Sukses


6 Cara Rumahan untuk Mengatasi Sakit Kepala akibat Sinus

Bola.com, Jakarta - Sinus atau sinusitis merupakan infeksi kedua yang paling sering dijumpai dokter umum dalam praktiknya sehari-hari. Oleh sebab itu, Anda jangan sampai mengabaikan penyakit ini.

Sinusitis dapat disebabkan oleh virus maupun bakteri. Jika sinusitis disebabkan oleh virus, biasanya kondisi ini akan membaik dengan sendirinya saat daya tahan tubuh meningkat.

Apabila sinusitis disebabkan oleh infeksi bakteri, kondisi ini harus ditangani dengan cepat dan tepat sebelum berubah menjadi sinusitis yang kronis.

Risiko terkena sinusitis juga makin tinggi apabila Anda sedang mengalami flu, ada polip di hidung, dan ada pergeseran rongga hidung. Risiko juga meningkat jika Anda mengalami alergi sebelumnya sehingga ada pembengkakan pada selaput hidung.

Tidak hanya membuat hidung dan wajah terasa tidak nyaman, sinus dapat menimbulkan gejala nyeri pada gigi hingga nyeri kepala. Gejala dari nyeri kepala akibat sinusitis, antara lain:

  • Nyeri dan rasa penuh pada pipi, mata, dan/atau dahi
  • Sakit kepala berdenyut
  • Nyeri terasa memberat jika menunduk
  • Nyeri pada gigi bagian atas

Gejala sakit kepada akibat sinusitis ini hampir mirip gejala migren. Jika penderita migren hanya merasakan sakit pada satu sisi kepala saja, sakit kepada akibat sinusitis biasanya seolah terjadi penekanan di dahi dan kepala bagian atas.

Bicara soal sakit kepala yang disebabkan oleh sinusitis, adakalanya Anda ingin mengatasi sakit kepala tanpa konsumsi obat-obatan. Ada beberapa cara alami ala rumahan yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan sakit kepala akibat sinusitis.

Berikut cara rumahan mengatasi sakit kepala akibat sinus, dilansir dari Klikdokter, Selasa (14/12/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Rumahan Mengatasi Sakit Kepala akibat Sinus

1. Mengonsumsi teh jahe

Dilansir dari Reader’s Digest, jahe memiliki sifat antiinflamasi alami. Jika Anda membuat teh jahe langsung dari rebusan atau seduhan jahe yang dipotong lalu diparut, teh tersebut dapat memberikan efek menenangkan dan dapat mengurangi tekanan di kepala.

Teh jahe hangat yang ditambah dengan madu dapat mengurangi gejala sinusitis seperti sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

2. Kompres hangat

Cara lain untuk mengurangi sakit kepala dan nyeri pada wajah atau hidung saat terserang sinusitis adalah dengan mengaplikasikan kompres hangat. Kompres hangat akan menghangatkan hidung sehingga sumbatan akan menghilang dan rasa nyeri mereda.

3 dari 4 halaman

Cara Rumahan Mengatasi Sakit Kepala akibat Sinus

3. Mandi air hangat atau sauna

Mandi dengan air hangat atau masuk ke ruangan sauna dapat membuka saluran hidung dan meredakan rasa nyeri. Uap panas saat mandi atau pada ruang sauna bertindak mirip larutan garam yang mengandalkan panas untuk memperluas dan menenangkan rongga sinus.

Namun, jangan mandi air hangat atau berada di ruangan sauna terlalu lama. Bukannya sumbatan dan nyeri berkurang, malah kepala bisa makin sakit.

4. Gunakan humidifier

Umumnya, sakit kepala akibat sinusitis muncul pada malam hari karena udara terasa lebih kering. Untuk mengatasinya sekaligus mengurangi iritasi saluran hidung, manfaatkanlah humidifier. Humidifier merupakan pelembap udara yang dapat diberikan cairan aromaterapi untuk menenangkan pikiran.

4 dari 4 halaman

Cara Rumahan Mengatasi Sakit Kepala akibat Sinus

5. Makan makanan pedas

Mengonsumsi makanan pedas akan melancarkan saluran hidung sehingga nyeri pada wajah dan kepala juga akan berkurang. Hal ini karena cabai mengandung capsaicin yang dianggap sebagai penghilang rasa sakit alami.

6. Mengonsumsi kayu manis

Kayu manis merupakan makanan antiinflamasi alami yang berguna untuk meredakan sakit kepala akibat sinusitis. Anda bisa mencampur kayu manis dengan madu, kemudian ditelan, sehingga gejala sinusitis seperti sakit kepala dan sakit tenggorokan bisa mereda.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 15/8/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer