Sukses


Cara Sederhana Membahagiakan Ibu, Jadi Bukti Cinta Seorang Anak

Bola.com, Jakarta - Ibu merupakan sosok paling berjasa dan berharga bagi kehidupan setiap orang. Hal itu karena setiap anak mulai dari kandungan hingga tumbuh dewasa dirawat dan dididik oleh ibu dengan tulus dengan penuh keikhlasan.

Kasih sayang seorang ibu tak pernah lekang oleh waktu, mengalir terus menerus, dan tanpa mengharapkan imbalan. Ketulusan cinta tergambar dari kasih sayang seorang ibu.

Kasih ibu tidak akan pernah terbalaskan dengan segala harta benda yang ada di dunia. Maka itu, untuk membalas jasa-jasa seorang ibu ialah dengan cara membuatnya bahagia.

Tunjukkan bukti cinta pada sosok wanita yang telah merawatmu sejak kecil. Buat dia tersenyum dan bahagia.

Ada banyak hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membuat ibu bahagia. Membahagiakan ibu tidak selalu harus dengan harta yang berlimpah.

Berikut ini rangkuman tentang cara sederhana membahagiakan ibu yang bisa dipraktikkan seorang anak, seperti dilansir dari Klikdokter, Selasa (21/12/2021).

2 dari 6 halaman

Cara Sederhana Membahagiakan Ibu

1. Rajin Kirim Pesan

Di tengah kesibukan, jangan lupa selalu memberikan perhatian kepada ibu. Meski berjauhan, kata-kata manis melalui pesan singkat akan membuat ibu bahagia dan merasa diperhatikan.

Contohnya dengan cara memberi ucapan selamat pagi dan katakan Anda merindukan dirinya atau masakannya.

2. Anggap sebagai Sahabat

Menjadikan ibu sebagai tempat curhat akan membuatnya merasa seperti sahabat. Maka itu, tak perlu ragu untuk menceritakan perasaan dan masalah yang dihadapi kepada ibu.

Apalagi hanya seorang ibu yang mengerti anaknya luar dan dalam, serta dapat dipercaya melebihi siapa pun.

3 dari 6 halaman

Cara Sederhana Membahagiakan Ibu

3. Ungkapkan Rasa Sayang

Mungkin tidak semua orang dapat mengucapkan kata-kata manis secara langsung kepada ibu mereka. Padahal ada sebagian orang yang justru bisa dengan mudah mengucapkan 'I love you' kepada pasangan.

Cobalah lebih sering mengungkapkan rasa sayang Anda kepada ibu.

4. Bantu Pekerjaan Rumah

Seorang ibu pasti senang kalau anaknya berinisiatif membantu membersihkan atau mengurus rumah. Lakukan hal-hal sederhana, seperti membereskan tempat tidur, merapikan kamar, dan mencuci piring sehabis makan.

Mungkin hal tersebut terlihat sepele bagi Anda, tetapi tidak bagi seorang ibu yang melihatnya.

4 dari 6 halaman

Cara Sederhana Membahagiakan Ibu

5. Kunjungi Ibu

Suatu saat akan tiba waktunya Anda pergi dari rumah untuk tinggal di dekat kantor atau menikah, ibu pasti akan merasa kesepian di rumah.

Selain melalui pesan singkat dan telepon, sempatkan diri untuk berkunjung dan menceritakan tentang kehidupan kepada ibu. Tentunya ia akan merasa senang mendengar cerita-cerita Anda.

6. Ingat Tanggal-Tanggal Penting

Tidak ada yang membuat ibu lebih bahagia dan merasa spesial selain mengingat ulang tahunnya. Maka itu, saat ibu berulang tahun, kirimkan kartu ucapan atau bunga untuk menunjukkan betapa ia sangat berarti dalam hidup Anda.

Tak hanya saat berulang tahun, hari-hari penting lain seperti Hari Ibu juga bisa Anda berikan ungkapan spesial dan menyentuh hati.

7. Pelukan Hangat

Memberikan pelukan hangat bisa menjadi satu di antara cara membahagiakan ibu. Makin bertambah usia Anda, biasanya seorang anak makin cuek bahkan malu bila berpelukan dengan orang tua.

Memberikan ibu pelukan akan membuatnya bahagia karena bisa lebih dekat dengan anaknya. Bahkan, ibu bisa mengingat kenangan masa lalu saat Anda selalu berada di dekapannya.

5 dari 6 halaman

Cara Sederhana Membahagiakan Ibu

8. Rencanakan Kegiatan Menyenangkan

Setiap orang pasti menyukai kejutan, tak terkecuali seorang ibu. Di balik kesibukan Anda dan ibu, luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama. Misalnya, rencanakan untuk berlibur, piknik, berkebun, atau olahraga bersama.

9. Hargai Nasihat dan Sarannya

Sebagian orang mungkin merasa orang tua tak perlu ikut campur mengenai masalah yang dihadapi. Meski begitu, bukan berarti seorang anak tak membutuhkan orang tua.

Orang tua, khususnya ibu, akan merasa senang kalau anaknya terbuka dan mau bercerita mengenai masalahnya. Ibu akan senantiasa memberikan saran yang mungkin tak terpikirkan anaknya.

Apabila kurang setuju, sebaiknya katakan baik-baik. Hindari membentak atau bahkan memarahi ibu hanya karena saran yang diberikan tak sesuai.

6 dari 6 halaman

Cara Sederhana Membahagiakan Ibu

10. Minta Maaf saat Melakukan Kesalahan

Setiap orang tak luput dari kesalahan, termasuk seorang anak kepada orang tuanya. Memang kasih ibu sepanjang masa dan akan selalu memaafkan segala kesalahan anak-anaknya.

Namun, jika seorang anak melakukan kesalahan kepada ibu, tidak ada salahnya mulai sekarang belajar meminta maaf terlebih dahulu.

11. Selalu Selipkan Doa untuk Orang Tua

Cara membahagiakan ibu memang tak selalu harus dengan memberikan hadiah. Ia pun tak pernah minta hadiah sebagai tanda jasanya.

Sebagai anak, hal sederhana yang bisa dilakukan adalah selalu menyelipkan namanya di setiap doa yang dipanjatkan. Doakan ibu agar selalu sehat dan bahagia.

 

Sumber: klikdokter.com (Published: 2/11/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer