Sukses


Jenis-Jenis Olahraga yang Bisa Membakar Banyak Kalori

Bola.com, Jakarta - Kalori adalah satuan energi. Dalam nutrisi, kalori mengacu pada energi yang diperoleh seseorang dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, kalori adalah ukuran panas untuk menunjukkan nilai energi potensial yang ada di dalam makanan.

Kalori juga menjadi sumber energi yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Meski, kelebihan kalori bukanlah hal yang bagus.

Kalori yang berlebih dalam tubuh dapat meningkatkan risiko obesitas dan penyakit lain, seperti hipertensi dan stroke. Itulah mengapa, penting untuk menjaga kadar kalori dalam tubuh.

Adapun cara yang sering dilakukan untuk membakar kalori adalah dengan berolahraga. Ada beragam jenis olahraga yang bisa membakar banyak kalori.

Berapa banyak kalori yang dibakar tergantung pada beberapa faktor, antara lain durasi latihan, kecepatan, intensitas, berat badan, dan tinggi badan.

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis olahraga yang membakar banyak kalori, seperti dilansir dari Klikdokter, Rabu (22/12/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Joging atau Lari

Joging atau lari merupakan olahraga yang paling mudah dilakukan dan tidak membutuhkan banyak biaya. Di zaman sekarang, lari dan joging bisa dilakukan di mana saja, seperti di sekitar perumahan, lokasi car free day (CFD), hingga di tempat pusat kebugaran.

Meski begitu, olahraga ini mampu membakar banyak kalori karena menggunakan banyak otot untuk bergerak. Apalagi jika dikombinasikan dengan turunan, tanjakan, dan interval dengan sprint (berganti kecepatan tinggi dan rendah secara interval).

Melakukan joging selama 1 jam diketahui dapat membakar 477 kalori.

3 dari 6 halaman

Berenang

Seperti halnya joging dan lari, berenang juga menggunakan hampir semua otot besar pada tubuh untuk bergerak, tergantung gaya berenang yang diterapkan.

Ketika Anda berada di dalam air, tidak terasa jika berkeringat dan ada tenaga tambahan yang dilakukan untuk melawan tekanan air terhadap gerakan tubuh sehingga kalori yang terbakar makin banyak.

Berenang selama satu jam mampu membakar 546 kalori. Namun, jumlah kalori yang terbakar sangat bergantung dengan jenis gaya renang yang dilakukan. Renang gaya kupu-kupu dan gaya dada termasuk gaya renang yang paling menghabiskan kalori.

4 dari 6 halaman

Bersepeda

Bersepeda merupakan satu di antara olahraga yang menyenangkan karena bisa berjalan jauh dengan hanya mengayuh sepeda. Olahraga ini juga mampu membakar banyak kalori dan tidak mudah lelah. Bersepeda selama satu jam dapat membakar 508 kalori.

Saat mengayuh sepeda pasti menggunakan hampir semua kelompok otot utama pada tubuh. Dengan bersepeda, pernapasan dan otot-otot tubuh Anda akan terlatih.

Bersepeda juga dapat dikombinasikan dengan tanjakan, turunan, dan mengganti gigi pada jenis sepeda gunung agar memberi tahanan lebih untuk otot kaki.

5 dari 6 halaman

Lompat Tali

Lompat tali juga merupakan satu di antara jenis olahraga yang murah dan mudah dilakukan. Untuk melakukan olahraga ini hanya bermodal tali dan dapat dilakukan di mana saja.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan olahraga lompat tali selama 10 menit sama dengan 30 menit olahraga joging. Ada pula studi yang menyatakan bahwa kalori yang dibakar lewat skipping selama 10 menit setara dengan kalori yang dibakar saat berlari 1,6 km dalam waktu delapan menit.

Selain melatih otot kaki dan tangan, lompat tali juga melatih koordinasi dan gerakan tubuh Anda. Lompatan-lompatan kecil yang dilakukan berulang kali dilakukan dapat membakar banyak kalori sehingga dapat menjadi pilihan Anda untuk mendapatkan berat badan ideal.

6 dari 6 halaman

Panjat Tebing

Bagi Anda yang menyukai olahraga menantang di luar ruangan untuk membakar kalori, bisa mencoba panjat tebing. Tak perlu jauh-jauh ke pegunungan bertebing, Anda bisa menggunakan fasilitas panjat tebing di pusat olahraga.

Jumlah kalori yang terbakar oleh panjat tebing tergantung pada intensitas, kecepatan, dan kesulitan pendakian. Rata-rata orang yang melakukan panjat tebing dapat membakar 400 kalori dalam 30 menit.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 19/5/2019)

Video Populer

Foto Populer