dengan yang lain dalam kalimat menyatakan hubungan koordinatif. Berikut ini contoh kalimat majemuk:

  • Yanto membaca stilistika dan istrinya membuatkan susu jahe.
  • Giyarti memesan bakso, tetapi suaminya memesan sate sapi.
  • Gandung sedang belajar atau malah tidur di kamar depan.
  • Peserta dilarang makan atau minum serta dilarang bergurau.
  • Adikku bekerja di Medan, sedangkan kakakku bekerja di Yogyakarta.
5 dari 5 halaman

Kalimat Majemuk Kompleks

Kalimat majemuk kompleks adalah kalimat yang terdiri atas tiga klausa atau lebih. Dua di antara klausa dalam kalimat majemuk ini merupakan klausa utama.

Sedangkan klausa yang lain merupakan klausa subordinatif yang berfungsi sebagai pemerluas satu di antara atau kedua fungsi dalam klausa utama.

Kekompleksan dalam kalimat majemuk ini ditandai dengan perluasan satu di antara atau lebih unsur (fungsi) dalam kalimat. Berikut ini contoh kalimat majemuk kompleks:

  • Ayah sedang melukis dan adik sedang belajar ketika kebakaran itu terjadi.
  • Bahwa setiap amal ibadah akan mendapat 700 kali kebaikan sudah diketahui banyak orang, tetapi tidak semua orang mau melakukannya karena manusia cenderung kikir.
  • Jika rapel penelitinya turun, Harno akan membelikan adiknya sepatu basket, sedangkan Hardi akan membelikan istrinya ponsel.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer