Sukses


7 Cara Efektif Meredakan Nyeri Otot setelah Berolahraga

Bola.com, Jakarta - Olahraga adalah kegiatan yang memiliki efek baik untuk kesehatan tubuh. Stamina kita juga akan selalu terjaga jika berolahraga secara rutin setiap hari.

Namun, bagi Anda yang sudah lama tidak melakukan olahraga dan ingin memulainya kembali, terkadang mendapati tubuh Anda pegal-pegal serta nyeri otot setelah berolahraga.

Hal tersebut merupakan reaksi wajar yang diberikan oleh tubuh Anda, bahkan mereka yang sering melakukan olahraga juga bisa terkena nyeri otot.

Meski demikian, nyeri otot terkadang menganggu aktivitas sehari-hari karena tubuh tidak bisa bergerak secara leluasa seperti biasanya.

Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memulihkan nyeri otot yang Anda rasakan setelah berolahraga.

Berikut tujuh cara efektif meredakan nyeri otot setelah olahraga, yang patut untuk Anda coba, seperti dilansir dari Klikdokter, Rabu (22/12/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Efektif Meredakan Nyeri Otot Setelah Olahraga

1. Tetap Aktif Bergerak

Karena rasanya nyeri, Anda mungkin malas dan tidak ingin bergerak dari kasur atau tempat duduk. Padahal, bergerak justru membuat tubuh Anda merasa lebih baik.

Lakukan aktivitas fisik ringan selama 30-60 menit seperti berjalan atau bersepeda santai. Beraktivitas ringan setelah berolahraga dapat meredakan nyeri otot setelah lama tak berlatih. 

 2. Atur Waktu Olahraga dan Beristirahat 

Anda tidak dianjurkan untuk berolahraga berat setiap hari. Saat berlatih, Anda bisa mengombinasikan olahraga ringan dan berat dalam waktu seminggu. 

Misalnya, jika hari ini berolahraga berat, Anda bisa melakukan olahraga ringan di hari berikutnya untuk mengurangi rasa nyeri. Kemudian, istirahatlah di hari ketiga untuk memulihkan energi tubuh. 

3. Gunakan Kompres Hangat 

Bila dalam kurun waktu 48 jam otot masih terasa nyeri, gunakan kompres hangat. Mengompres dengan air hangat dapat memicu aliran darah dan mengurangi ketegangan otot sehingga rasa nyeri bisa mereda. 

Saat mengompres, gunakan handuk hangat dan letakkan di bagian tubuh yang nyeri. Hindari kontak terlalu lama dengan kompres yang masih panas guna mencegah terjadinya luka bakar.

3 dari 4 halaman

Cara Efektif Meredakan Nyeri Otot Setelah Olahraga

4. Pijat 

Setelah olahraga, cobalah untuk memijat ringan bagian tubuh yang terasa nyeri. Memijat dapat memperlancar peredaran darah dan meningkatkan pergerakkan sendi tubuh. Saat dipijat, suasana hati Anda juga bisa meningkat.

Namun, tidak sembarang pijat dapat dilakukan untuk meredakan nyeri. Pilih teknik pijat yang memberikan tekanan ringan seperti swedish massage. 

Anda juga dianjurkan menjalani akupunktur dengan terapis ahli untuk menangani nyeri otot di bagian tertentu.

5. Minum Obat Antiperadangan

Nyeri otot setelah berolahraga dapat diredakan dengan mengonsumsi obat antinyeri yang dijual di apotek. Anda bisa mengosumsi obat antinyeri, seperti paracetamol, ibuprofen, dan aspirin. 

Sebelum mengonsumsi, pastikan dulu Anda tidak memiliki alergi atau kontraindikasi terhadap ketiga obat antinyeri tersebut. 

4 dari 4 halaman

Cara Efektif Meredakan Nyeri Otot Setelah Olahraga

6. Melakukan Peregangan  

Banyak orang yang sering melupakan sesi pemanasan dan pendinginan saat berolahraga. Padahal, pemanasan dan pendinginan adalah latihan peregangan yang dapat meredakan nyeri hingga spasme (kontraksi) otot.

Mulai sekarang, jangan lupa untuk melakukan peregangan sebelum dan juga setelah berolahraga. 

7. Konsumsi Makanan Berprotein

Anda bisa mengonsumsi makanan mengandung protein sebagai cara mengatasi nyeri otot setelah olahraga. 

Pilihlah daging yang memiliki sedikit kandungan lemak, susu, serta kacang-kacangan. Sebab, makanan tersebut mengandung protein yang membantu memulihkan otot setelah mengalami robekan mikro saat berolahraga.

Usahakan untuk mengonsumsi makanan berprotein ke dalam asupan nutrisi sehari-hari. 

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 20/2/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer